bisnis pet shop

Bisnis pet shop adalah salah satu peluang menjanjikan di masa kini. Bahkan semenjak pandemi, makin banyak orang yang menemukan teman dengan memelihara binatang. Mulai dari mamalia berbulu seperti anjing dan kucing, ikan hias, hingga reptil pun mulai dilirik. 

Kalau sudah begitu, tentu barang-barang kebutuhannya pun ikut diborong para pecinta binatang. Pakan, mainan, kandang, hingga obat untuk treatment penyakit ikut dicari. Di sinilah letak peluang Sedulur untuk membangun bisnis yang menguntungkan. Mau tahu caranya? Simak panduan berikut, yuk!

BACA JUGA: Peluang Usaha Barang Bekas, Ini Tipsnya untuk Pemula

1. Keuntungan bisnis pet shop 

bisnis pet shop
Pexels

Peluang bisnis pet shop cukup menjanjikan di masa kini karena makin banyak pecinta binatang yang bermunculan. Mereka biasanya akan melakukan banyak hal untuk sang peliharaan tercinta, termasuk memberikan fasilitas hingga nutrisi terbaik. Maka dari itu, peluang penjual kebutuhan hewan peliharaan meraup keuntungan makin besar lewat kecenderungan tersebut.

-->

Selain itu, Sedulur pun menjadi lebih bisa mengatur waktu dan ritme kerja sendiri dibandingkan bekerja sebagai pegawai. Namun, setiap pekerjaan punya keuntungan dan tantangannya sendiri. Tidak melulu menjadi pengusaha akan selalu aman dan nyaman.

2. Tentukan spesialisasinya terlebih dahulu

bisnis pet shop
Pexels

Kebanyakan pet shop memiliki spesialisasi khusus. Misalnya, toko untuk anabul tentu akan terpisah dengan toko yang menyediakan kebutuhan ikan hias. Begitu pula toko untuk reptil akan terpisah dengan jenis mamalia berbulu dan ikan hias.

Bahkan, beberapa bisa saja hanya menjual ikan hias air laut serta kebutuhannya, namun tidak menjual ikan hias air tawar. Ada toko yang khusus menyediakan kebutuhan kucing, tetapi tidak menjual keperluan anjing. Singkatnya, lebih baik Sedulur memulai menjual kebutuhan jenis hewan yang spesifik terlebih dahulu. Kecuali, Sedulur akan membangun pet shop besar dengan konsep retail.

3. Mencari supplier barang yang dibutuhkan pelanggan 

bisnis pet shop
Pexels

Tentunya saat akan memulai, silakan cari supplier yang terpercaya. Beberapa bahkan tidak rugi mengimpor barang dari luar negeri yang susah dicari di sini. Ini akan menambah nilai plus untuk pet shop milik Sedulur. Kemampuan mengkurasi produk dan mencari supplier yang tepat adalah seni dan tantangan tersendiri dalam berbisnis. Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku untuk bisnis pet shop, melainkan semua jenis bisnis. 

BACA JUGA: 6 Aneka Minuman Segar untuk Usaha Kekinian ala Cafe

4. Bekali diri dengan pengetahuan lebih 

Pexels

Sebagai distributor produk pet shop, Sedulur wajib membekali diri dengan pengetahuan lebih tentang binatang peliharaan. Jangan jadi penjual yang bahkan tidak mengerti fungsi dan peran produk yang ditawarkan. Biasanya, pemilik usaha ini juga memiliki hewan peliharaan sendiri dan belajar dari pengalamannya. Jadi, saat ada pelanggan atau pet owner pemula yang hendak berkonsultasi, tidak perlu bingung untuk melayaninya. 

Sangat penting menjadi penjual yang tidak hanya pandai menawarkan produk, tetapi juga solusi. Dengan pengetahuan dan minat lebih di bidang bisnis yang ditekuni akan mendorongmu untuk terus berkembang sekaligus melakukan ekspansi ke segala arah. 

5. Modal 

bisnis pet shop
Pexels

Modal bisnis pet shop bisa dibilang lumayan besar. Apalagi jika Sedulur menjual produk-produk impor, maka harga beli barang harus ditambah dengan ongkos kirim dan pajak bea pengiriman. Ini harus dihitung secara benar. Bila ingin memulai kecil-kecilan, Sedulur bisa mencoba mencari supplier dalam negeri sehingga lebih mudah dalam pengurusan ongkos kirim dan lain sebagainya. Namun, pandai-pandailah menghitung untung dan rugi dari pembelian stok produk. Jangan terlalu royal hingga modal membengkak. Pikirkan pula rencana B jika ternyata produk yang kamu jual tidak laku dan rusak.

Bila Sedulur kreatif dan pandai mencari koneksi, bukan tidak mungkin melakukan produksi sendiri. Sudah banyak pet shop lokal yang melakukan hal ini. Tentunya diimbangi dengan jam terbang mereka. Pastikan produk memenuhi standar, apalagi jika terkait dengan pakan dan obat-obatan.

6. Bisnis pet shop franchise

bisnis pet shop
Pexels

Beberapa pebisnis besar juga menawarkan paket usaha pet shop. Ini juga peluang bagus untuk Sedulur. Namun, franchise biasanya membutuhkan modal yang lebih besar untuk membeli lisensi dan lain sebagainya. Badan hukum kedua pihak juga harus jelas agar tidak terjadi sengketa di masa depan. 

Dengan metode waralaba ini, Sedulur biasanya sudah tidak perlu pusing mencari supplier dan membangun branding. Sedulur tinggal mempraktikkan strategi bisnis berikutnya berupa pemasaran serta pelayanan yang baik.

BACA JUGA: Mengenal Bisnis Keagenan, Ini Cara Memulai dan Tipsnya

7. Resiko usaha pet shop

Pexels

Bisnis pet shop pemula bukan perkara mudah. Ada beberapa risiko dan tantangan yang harus dipertimbangkan. Berikut beberapa di antaranya.

  • Persaingan dengan toko yang sudah memiliki nama dan pelanggan setia. Ini tentu tidak mudah, apalagi jika barang Sedulur hampir sama bahkan lebih sedikit variannya. Orang akan cenderung pergi ke toko yang lebih besar dan lengkap. Sebagai solusinya, Sedulur bisa mencari produk-produk yang niche atau jarang ditemui di tempat lain.
  • Dana promosi dan iklan yang terbatas adalah hal yang lumrah ditemui pebisnis pemula. Namun, lakukan budgeting agar kamu tetap bisa tetap memasarkan tokomu ke khalayak luas. Mulai dari yang murah, jangan langsung menggunakan sistem endorsement. Sedulur bisa bangun kepercayaan pelanggan dan reputasi toko dengan mengajak teman-teman terdekat belanja di toko barumu.
  • Modal yang tidak bisa dibilang sedikit, mengingat kebanyakan pet shop menggunakan sistem reselling alias menjual kembali barang yang sudah dibeli dengan keuntungan tertentu. Modal untuk membeli barang secara grosir serta ongkos kirim tentunya tidak sedikit. Bahkan, sebagian mungkin menggunakan opsi hutang untuk membangun bisnis ini.

8. Kesimpulan

bisnis pet shop
Pexels

Berbisnis apa pun alangkah baiknya dimulai dengan minat pribadi di bidang yang ditekuni. Misalnya, bisnis kuliner, akan ideal bila dilakoni oleh orang yang memiliki minat lebih dengan dunia kuliner. Ini akan membuatnya terus tertantang untuk mengembangkan bisnis. Sama dengan pet shop, makin sesuai apabila dilakukan oleh pecinta binatang yang paham betul kebutuhan hewan peliharaan.

Bagaimana, Sedulur? Masih tertarik membuka bisnis pet shop? Lakukan dengan pertimbangan yang matang sebelum mencobanya, ya. Jangan lupa selalu membeli produk berkualitas agar bisnismu makin terpercaya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.