10 contoh usaha mikro

Tahukah Sedulur, jika usaha mikro mempunyai potensi yang sangat besar di Indonesia. Buktinya saja, kita bisa dengan mudah menemukan usaha mikro di sekitar. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai 10 contoh usaha mikro menguntungkan yang menarik untuk dicoba.

Seperti yang telah diketahui, kesuksesan seseorang dalam karier bisa datang dari mana saja. Tidak hanya menjadi bekerja di kantor, ada banyak orang yang sukses mendirikan usaha sendiri, walaupun usaha tersebut masih tergolong sebagai usaha mikro.

Kendati demikian, penghasilan yang didapatkan dari bisnis yang mereka bangun sangat lumayan. Bahkan tidak sedikit yang mengandalkan usaha mikro tersebut sebagai sumber penghasilan utama. Nah, bagi yang tertarik untuk mencobanya, berikut ini ada 10 contoh usaha mikro menguntungkan yang perlu untuk diketahui.

BACA JUGA: 1000 Inspirasi Nama Angkringan Unik dan Menarik Pelanggan!

1. Usaha Laundry

Unsplash/Planet Care

Contoh usaha mikro yang pertama adalah usaha laundry kiloan. Pada umumnya, orang yang sibuk dengan pekerjaan atau pendidikan dan tidak punya waktu untuk mencuci akan mencari jasa laundry. Terlebih lagi di kawasan perkotaan, laundry sangat dicari oleh banyak orang.

Dengan modal sekitar 10 hingga 20 jutaan, Sedulur sudah bisa memulai usaha mikro ini. Untuk bisa mendapat omset yang besar, pilihlah lokasi yang strategis seperti kawasan perkantoran dan kampus.

2. Usaha Catering Rumahan

Bisa dibilang jika bisnis kuliner menjadi contoh usaha mikro yang tidak pernah mati. Ya, makanan menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Jadi, manfaatkan peluang bisnis ini untuk memulai usaha katering dari sekarang, apalagi jika Sedulur memiliki keahlian dalam memasak.

Dalam hal ini, Sedulur bisa menawarkan catering harian atau untuk acara-acara khusus. Menu yang disediakan pun juga bisa beragam, sesuai dengan permintaan dari para konsumen. Dengan begitu, maka keuntungan yang didapatkan bisa ditentukan sendiri.

3. Usaha Toko Kelontong

Toko kelontong menjadi salah satu dari 10 contoh usaha mikro menguntungkan yang bisa dilakukan di rumah. Sedulur bisa menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Ya, walaupun kini minimarket semakin menjamur, namun tetap banyak orang lebih memilih untuk berbelanja di toko kelontong.

Nah, agar bisa bersaing dengan banyaknya minimarket, Sedulur dapat memberikan harga yang sedikit lebih murah. Tidak usah khawatir, semakin banyak barang yang laku, tentu untungnya juga makin banyak.

4. Usaha Kerajinan Souvenir

Contoh usaha mikro lain yang bisa Sedulur jadikan sebagai inspirasi adalah usaha kerajinan souvenir. Perkiraan modal awal yang dibutuhkan untuk membuat usaha ini sekitar 1 hingga 5 jutaan rupiah, dengan catatan usaha dijalankan di rumah sendiri.

Untuk menarik minat pembeli, buatlah inovasi pada produk souvenir yang nantinya akan dijual. Pastikan bahwa kerajinan tangan tersebut benar-benar unik dan beda dari produk yang biasa ditemukan di pasar.

5. Usaha Sayuran Organik

Untuk saat ini, sayuran organik telah menjadi komoditas unik yang cukup mudah ditemukan. Dengan konsep yang unik dan packing yang menarik, dijamin bisnis ini akan berjalan dengan sukses. Terlebih jika Sedulur membangun usaha tersebut di area perkotaan, yang mana sayur organik sulit untuk dijumpai.

Sedulur hanya perlu menyiapkan modal awal antara 5 sampai 10 juta rupiah untuk bisa mengembangkan bisnis yang satu, termasuk dengan biaya untuk tempat penyimpanan.

BACA JUGA: 8 Ide Bisnis Baju Modal 1 Juta untuk Pemula, Intip Rahasianya!

6. Usaha Warmindo

Unsplash/Mae Mu

Warung makan Indomie (Warmindo) adalah warung makan khusus yang biasa menjual bermacam olahan mie instan. Namun tidak jarang juga Warmindo yang menyediakan makanan-makanan lain seperti sayur matang, lauk-pauk, hingga aneka minuman.

Peluang bisnis dari Warmindo ditaksir mampu mencapai 10 juta rupiah per bulannya, lho. Apalagi jika warung makan ini didirikan di dekat perkantoran, kampus, atau kos-kosan.

7. Usaha Tour & Travel

Jika Sedulur tinggal di daerah pariwisata, maka bisnis tour and travel menjadi usaha mikro yang sangat potensial. Sedulur bisa menawarkan paket wisata dengan fasilitas tambahan yang akan memudahkan para wisatawan saat berlibur.

Tidak hanya itu saja, Sedulur juga bisa menyediakan layanan akomodasi, seperti guest house, villa, maupun cottage. Bahkan jika dirasa memungkinkan, usaha tour & travel ini juga bisa dibarengi pula dengan bisnis oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

8. Usaha Jajanan Rumahan

Memulai usaha jajanan rumahan mungkin menjadi langkah paling mudah untuk mendapatkan penghasilan. Sedulur bisa menjual berbagai macam makanan dan juga minuman. Seperti yang kita tahu, jajanan rumahan sangat disukai oleh masyarakat.

Bahkan tidak sedikit orang yang mengkonsumsinya setiap hari sebelum memulai beraktivitas. Dengan begitu, maka hal ini menjadi peluang yang besar untuk mengembangkan bisnis tersebut.

9. Usaha Peternakan

Dapat dikatakan jika usaha mikro yang satu ini mempunyai peluang cukup besar. Sebab, banyak orang menyukai makanan hewani, seperti ayam dan bebek. Tak perlu khawatir dengan modal yang harus disiapkan, karena usaha ini hanya membutuhkan dana sekitar 3 sampai 5 juta saja.

Sedulur bisa memulainya dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di rumah. Dengan menggunakan metode pemasaran yang tepat, dijamin usaha mikro ini akan cepat berkembang ke skala yang lebih besar.

10. Usaha Kue Kering

Sedulur memiliki hobi membuat kue kering? Jika iya, maka dapat mengubah hobi tersebut menjadi ide usaha mikro yang mendatangkan banyak uang. Ya, banyak orang yang suka dengan kue kering karena bisa dijadikan sebagai camilan kapan saja.

Bukan hanya itu, Sedulur juga bisa menjual kue kering dalam paket yang biasa dapat dijual di hari-hari penting. Misalnya saja seperti Lebaran, Valentine, Natal, Imlek, dan lain sebagainya.

11. Usaha Pakaian Thrift

bisnis baju modal 1 juta
Unsplash/Becca Mchaffie

Selain 10 contoh usaha mikro menguntungkan yang ada di atas, masih ada bisnis yang menarik untuk dicoba. Untuk saat ini, pakaian thrift menjadi salah satu usaha mikro yang banyak digeluti terutama oleh anak-anak muda. Pasalnya, banyak anak muda yang lebih memilih pakaian brand bekas dengan harga yang terjangkau.

Bagi yang paham akan brand fashion, tentu saja dapat memanfaatkan peluang yang ada. Sedulur bisa menjual berbagai pakaian brand bekas seperti jaket, kaos, celana, atau bahkan sepatu.

Nah, itu tadi 10 contoh usaha mikro menguntungkan menarik untuk Sedulur coba. Kira-kira mana yang menarik minat Sedulur untuk mencobanya? Ya, usaha mikro memang bisa dimulai dengan modal yang terbilang kecil atau terbatas.

Namun dengan ketekunan, dedikasi, inovasi, dan juga pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan, dijamin usaha mikro tersebut akan tumbuh seiring dengan berjalannya waktu.