bisnis jajanan anak sekolah dasar

Dengan harga yang murah dan juga praktis, membuat jajanan sekolah sering dijadikan sebagai camilan favorit bagi banyak orang. Itulah kenapa bisnis jajanan anak sekolah dasar merupakan salah satu ide bisnis rumahan dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Dengan modal dan tenaga yang tidak terlalu banyak, Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang tidak main-main. Terlebih lagi dengan cara menitipkannya di kantin-kantin sekolah dasar, tentu saja peluang mendapat keuntungan akan jauh lebih besar.

Nah, pastinya Sedulur ingin tahu apa saja jajanan anak sekolah yang praktis dan juga murah, bukan? Langsung saja, berikut ini ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang bisa dicoba!

BACA JUGA: Pasti Laku! 20+ Ide Bisnis Jajanan Kering yang Menguntungkan

1. Pisang cokelat

resep banana milk crispy
Unsplash/Eiliv Aceron

Bisnis jajanan anak sekolah dasar yang pertama, yakni pisang cokelat. Pisang cokelat sendiri merupakan camilan yang umumnya disukai oleh anak-anak. Kelezatan pisang yang dicelup dalam cokelat memberikan kombinasi rasa yang menarik bagi banyak orang, terutama anak-anak sekolah dasar.

Pisang cokelat juga sering dianggap sebagai pilihan camilan yang lebih sehat dibandingkan dengan beberapa jenis camilan lainnya. Pisang mengandung nutrisi seperti potassium, serat, dan vitamin, sehingga dapat memberikan nilai gizi sambil memberikan rasa yang lezat.

2. Cilok

Cilok alias aci dicolok merupakan camilan yang populer di kalangan anak-anak dan remaja. Rasanya yang kenyal dan bisa disajikan dengan berbagai saus membuatnya sesuai dengan selera mereka. Cilok biasanya memiliki harga yang terjangkau.

Dengan begitu, maka jajanan ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan murah dan lezat bagi siswa sekolah. Selain itu, cilok juga memiliki bahan baku yang relatif murah dan dapat dijual dengan harga yang menguntungkan, memberikan potensi keuntungan yang besar.

3. Tahu krispi

Ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang berikutnya adalah tahu krispi. Tahu krispi sendiri merupakan salah satu jenis camilan yang ringan serta mudah untuk dibuat. Banyak yang menyukai makanan ringan satu ini, terutama anak-anak dan remaja.

Tahu krispi umumnya dijual dengan harga yang cukup terjangkau, membuatnya cocok sebagai camilan murah dan lezat bagi siswa sekolah. Jika tidak ingin jajanan yang dijual terasa monoton, Sedulur bisa menambahkan menu lain seperti tempe krispi misalnya.

4. Kue cubit

Kue cubit merupakan camilan yang banyak disukai oleh anak-anak. Rasa manis dan bentuknya yang unik dapat menarik minat siswa sekolah. Kue cubit ini dapat dihadirkan dalam berbagai variasi rasa yang menarik.

Hal ini memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan produk dengan selera dari para pelanggan. Tidak hanya itu, kue cubit juga sering dijadikan sebagai alternatif camilan yang lezat, berbeda dari camilan-camilan lain yang tersedia di sekolah.

5. Sosis bakar

Sosis bakar merupakan makanan yang disukai oleh berbagai kalangan, terutama anak-anak dan remaja di sekolah. Rasanya yang gurih dan dapat dihadirkan dengan berbagai macam jenis saus, tentu saja sangat menarik minat siswa.

Selain itu, sosis bakar juga bisa dihadirkan dengan berbagai variasi rasa dan topping. Jadi tidak heran jika sosis bakar dianggap sebagai makanan yang mengenyangkan, dan cocok sebagai opsi makanan ringan yang bisa dijadikan alternatif untuk mengisi perut selama di sekolah.

6. Makaroni

Udalado.idn

Sebagian anak-anak sekolah pasti sudah tahu dan suka dengan jajanan berupa makaroni. Makaroni jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang unik dan nikmat, menjadi jajanan kering yang sangat nikmat. Alhasil banyak orang yang menyukai makanan ini untuk dijadikan cemilan. Jadi tidak heran jika cemilan cocok untuk bisnis cemilan kering rumahan.

Menariknya lagi, banyak dari mereka yang menganggap jika makaroni juga bisa dicampur dengan telur dan menjadi cemilan yang mengenyangkan. Jadi, memang sangat cocok sebagai pilihan untuk sarapan maupun camilan di tengah hari.

Salah satu makaroni yang bisa Sedulur coba adalah Udalado. Memiliki tekstur yang renyah, makaroni dari Udalado juga punya rasa pedas khas Nusantara yang begitu nikmat. Apabila Sedulur tertarik untuk kulakan Udalado maka bisa langsung belanja di SuperApp atau simak informasi lengkap lainnya di Instagram SuperApp.

7. Telur gulung

Bisnis jajanan anak sekolah dengan modal sedikit dan pembuatan yang mudah sangat mudah adalah telur gulung. Kendati demikian, telur sendiri merupakan sumber protein yang baik, dan telur gulung dapat menjadi cara yang lezat untuk mengonsumsi protein tersebut.

Hal ini tentunya akan terasa menarik bagi siswa yang memperhatikan pola makan sehat. Ya, telur gulung memang menjadi hidangan yang ringan dan praktis, mudah dimakan di sekolah tanpa perlu memerlukan peralatan khusus atau menyediakan banyak waktu untuk membuatnya.

8. Martabak mini

Berbeda dari martabak pada umumnya, martabak mini adalah varian martabak dengan porsi dan ukuran yang lebih kecil. Dengan ukurannya yang kecil, tentu saja harga jualnya juga lebih terjangkau. Jadi jajanan ini akan sangat cocok dijual di sekolah-sekolah, terutama sekolah dasar.

Selain itu, martabak mini dapat dihadirkan dalam berbagai variasi rasa dan topping. Tentu saja ini akan memberikan para pelanggan pilihan yang lebih banyak sesuai dengan keinginan mereka. Hanya saja, dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam proses pembuatannya.

9. Es krim mini

Tidak ada kata anak-anak tidak suka es krim. Es krim menjadi salah satu camilan yang populer di kalangan anak-anak. Apalagi dengan ukuran mini, tentu saja membuatnya sangat cocok dihidangkan untuk anak-anak sekolah dasar.

Es krim mini bisa dihadirkan dalam berbagai pilihan rasa yang disukai anak-anak, seperti cokelat, vanila, stoberi, atau rasa buah-buahan lainnya. Selain itu, es krim mini memiliki porsi yang sesuai dengan selera anak-anak, sehingga menghindari pemborosan atau kelebihan porsi.

10. Jus buah segar

Jus buah segar merupakan pilihan minuman yang sehat dan menyegarkan, kaya akan nutrisi dari buah-buahan. Warna-warni jus buah dan rasa segarnya dapat menarik minat anak-anak di sekolah. Banyak dari mereka yang akan tertarik dengan tampilan yang cantik dari jus buah segar.

Tidak hanya memiliki tampilan yang menarik di mata anak-anak, jus buah segar juga bisa menjadi sumber vitamin dan mineral alami dari buah-buahan. Dengan begitu, jajanan ini juga akan turut mendukung kesehatan anak-anak.

 BACA JUGA: Cilok Crispy, Jajanan Enak Favorit Anak-anak untuk Ide Jualan

11. Sandwich mini

bisnis jajanan anak sekolah dasar
Pexels/Alex Green

Sandwich mini menjadi salah satu opsi makanan ringan yang cocok untuk dikonsumsi antara jam pelajaran. Sandwich yang berukuran mini ini, dapat dihadirkan dengan berbagai varian isian yang disukai anak-anak, seperti halnya keju, ham, selai kacang, atau telur.

Selain itu, sandwich mini juga terbilang praktis dan mudah dimakan, sangat ideal untuk lingkungan sekolah. Anak-anak tidak perlu menggunakan berbagai macam peralatan makan untuk bisa menyantap sandwich berukuran mini ini.

12. Bakso tusuk

Bakso tusuk merupakan jenis camilan yang disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak pada saat di sekolah. Bahan baku untuk membuat bakso tusuk sendiri relatif murah dan juga mudah didapatkan di pasar atau toko terdekat.

Nantinya Sedulur bisa menjualnya dengan harga yang menguntungkan, sehingga memberikan potensi keuntungan yang banyak. Terlebih makanan ini juga bersifat hangat, sehingga disukai terutama jika dijual pada musim atau cuaca yang lebih dingin.

13. Aneka buah potong

Aneka buah potong adalah camilan yang sehat dan kaya akan nutrisi, mendukung pola makan sehat di kalangan siswa. Seperti yang telah diketahui, buah-buahan adalah sumber vitamin dan serat yang sangat baik.

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin, pastinya turut mendukung kesehatan dan pertumbuhan para siswa. Nah, aneka buah potong ini bisa dihadirkan dalam berbagai pilihan buah dan rasa, memberikan variasi untuk siswa yang ingin membeli.

14. Roti bakar dengan selai

Bisnis jajanan anak sekolah yang berikutnya adalah roti bakar dengan selai. Roti bakar selai ini menjadi salah satu makanan ringan semi berat yang disukai banyak orang. Roti bakar sendiri dapat dihadirkan dalam berbagai varian rasa dan selai yang disukai anak-anak.

Sedulur bisa menyediakan beberapa opsi rasa selai seperti selai kacang, selai stroberi, atau selai cokelat. Selain itu, ukuran roti bakar yang sesuai membuatnya mudah dimakan tanpa memerlukan banyak waktu maupun peralatan tambahan untuk menyantapnya.

15. Roll cake mini

Roll cake mini memiliki ukuran yang cocok untuk dijadikan sebagai camilan ringan. Jadi memang cocok untuk dikonsumsi antara jam pelajaran atau sebagai camilan di saat jam istirahat. Roll cake mini juga bisa dihadirkan dalam berbagai varian rasa yang disukai oleh anak.

Misalnya saja seperti seperti cokelat, stroberi, vanilla, atau rasa buah-buahan lainnya. Tidak hanya itu, estetika dalam bentuk roll cake mini yang menarik dengan lapisan dan hiasan, tentu saja dapat menarik minat anak-anak di sekolah.

16. Bola-bola sosis

bisnis jajanan anak sekolah dasar
Pexels/Pixabay

Jika masih belum menemukan ide bisnis jajanan sekolah dasar yang tepat, mungkin Sedulur bisa mencoba makanan yang satu ini. Ya, bola-bola sosis bisa dihidangkan dengan cara yang kreatif, seperti dalam tusukan sate atau dengan berbagai saus, menambah daya tarik visual dan rasa.

Bola-bola sosis memiliki bahan baku yang relatif murah. Selain itu, saat ini ada banyak toko yang telah menjualnya. Nantinya bola-bola sosis bisa dijual dengan harga yang menguntungkan, sehingga menghadirkan potensi keuntungan yang lumayan.

17. Muffin mini

Muffin mini bisa Sedulur hadirkan dalam berbagai varian rasa yang biasanya disukai oleh anak kecil, seperti cokelat, stroberi, blueberry, atau varian rasa lainnya. Muffin mini juga sering menjadi pilihan makanan ringan yang tidak terlalu berat, namun tetap memuaskan keinginan untuk camilan.

Muffin mini yang dihias dengan topping atau glazur yang menarik, pastinya akan menarik minat siswa dan memberikan daya tarik secara visual.

18. Kentang goreng spiral

Kentang goreng merupakan camilan yang umumnya disukai oleh banyak orang, terlebih bentuk spiral akan memberikan sentuhan inovatif pada camilan ini. Kentang goreng spiral memang berbentuk unik dan menarik, sehingga dapat menarik perhatian siswa di sekolah.

Jajanan sekolah yang satu ini, bisa dihadirkan bersama berbagai varian bumbu dan juga topping, sehingga memberikan variasi pilihan untuk siswa.

19. Nugget ayam

Nugget ayam adalah memang tidak hanya dijadikan sebagai lauk, namun juga camilan. Tentu saja anak-anak sangat menyukai makanan yang satu ini. Hal itu membuat nugget ayam menjadi salah satu ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang menarik untuk dicoba.

Camilan yang umumnya disukai oleh anak-anak dan juga remaja ini, mempunyai potensi pasar yang besar di kalangan siswa.

20. Waffle mini

Rekomendasi ide bisnis jajanan anak sekolah yang terakhir adalah waffle mini. Waffle mini memang sering dianggap sebagai pilihan makanan yang unik dan berbeda, menambah variasi dalam pilihan camilan di sekolah.

Selain rasa, waffle mini juga dapat dihidangkan dengan berbagai topping, seperti es krim, buah segar, sirup, atau cokelat, menambah daya tarik visual dan rasa.

Nah, itu dia kira-kira beberapa ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Walaupun modal yang harus dikeluarkan tidak terlalu banyak dengan cara pembuatan yang cukup mudah, dijamin Sedulur bisa mendapat keuntungan yang melimpah.