Belajar dropshiper untuk pemula

Di era digital saat ini, ada banyak bisnis yang bisa dijalankan. Salah satu yang menarik dan terbukti menghasilkan banyak keuntungan adalah dropshiper. Pekerjaan ini cukup menarik karena mudah dilakukan oleh siapapun. Namun, meski mudah untuk memulai, untuk bisa sukses dalam bisnis ini Sedulur harus tau trik dan tipsnya. Kamu juga perlu belajar dropshiper untuk pemula jika baru pertama kali mencoba.

Materi belajar dropship untuk pemula sangat penting untuk dipelajari, terutama bagi Sedulur yang benar-benar asing dengan bisnis digital satu ini. Sedulur bisa mengetahui cara memulai bisnis ini dengan modal yang tepat dan bagaimana mencari rekanan untuk melakukan dropshiper. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak apa saja tips dan langkahnya di bawah ini! 

BACA JUGA: 8 Ide Bisnis Dropship Menguntungkan Buat Pemula

1. Pilih produk yang tepat

belajar dropship untuk pemula
iStock

Tips dan cara belajar dropship ntuk pemula yang pertama yaitu dengan memilih produk yang tepat. Karena menjadi dropshipper mengharuskan Sedulur untuk menjual barang, tidak memproduksi barang. Sedulur harus benar-benar memilih produk atau barang yang tepat.

-->

Jika Sedulur telah memiliki pasar yang tepat, Sedulur bisa fokus terhadap produk yang Sedulur jual. Misalkan, Sedulur bisa menjual produk-produk sembako. Hal ini dikarenakan Sedulur tinggal di sekitar pemukiman warga, dan sembako adalah kebutuhan utama yang dibutuhkan masyarakat.

Maka, produk yang tepat Sedulur jual adalah sembako. Memilih dan membaca produk yang tepat merupakan cara menjadi dropshipper yang harus pertama Sedulur pikirkan.

2. Analisis kompetitor

belajar dropship untuk pemula
iStock

Sebelum menjalankan bisnis lebih jauh, Sedulur juga wajib untuk menganalisis kompetitor. Karena mungkin sudah banyak yang menjalankan bisnis dropship dan memulainya lebih dulu. Sedulur bisa menggunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) saat menganalisis kompetitor.

Amati bagaimana kompetitor memasarkan produk mereka, konten apa saja yang mereka gunakan, bagaimana cara mereka menjangkau target pasar, seperti apa website jualan mereka, dan hal lainnya. Setelah itu, tiru hal-hal baik yang bisa Sedulur ikuti.

Tapi perlu Sedulur ingat, jangan ditiru secara keseluruhan. Sedulur bisa menambahkan sedikit atau banyak modifikasi dari hasil pengamatan Sedulur tersebut. Terapkan dan hal tersebut akan menjadi identitas Sedulur dalam menjalankan bisnis itu sendiri.

3. Tambahkan nilai jual yang unik

belajar dropship untuk pemula
iStock

Unique selling point atau nilai jual yang unik merupakan point penting yang harus dipikirkan oleh para pelaku bisnis online. Termasuk, cara menjadi dropshipper adalah memikirkan nilai jual yang unik. Sedulur bisa menjual produk dengan harga murah namun kualitas yang tinggi.

Hal tersebut merupakan salah satu nilai jual yang unik. Masyarakat akan berpikir bahwa produk yang Sedulur merupakan hal yang harus masyarakat pilih untuk dibeli, karena dengan kualitas produk yang baik namun harga murah, adalah nilai jual unik yang akan membuat bisnis dropship Sedulur menjadi laris manis.

4. Pilih supplier yang terpercaya

belajar dropship untuk pemula
iStock

Jangan lupa juga untuk memilih supplier terpercaya. Salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis dropship adalah memilih supplier yang tepat dan terpercaya. Beberapa hal yang bisa Sedulur cek dan cari tahu dari supplier adalah:

  • Sudah berapa supplier tersebut lama beroperasi
  • Harga barang, sistem pembayaran, sistem refund, pengiriman
  • Berapa banyak produk yang berhasil terjual
  • Berapa banyak pengikutnya
  • Perhatikan review konsumen
  • Bandingkan foto produk di toko dengan yang diterima konsumen

Saat ini sudah banyak perusahaan atau bisnis yang menjembatani para dropshipper dan supplier. Jadi di dalam sebuah website, Sedulur bisa mendaftar sebagai Dropshipper dan memilih supplier yang sudah bekerja sama dengan bisnis tersebut. Biasanya mereka juga menyediakan website, aplikasi, atau toko online gratis yang bisa kamu gunakan.

5. Buat toko online sendiri

iStock

Setelah menentukan akan menjual produk apa dan menemukan supplier yang tepat, Sedulur wajib untuk membangun toko online sendiri. Toko ini nantinya akan berisi foto-foto produk yang akan Sedulur jual. Sama seperti toko penjual pada umumnya.

Sedulur bisa membuat website jualan yang mudah dinavigasi oleh konsumen. Jangan lupa untuk menambahkan produk beserta deskripsi lengkapnya seperti ukuran, harga, bahan, warna, dan lainnya. Jika Sedulur tidak bisa membangun website sendiri, Sedulur bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan website yang sesuai kebutuhan jualan dan sebagai toko online yang digunakan.

6. Lakukan branding

iStock

Selanjutnya adalah cara untuk membuat toko online yang Sedulur buat agar dikenal. Cara efektif yaitu dengan melakukan branding. Walaupun Sedulur hanya dropshipper, bukan produsen. Namun, Sedulur tetap perlu melakukan branding bisnis.

Branding bisnis yang dilakukan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan setia dan sekaligus menarik perhatian para pembeli baru. Branding bisnis merupakan salah satu cara menjadi dropshipper yang baik.

Hampir setiap pelaku bisnis saat ini, melakukan branding bisnis yang tepat. Hal tersebut dikarenakan branding merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis, ibarat tubuh, branding adalah wajah. Branding yang baik, mempengaruhi wajah bisnis yang baik untuk Sedulur Super.

7. Buat website

iStock

Salah satu cara branding yang efektif, bisa Sedulur lakukan dengan membuat website sendiri. Website dapat pula dijadikan sebagai faktor konsumen untuk mempercayai bahwa toko online yang dibangun oleh dropshiper berkualitas serta bukanlah toko tipuan.

Agar menampilkan bahwa toko dropshiper merupakan toko yang berkualitas, maka pastikanlah untuk membuat website yang berkualitas dan terlihat professional. Pastikan sistem pada website tersebut mudah untuk diakses melalui ponsel genggam maupun personal computer.

Website di sini bisa dibuat terpisah dan berbeda dengan website toko online. Atau Sedulur juga bisa mengintegrasikan website sekaligus toko online dan segala hal lainnya untuk kebutuhan bisnis.

8. Gunakan foto produk yang menarik

iStock

Karena Sedulur menjual produk dilakukan secara online, sebaiknya Sedulur membuat foto produk dengan semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar menarik para pembeli. Foto produk yang menarik juga bisa menyihir pelanggan untuk membeli produk online shop kita.

Sebelum membuat foto produk, Sedulur dapat mencari contoh foto produk yang menurut Sedulur sesuai untuk menarik pembeli. Tak ada salahnya Sedulur mencontoh konsep foto tersebut, namun jangan lupa juga harus fokus dalam pengambilan foto produk sebagai objek utama.

9. Manfaatkan media sosial

iStock

Foto produk yang menarik merupakan cara tepat belajar dropshiper untuk pemula. Namun, jika sudah memiliki foto produk yang menarik, jika tidak digunakan dan dimanfaatkan dengan tepat. Hal tersebut hanya akan sia-sia belaka.

Memanfaatkan media sosial merupakan cara yang tepat untuk mengoptimalkan foto produk yang menarik, media sosial juga sekaligus sebagai tempat yang tepat untuk melakukan branding. Maka dari itu, sebagai dropshipper Sedulur wajib untuk aktif dalam melakukan pemasaran produk melalui medsos.

Bagaimana cara untuk mengoptimalkan pemasaran di sosial media? Manfaatkanlah seluruh fitur yang disediakan oleh sosial media tersebut. Contohnya seperti Whatsapp. Instagram dan Facebook yang menyediakan fitur stories untuk penggunaannya.

Aktiflah berinteraksi dengan pengikut di sosial melalui fitur stories tersebut, dengan memanfaatkan polling maupun melakukan tanya jawab melalui fitur Question and Answer. Dengan aktif berinteraksi, maka penjual akan mendapatkan informasi mengenai karakteristik konsumen, kritik saran maupun hal-hal penting yang dapat meningkatkan penjualan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Freelance Lewat HP, Pasti Untung Banyak!

10. Lakukan promosi dan beri diskon

iStock

Cara terakhir belajar jadi dropshipper yaitu dengan melakukan promosi dan beri diskon. Promosi dan diskon potongan harga merupakan hal yang disukai oleh konsumen. Promosi akan lebih dapat menarik pembeli, hal ini sangat ampuh karena tidak ada yang tidak menyukai diskon.

Promosi dan diskon juga bisa dilakukan sebagai bagian dari branding produk yang dijalani. Branding merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis. Karena setiap bisnis yang sukses merupakan bisnis yang memiliki branding yang kuat.

Demikian tadi beberapa tips dan cara belajar dropshiper untuk pemula yang bisa kamu lakukan. Sedulur bisa mengikuti beberapa tips di atas agar bisa memulai bisnis digital satu ini dengan lancar. Dijamin keuntungan menjalankan bisnis dropshipper bisa sangat menjanjikan, namun Sedulur harus jeli dan teliti dalam mengembangkannya. Apalagi usaha ini juga cocok jadi pekerjaan sampingan jika Sedulur memiliki pekerjaan tetap lainnya. Jadi selamat mencoba ya!