b2b marketplace

Business to Business atau B2B marketplace adalah tempat dimana pengusaha atau pebisnis bisa saling bertemu dengan pebisnis lain untuk melakukan transaksi jual beli sebuah produk. Dahulu, bisnis ini lebih banyak dilakukan oleh pengusaha dengan modal besar. Namun, dengan seiring berkembangnya zaman, pola B2B mulai bisa dilakukan oleh usaha kecil dan menengah.

Di Indonesia sendiri, model usaha dari B2B mulai banyak dilirik dan berkembang. Hal ini tak lepas dari semakin kuatnya ekonomi masyarakat sehingga bisa mengikuti transformasi arus ekonomi dunia. Jika Sedulur tertarik untuk mengembangkan usaha agar bisa lebih besar, mari simak deretan platform B2B marketplace terbaik berikut ini!

BACA JUGA: 16+ Aplikasi Kasir Gratis Android Terbaik 2023 untuk Bisnismu

Apa itu B2B Marketplace?

Pengertian ekspansi bisnis adalah
Unsplash

Dilansir dari Business News Daily, B2B merupakan proses penjualan yang dilakukan oleh satu bisnis atau perusahaan ke perusahaan lainnya.

Sebagai contoh, terdapat sebuah perusahaan otomotif. Untuk membuat sebuah mobil, perusahaan otomotif ini membutuhkan bahan seperti kaca, aluminium, karet, dan lain-lain. Perusahaan ini akan membeli bahan-bahan tersebut dari perusahaan lain yang menjualnya. 

Contoh lainnya adalah B2B dalam bentuk jasa. Terdapat perusahaan yang menyediakan jasa fotografi dan videografi. Alih-alih menawarkan jasanya langsung ke konsumen, mereka menawarkan jasanya ke perusahaan lain. 

Kerja sama ini juga merupakan salah satu contoh praktik B2B yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Sementara, B2B marketplace merupakan tempat dimana transaksi antara sebuah bisnis dan perusahaan terjadi.

Di Indonesia sendiri, praktik ini sudah semakin lazim dilakukan. Dimana umumnya pihak pertama disebut sebagai seorang distributor sementara pihak pembeli merupakan agen suatu usaha.

Perbedaan B2B dan B2C

Unsplash

Selain B2B, terdapat juga istilah lain yang mungkin lebih populer dan familiar di telinga, yaitu B2C. Istilah ini merujuk pada kata business to customers atau dari sebuah perusahaan kepada masyarakat langsung.

Dari nama yang sudah sangat berbeda, ternyata ada beberapa konsep dan praktik kinerja B2B dan B2C yang tidak sama. Seperti:

  • Sosok konsumen

Bisnis B2B menjual barang atau jasa pada bisnis atau perusahaan lain. Jadi, target konsumen mereka biasanya merupakan pemegang keputusan di suatu perusahaan, seperti manager.

Sementara untuk bisnis B2C, target konsumen mereka adalah para end user, yaitu pengguna yang tahu cara menggunakan suatu produk.

  • Hubungan dengan konsumen

Perbedaan selanjutnya adalah pada hubungan dengan konsumen atau customer relationship. Berhubung konsumen dalam B2B adalah sebuah bisnis atau perusahaan, maka hubungan yang perlu dibangun cenderung bersifat personal.

Pada konsep B2B, pemilik usaha akan fokus memikirkan strategi untuk menarik minat calon pemilik usaha lain agar mau bekerja sama dan berbisnis secara berulang dalam jangka waktu yang panjang.

Di sisi lain, customer relationship pada B2C lebih berfokus pada hubungan yang bersifat transaksional. Tujuan utamamu adalah mendapatkan sebanyak-banyaknya konsumen yang mau membeli produk.

Dua perbedaan di atas menjadi kunci utama yang memisahkan antara jenis usaha B2B dan B2C. Namun, sebuah usaha yang memiliki konsep B2B, juga bisa memiliki kemampuan untuk menerapkan B2C juga dalam gerakan bisnisnya.

BACA JUGA: 15+ Contoh Nota Penjualan untuk Usaha Baru, Lengkap dengan Template

Rekomendasi Platform B2B Marketplace Terbaik

contoh pesan pembuka olshop
Pinterest

Nah, agar Sedulur semakin mendapatkan bayangan dengan konsep B2B marketplace. Ada beberapa platform B2B marketplace yang menarik untuk dicoba. Selain memberikan promo menarik seputar harga, platform-platform ini juga memberikan layanan berbasis digital yang membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan praktis.

1. Alibaba

Alibaba merupakan platform B2B terbesar di dunia dan menjadi yang nomor satu. Untuk menjawab semua kebutuhan bisnis, platform ini membantu menghubungkan pengusaha ekspor dan impor agar lebih mudah. Kini, ada lebih dari 160 juta pengimpor yang terdaftar dan 6 juta pengusaha ekspor yang bergabung untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Ralali

Ralali adalah marketplace B2B yang mengkhususkan diri dalam menyediakan produk industri dan peralatan bisnis. Platform ini menyediakan ribuan produk dari berbagai kategori, seperti peralatan teknik, peralatan safety, elektronik industri, dan lain-lain.

Ralali juga menawarkan fitur yang memudahkan pengguna, seperti sistem pengadaan, pembelian dalam jumlah besar, dan kemampuan untuk membandingkan harga. Dengan fokus pada segmen bisnis dan industri, Ralali menjadi salah satu pilihan utama bagi perusahaan B2B di Indonesia.

3. Aplikasi Super

minyak goreng 1 liter
Aplikasi Super

Platfotm B2B marketplace selanjutnya adalah Aplikasi Super. Ini merupakan paltform B2B yang sangat spesial dan populer di Indonesia. Memiliki basis bisnis menyediakan kebutuhan rumah tangga, bumbu dapur, hingga sembako untuk toko kelontong dan warung.

Aplikasi Super hadir untuk membantu pemilik toko agar lebih mudah kulakan kapan saja, di mana saja, sehingga toko bisa selalu buka dan makin untung! Dengan jangkauan Aplikasi Super yang sudah mencapai mencapai pelosok di lebih dari 40 kota di Jawa Timur dan Makassar, Aplikasi Super jadi pilihan tepat untuk kebutuhan kulakan.

Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang dan mulai bangun toko kelontong, warung, atau usahamu sendiri!

4. Amazon

Amazon menjadi platform B2B marketplace selanjutnya. Situs ini sudah memiliki member sebanyak 1 juta orang dan tiap-tiap member memiliki akses untuk saling melakukan transaksi bisnis dengan harga yang terjangkau. Kelebihan dari Amazon sendiri ada pada penawaran sepuluh prospek gratis bagi semua membernya. Karena telah beroperasi hampir di seluruh dunia, platform ini dapat memberikan harga grosir terendah dengan pengiriman yang super cepat.

5. Dinomarket Business

Dinomarket Business adalah platform marketplace B2B yang menyediakan produk elektronik, peralatan kantor, dan kebutuhan bisnis lainnya. Platform ini menawarkan ribuan produk dari berbagai merek terkenal, sehingga memudahkan pengguna untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

Dinomarket Business juga menyediakan fitur pengadaan, sistem pembayaran yang aman, dan pengiriman yang cepat. Dengan reputasi yang baik dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan, Dinomarket Business menjadi salah satu marketplace B2B yang terpercaya di Indonesia.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang pengertian B2B marketplace hingga contoh platform yang bisa dijumpai di Indonesia. Jika Sedulur seorang pemilik usaha dan ingin mencoba mengembangkan bisnis semakin besar, maka platform di atas bisa menjadi tempat yang tepat.