aplikasi kasir pc

Zaman yang semakin maju, saat ini teknologi juga dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi kasir sebagai point of sale mereka. Keberadaannya dianggap mempermudah pelaku usaha dan program ini menjadi alternatif yang lebih praktis.

Tentunya ada banyak sekali pilihan aplikasi kasir PC yang bisa menjadi pilihan. Tapi sebelum masuk ke sana, ada baiknya kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan aplikasi kasir itu sendiri. Simak di bawah ini.

BACA JUGA: 16+ Aplikasi Kasir Gratis Android Terbaik 2023 untuk Bisnismu

Apa itu Aplikasi Kasir?

Forbes

Aplikasi kasir adalah program atau software berbasis pada database online atau cloud. Fungsi utamanya untuk membantu para pemilik usaha agar bisa melakukan transaksi penjualan dengan lebih praktis dibandingkan mesin kasir konvensional.

Penggunaan program aplikasi kasir memungkinkan kamu untuk memperoleh analisis penjualan secara real time. Bahkan bisa memantau transaksi meski tidak berada di belakang mesin kasir, karena sistem yang telah terhubung dengan back office.

Siapa yang Butuh Aplikasi Kasir?

aplikasi kasir gratis android
VOI

Sistem kasir saat ini semakin berkembang. Ada yang tersedia gratis maupun berbayar. Kebanyakan juga sudah memiliki berbagai fitur unggulan yang memudahkan para penggunanya. Lalu siapa sih yang membutuhkan aplikasi kasir ini?

Pada dasarnya, banyak macam bisnis yang membutukan aplikasi kasir PC. Pasalnya, sistem kasir ini akan membantu memudahkan dalam transaksi penjualan. Namun secara umum, berikut ini beberapa jenis bisnis yang kerap menggunakan aplikasi kasir.

  • Minimarket: Dengan puluhan produk yang dijual, tentu sistem kasir sangat dibutuhkan.
  • Toko kelontong: Meskipun terbilang usaha kecil, tetap saja bisnis ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan banyak penjualan.    
  • Coffee shop: Perkembangan bisnis kopi semakin banyak, peminatnya pun akan selalu ada dan inilah salah satu alasan mereka membutuhkan bantuan sistem kasir
  • Barber shop: Membutuhkan sistem kasir untuk menggunakan fitur program loyalty supaya pelanggan selalu solid.
  • F&B atau restoran: Sistem kasir yang memiliki fitur kecepatan akan sangat dibutuhkan dalam usaha ini.

Manfaat Aplikasi Kasir

aplikasi kasir gratis android
Pixabay

Penggunaan aplikasi kasir masih menjadi andalan untuk mendapat point of sales. Program yang sederhana tentu sangat menguntungkan bagi pemakainya atau pelaku usaha. Untuk itu, berikut ini manfaat baik ketika kamu menggunakan aplikasi kasir.

  • Memberikan informasi laporan penjualan atau transaksi secara otomatis. Jadi, membantu kamu mengecek lebih praktis, cepat, dan akurat.
  • Kamu memiliki waktu lebih efisien, karena tidak perlu lagi melakukan rekap nota rangkap dari seluruh transaksi dalam satu hari.
  • Kamu akan lebih mudah untuk mengendalikan arus kas dengan mengacu pada laporan keuangan yang ada.
  • Berbagai keputusan terkait anggaran serta pengembangan usaha akan lebih mudah dibuat karena didukung data yang akurat.
  • Memantau usaha secara real time, sehingga kebocoran dana akan lebih mudah dicegah. Baik itu akibat kecurangan ataupun keteledoran.
  • Lebih mudah melakukan analisa usaha karena laporan lengkap diberikan secara otomatis dan dijamin akurat.
  • Membantu memantau dan mengendalikan stok produk usaha. Jadi lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cek stok secara manual.
  • Memberi lebih banyak waktu luang karena sistem yang terintegrasi dan berbagai fitur pendukung memudahkan kamu dalam berkerja.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pembukuan Transaksi Terbaik 2023 untuk Usahamu!

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

aplikasi kasir gratis android
Unsplash

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi kasir yang bisa kamu gunakan. Baik yang berbayar maupun gratis juga populer di kalangan pengusaha. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi kasir yang bisa menjadi pilihan. Simak di bawah ini!

1. VendHQ

Pilihan aplikasi kasir gratis PC pertama ada VendHQ. Dengan tampilan UI yang modern dan menarik, membuat penggunanya nyaman saat mengoperasikan. Aplikasi ini sebenarnya menggunakan sistem cloud, akan tetapi kamu bisa mengaksesnya dalam kondisi offline.

Tentu dengan beberapa keterbatasannya, tidak terlalu menjadi hambatan. VendHQ sangat andal terlebih ketika tengah terjadi gangguan jaringan. Fitur yang ditawarkan juga cukup komplit dan beragam. Mulai dari real time reporting, inventory management, CRM, dan masih banyak lagi.

2. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal adalah aplikasi bisnis yang tidak kalah populer. Identik dengan pengelolaan keuangan atau aplikasi akuntansi, Mekari Jurnal bisa diintegrasikan dengan aplikasi kasir lain sesuai yang kamu butuhkan.

Lewat fitur Jurnal Touch, kamu bisa menikmati manfaat aplikasi kasir ini seperti sinkronisasi data otomatis, proses transaksi di multi store, proses transaksi offline, maupun kustomisasi struk dengan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengelola usaha, mengatur keuangan, membuat laporan keuangan sekaligus memantau transaksi di saat bersamaan. Berbagai macam kemudahan bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi Mekari Jurnal. Kamu bisa memanfaatkan trial gratis selama 14 hari untuk membuktikan efektivitas aplikasi ini.

3. ProffittCentre

ProffitCentre adalah salah satu sistem aplikasi kasir PC gratis paling recommended buat kamu. Aplikasi ini akan menjaga transaksi penjualan tetap terpantau dengan aman. Sistem kasir ini dikembangkan oleh Dale Haris, yang mengembangkannya dari aplikasi toko online Cash Register Keyhut.

Dengan aplikasi kasir ini, kamu bisa menjaga stok persediaan barang tetap aman dengan fitur order otomatis. Selain itu terdapat juga beberapa fitur lain seperti penamaan label rak dagangan, print bar code. Untuk menggunakannya, kamu cukup menyediakan pemindai bar code, PC, dan printer.

4. UniCenta

UniCenta merupakan aplikasi kasir gratis dengan segudang manfaat yang cocok digunakan untuk UMKM. Sistem kasir ini menawarkan banyak fitur yang kerap disuguhkan aplikasi berbayar. Sebut saja seperti manajemen karyawan, manajemen inventaris, reporting dan masih banyak lagi.

Namun untuk fitur reporting sendiri masih butuh banyak perbaikan juga update agar hasilnya lebih maksimal. UniCenta menjadi salah satu aplikasi kasir yang banyak direkomendasikan, karena selain memiliki banyak fitur tapi juga open source.

Dengan begitu membuka kesempatan bagi penggunannya untuk bisa mengembangkannya sesuai kebutuhan usaha. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini kompatibel untuk berbagai macam hardware, baik PC maupun HP.

5. Qasir

Aplikasi kasir gratis yang berikutnya yaitu Qasir. Aplikasi ini membantu kamu untuk dapat mengelola kasir toko dari mana saja. Kamu juga tidak perlu membayar biaya berlangganan untuk bisa menggunakannya. Kecuali jika kamu ingin memakai versi profesional.

Qasir sangat cocok digunakan sebagai aplikasi kasir restoran, barber shop, online shop maupun cafe. Dengan aplikasi Qasir, kamu bisa memantau produk mana yang paling diminati pelanggan.

Kamu juga akan sangat dimudahkan dalam mengelola stok barang dagangan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan barang belanjaan hanya dengan scan barcode produk saja. Sangat praktis dan efisien bukan?

6. Loyverse

Aplikasi kasir berbasis mobile yang satu ini dapat diakses dengan mudah oleh penggunanya. Dengan Loyverse, kamu bisa mengelola keuangan beberapa cabang toko via satu akun melalui hp maupun tablet. Tak hanya membantu mengelola keuangan, Loyverse juga membantu kamu menerapkan berbagai program loyalitas bagi konsumen.

Aplikasi ini bisa kamu akses dalam kondisi offline. Namun ada juga versi berbayarnya yang menambahkan fitur manajemen inventaris dan karyawan. Kamu bisa cetak struk via hp didukung printer bluetooth dengan aplikasi ini. Tentu aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

7. Keyhut

Secara tampilan, UI dari Keyhut memang tidak menarik dan terkesan ketinggalan zaman. Tapi jangan salah, aplikasi ini sangat bisa diandalkan. Hanya dengan bermodal PC jadul, kamu sudah bisa menginstall aplikasi kasir ini. Sebab Keyhut merupakan salah satu program kasir yang sangat simple dan mudah dipahami.

Hal terbaiknya, kamu bisa mengakses semua fitur yang ada secara gratis selamanya. Tidak ada syarat khusus untuk itu.Di samping itu, aplikasi ini juga mendukung penggunanya pada lebih dari satu mesin kasir dalam usaha. Tentunya kelebihan ini sangat membantu dan menguntungkan, bukan?

8. Kasir Pintar

Kasir Pintar adalah salah satu aplikasi kasir atau aplikasi POS yang sudah banyak digunakan oleh toko. Bukan tanpa alasan, selain lebih efisien karena sistem operasinya berbasis mobile, Kasir Pintar juga sangat bermanfaat bagi pengelolaan toko dan arus keuangan usaha.

Aplikasi kasir ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis selamanya, dan banyak kelebihannya. Seperti fitur yang beragam, mulai dari update stok hingga cetak struk via HP. Bahkan untuk versi berbayarnya, kamu bisa dapatkan lebih banyak fitur pendukung.

Aplikasi ini juga secara otomatis mensinkronisasi device dengan website. Pengoperasiannya juga simpel dan mudah.

Itulah tadi berbagai rekomendasi aplikasi kasir pc gratis yang bisa kamu gunakan. Tentu tak masih banyak lagi aplikasi kasir lainnya. Kamu tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhan usaha kamu dan fungsionalnya.

Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan aplikasi yang punya fitur pendukung lengkap dan mudah untuk dioperasikan. Semoga artikel ini bisa membantu ya!