aplikasi buat jadwal kerja shift

Aplikasi buat jadwal kerja shift akan mempermudah pengaturan jam shift karyawan selama berbulan-bulan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Lain halnya jika Sedulur masih menggunakan metode manual seperti spreadsheet Excel, dimana akan terasa sulit dan juga menyita banyak waktu.

Beberapa sumber menyebutkan jika manajer kehilangan sampai 20% waktunya atau sekitar 140 jam kerja dalam setahun hanya untuk menyusun jadwal kerja secara manual. Padahal waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk tugas-tugas prioritas yang lain.

Sementara itu, karyawan dengan jadwal yang tidak terstruktur dengan baik dapat membuang sampai 50% waktu mereka selama di tempat kerja. Nah, solusi dari permasalahan tersebut, yakni dengan menggunakan bantuan dari aplikasi buat jadwal kerja shift, seperti yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Jenis Usaha Terkait Properti yang Menjanjikan, Berani Coba?

1. Asana

Organized HQ

Aplikasi buat jadwal kerja shift yang pertama bernama Asana. Aplikasi yang satu ini menawarkan berbagai macam fitur untuk manajemen kerja dan juga proyek yang sangat fungsional. Diantaranya seperti mengatur jadwal shift, berbagi tugas, hingga mengatur waktu pengerjaan proyek.

Selain itu, Sedulur juga bisa menemukan beberapa fitur tambahan yang tidak kalah penting, seperti berkomunikasi dari jarak jauh dan koordinasi melalui email. Menariknya, aplikasi ini tersedia untuk PC, Android, dan iOS, serta dapat digunakan secara gratis dengan batas tim berjumlah 15 orang.

2. Google Calendar

Google Calendar merupakan sebuah tools pengatur jadwal yang dibesut oleh Google Inc. Aplikasi ini dapat digunakan untuk merencanakan jadwal kerja karyawan. Kelebihannya, Sedulur juga bisa menyambungkan Google Calendar dengan beberapa tools Google yang lainnya.

Akan tetapi, alangkah baiknya untuk membatasi kerja tim maksimal 5 orang saja. Hal ini dilakukan agar Sedulur tidak terlalu kesulitan dalam melacak schedule karyawan. Kendati demikian, tools ini masih bisa digunakan untuk lebih dari 5 orang dalam satu tim.

BACA JUGA: 9 Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Email yang Benar

3. Teamweek

aplikasi buat jadwal kerja shift
Boss Planner

Bisa dibilang jika aplikasi yang dirilis oleh Gantt Charts ini hampir mirip seperti Google Calendar, hanya saja memiliki tampilan UI yang lebih ramah. Alasannya karena Teamweek mampu melakukan visualisasi pada karyawan pada saat bekerja. Sangat menarik, bukan?

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa melakukan kustomisasi label pada kalender. Namun, sayangnya Teamweek belum menyediakan fitur checklist dan juga catatan pekerjaan. Jadi murni hanya untuk penjadwalan alias scheduling saja.

4. Trello

Aplikasi buat jadwal kerja shift yang berikutnya adalah Trello. Trello merupakan aplikasi jadwal digital dengan tipe buletin yang bisa disesuaikan dengan jumlah tugas dan juga kontributor yang akan dimasukkan sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya.

Aplikasi yang satu ini memungkinkan Sedulur untuk membuat list yang berisikan beberapa cards. Nah, di dalam cards tersebut bisa diisi dengan beberapa hal, yang meliputi Note, Tasks, Picture, dan Idea, sehingga sangat menarik dan tentu saja mudah untuk dibaca.

5. Hadirr

Aplikasi Hadirr memberikan layanan terbaik dalam hal manajemen karyawan, dengan fitur yang terbilang cukup lengkap. Tentu saja aplikasi ini memberi kemudahan untuk mengatur shift kerja karyawan, yakni hanya dengan cara drag and drop saja.

Uniknya, aplikasi buat jadwal kerja shift ini juga dapat digunakan untuk mengontrol apakah karyawan tersebut benar-benar bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan atau tidak. Ya, fitur andalan tersebut pastinya juga sangat cocok untuk kolaborasi jarak jauh maupun remote working.

6. Todoist

aplikasi buat jadwal kerja shift
Shiftbase

Todoist memang tidak secara khusus dirancang sebagai aplikasi buat jadwal kerja shift. Akan tetapi, aplikasi dapat digunakan sebagai alat manajemen tugas yang bisa membantu tim untuk merencanakan dan mengorganisir pekerjaan.

Todoist memungkinkan penggunanya untuk membuat daftar tugas, menetapkan tenggat waktu, hingga berbagi proyek dengan anggota tim. Dengan mengintegrasikannya dengan aplikasi lain atau fitur khusus, maka Sedulur dapat menciptakan pengaturan jadwal untuk karyawan.

Demikian tadi beberapa aplikasi buat jadwal kerja shift yang dapat Sedulur gunakan ketika ingin menjalankan sebuah bisnis dengan banyak karyawan. Pastikan untuk menyesuaikan pilihan aplikasi dengan kebutuhan dan juga anggaran dari perusahaan. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk membayar atau berlangganan.

Kendati demikian, dijamin pengaturan jam kerja bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan cepat dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut!