Ai dan big data dalam bisnis

Di era digital saat ini, terkenal istilah yang tidak asing lagi Sedulur dengar yaitu AI dan Big Data. Dalam dunia bisnis, penggunaan dua hal tersebut sangat penting karena terlibat langsung dalam pengolahan data. Maka dari itu, secara tidak langsung AI dan Big Data dalam bisnis amat sangat penting.

Bagi Sedulur yang belum mengetahuinya, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas terkait segala hal tentang  AI dan Big Data dalam bisnis. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Apa Itu Marketing? Ini Pengertian & Fungsi Maketing Dalam Bisnis

Apa itu AI dan Big Data?

ai dan big data dalam bisnis
iStock

Secara bahasa, AI atau artificial intelligence merupakan kecerdasan buatan yang diaplikasikan pada komputer, agar bisa menjalankan berbagai perintah, seperti manusia. Sistem komputerisasi ini mempunyai tiga pilar penting dalam fungsinya, yakni learning (mempelajari), reasoning (menalar), serta self correction (koreksi secara mandiri).

-->

Sementara itu, Big Data merupakan sekumpulan informasi yang sangat besar dan beragam yang terus bertumbuh dalam kecepatan tinggi yang terus meningkat. Big data juga mencakup volume informasi, kecepatan pembuatan dan pengumpulan informasi tersebut, serta variasi titik data (volume, velocity, varietas).

Big data seringkali dihasilkan dalam data mining dan memiliki berbagai macam format. Karena ukuran big data yang sangat besar, maka informasi yang ada di dalamnya mustahil untuk diolah secara manual.

Manfaat AI dan Big Data dalam bisnis

ai dan big data dalam bisnis
iStock

Peran AI dan Big Data dalam bisnis sangat penting. Sangat berkaitan erat dengan perkembangan sebuah bisnis itu sendiri. Selain itu, beberapa manfaat Big Data dalam bisnis secara spesifik adalah:

  • Mencari tahu penyebab suatu masalah atau kegagalan secara real-time, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kegagalan berikutnya.
  • Mampu menyimpan data dan informasi yang dibutuhkan untuk pengembangan produk, serta dapat menggabungkan beberapa sistem dan perangkat yang berbeda. Misalnya seperti IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence).
  • Mengurangi waktu dan biaya produksi sebuah produk, namun secara bersamaan mampu meningkatkan performanya.

Sementara itu, manfaat AI pada big data dapat membuat sebuah teknologi semakin sempurna jika diterapkan dalam bisnis. Di antaranya manfaat AI yaitu:

  • Dapat memitigasi risiko sehinga dapat meminimalisir karena dapat diidentifikasi sedari awal dan dianalisasw dan mengukur kemungkinan kerugian.
  • Dapat meminimalisir kesalahan data yang dapat memicu kesalahan seperti contohnya beda nominal yang sangat fatal bagi perkembangan bisnis.
  • Dapat menekan pengeluaran, karena tidak perlu mempekerjakan banyak pegawai untuk mengolah data.
  • Mencegah kejahatan siber dan penipuan. Seperti misalnya pencurian data atau penipuan yang mengatasnamakan pihak tertentu yang merugikan.

Karakteristik AI dan Big Data dalam bisnis

iStock

Adapun Big Data dalam bisnis memiliki karakteristik 5 V yang terdiri dari:

  • Merujuk pada jumlah data ketika dikumpulkan di tahap awal. Saat volume data semakin membesar, maka data akan disebut dengan big data.
  • Mengacu pada seberapa cepat data dihasilkan dan seberapa cepat data bergerak. Hal ini sangat penting karena organisasi sangat membutuhkan data yang mengalir cepat agar tersedia ketika mereka harus membuat keputusan bisnis.
  • Mengacu pada keragaman tipe data, yang mungkin dihasilkan dari sumber berbeda dengan nilai yang berbeda. Data yang didapatkan bisa berasal dari dalam maupun luar organisasi.
  • Berkaitan dengan kualitas dan akurasi data, yang mempengaruhi tingkat kepercayaan pada data yang dikumpulkan. Veracity dan value dapat membantu menentukan kualitas dan sebuah data.
  • 5V dalam big data yang terakhir, mengacu pada nilai yang dapat diberikan oleh big data yang biasanya berkaitan langsung dengan tindakan apa yang bisa dilakukan oleh organisasi dengan menggunakan data tersebut.

Sementara itu, AI yang merupakan kecerdasan buatan layaknya manusia tentu saja memiliki manfaat yang penting bagi perkembangan bisnsi. Salah satunya karena hampir dapat berpikir seperti manusia dan menjalankana faktor-faktor penting. Faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Acting humanly, yaitu sistem mampu melakukan tindakan seperti orang biasa
  • Thinking humanly, yaitu cara berpikir selayaknya manusia
  • Think rationally, yaitu sistem yang memiliki pola pikir rasional
  • Act rationally, yaitu sistem mampu untuk melakukan action secara rasional

Meskipun AI hanya mampu melaksanakan salah satu dari 4 faktor di atas, tetapi keberadaannya sudah memberi banyak bantuan.

Cara AI bekerja sama dengan Big Data

iStock

Pada dasarnya, AI dan Big Data dalam bisnis akan menghasilkan teknologi baru yang berguna bagi kehidupan manusia. Sementara itu, cara kerja sama antara AI dan Big Data dalam bisnis atau dalam aspek lainnya yaitu:

  • Pengenalan pola: kemampuan ini berfungsi untuk menyaring data dari sebuah cloud, bahkan dalam skala besar sekalipun. Contohnya pada sistem keamanan bandara yang menggunakan kombinasi kamera, pengenalan wajah, dan teknologi gelombang milimeter untuk memindai orang yang berjalan melalui gerbang keamanan portabel.
  • Mendeteksi anomali: Bekerja dengan cara mengenali contoh atau pola yang menonjol dari norma.

BACA JUGA: Afiliasi: Pengertian, Ciri, Contoh & Keuntungannya dalam Bisnis

Hubungan AI dan Big Data dalam Bisnis

iStock

Dalam menjalankan fungsinya, teknologi AI tidak bekerja begitu saja, tetapi harus ada big data yang akan diolah. Pengertian big data adalah kumpulan data dalam jumlah begitu besar dan masih mungkin berkembang. Pada kumpulan data ini terdiri dari data yang terstruktur, semi-struktur, serta unstructured.

Fungsi AI ini juga sangat tergantung pada seberapa besar data yang tersedia karena dari sinilah kecerdasan buatan akan merekam datanya. Semakin besar datanya, tentu kinerja AI juga akan maksimal. Begitu juga sebaliknya, big data tidak akan bermanfaat tanpa teknologi AI.

Nah, itulah segala hal terkait AI dan Big Data dalam bisnis, semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur memahami terkait perkembagan bisnis di era digital yang tengah berlangsung. Semoga juga Sedulur menjadi semakin lebih melek segala hal tentang dunia digital dan bisnis itu sendiri!

Salah satu bisnis yang juga menggunakan sistem digital seperti di atas adalah Aplikasi Super. Sedulur bisa menjalankan bisnis kelontong hanya dengan menggunakan HP saja. Banyak fitur menarik dari kulakan mudah di Aplikasi Super, layanan gratis ongkir, hingga banjir promo menarik setiap hari.

Kalau sudah belanja dengan mudah dan dapatkan banyak promonya, tentu Sedulur bisa meraih untung yang melimpah dalam berbisnis. Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang dan buka bisnis toko kelontongmu sendiri!