rute wirawiri surabaya

Wirawiri Surabaya adalah moda transportasi umum yang dikembangkan oleh pemerintah Surabaya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan transportasi pada masyarakat. Bentuk transportasi ini cukup kecil, karena menjadi moda pengumpan dengan rute Wirawiri Surabaya dari daerah di pinggiran menuju kawasan perkotaan.

Jadi bisa dibilang modal transportasi ini mirip dengan angkot atau kendaraan kol yang ada di masa lalu. Umumnya kendaraan Wirawiri Surabaya berbentuk mobil kecil. Nah, bagi Sedulur yang penasaran dan ingin mencoba berkeliling dengan transportasi ini, maka wajib menyimak secara lengkap rute Wirawiri Surabaya supaya tidak salah arah.

BACA JUGA: Tips Mudik Lebaran Naik Bus dan 6 Barang yang Wajib Dibawa!

Mengenal Wirawiri Surabaya

Wira wiri surabaya
Suara Surabaya/Wirawiri Surabaya

Wirawiri Surabaya adalah nama layanan angkutan pengumpan yang mempunyai jalur dengan tarif yang terintegrasi bersama moda angkutan massal cepat eksisting di Kota Surabaya.

Jenis angkutan pengumpan yang dimaksud berupa angkutan umum non bus berkapasitas kecil yang digunakan untuk menunjang kelancaran angkutan umum dengan kapasitas besar seperti Surabaya Bus dan Trans Semanggi Surabaya.

Moda transportasi kecil ini mulai dioperasikan oleh Pemerintah Surabaya sejak tahun 2023 lalu. Dimana untuk satu kendaraan Wirawiri Surabaya memiliki kapasitas untuk mengangkut sekitar 10 sampai 14 orang.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Olahraga di Surabaya

Rute Wirawiri Surabaya

rute wirawiri surabaya
Detik/Esti Widiyana

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, berikut ini rute Wirawiri Surabaya yang terbaru:

  • Rute FD01: Terminal Benowo – Tunjungan
  • Rute FD02: Puspa Raya – HR Muhammad
  • Rute FD03: SWK Penjaringan Sari – Gunung Anyar
  • Rute FD04: PNR Mayjend Sungkono – Embong Wungu
  • Rute FD05: Terminal Intermoda Joyoboyo – Terminal Bratang – Kedung Asem
  • Rute FD06: Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) Kota Surabaya-Lakarsantri Surabaya Barat
  • Rute FD07: Terminal Bratang – Stasiun Pasar Turi Surabaya

BACA JUGA: 16 Tempat Makan Nasi Babat di Surabaya, Enak Bikin Ketagihan!

Manfaat Pakai Wirawiri Surabaya

rute wirawiri surabaya
Unsplash/The Blowup

Ada cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan rute Wirawiri Surabaya. Tentunya ini perlu Sedulur ketahui. Berikut ini diantaranya manfaat Wirawiri Surabaya:

  • Manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah berkurangnya kemacetan. Hal ini dikarenakan Wirawiri dapat meningkatkan aksesibilitas banyaknya masyarakat untuk lebih nyaman menggunakan transportasi umum melalui MPV. Sehingga Wirawiri Surabaya dapat membantu mengurangi kepadatan kendaraan pribadi di jalan.
  • Efisiensi waktu menggunakan Wirawiri Surabaya juga lebih terasa. Hal ini tak lepas dari rute Wirawiri Surabaya yang bisa memasuki jalan kecil. Tentunya, sistem yang diterapkan dapat membantu penduduk kota menghemat waktu perjalanan karena konektivitas yang lebih baik antar berbagai wilayah.
  • Tidak jauh berbeda dengan Bus Merah Surabaya, Feeder Wirawiri Surabaya juga bersifat ramah Lingkungan. Hal ini dikarenakan pembayaran transportasi ini dapat dilakukan menggunakan botol.
  • Tempat yang nyaman juga menjadi nilai tambah dari Feeder Wirawiri Surabaya. Di mana angkutan ini menggunakan tempat duduk yang luas dan air conditioner. Tempatnya yang aman karena dibuka sendiri oleh supir menjadikan Sedulur tidak perlu risau bepergian kemanapun menggunakan transportasi umum milik Pemerintah Kota.
  • Manfaat terakhir adalah murahnya biaya transportasi. Dimana Sedulur hanya membutuhkan biaya sekitar 2500 sampai 5000 rupiah saja.

Nah, kurang lebih itu tadi penjelasan singkat tentang rute Wirawiri Surabaya. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang ingin berkeliling di sekitar Kota Surabaya ya!