ide kegiatan ngabuburit

Ada banyak kegiatan khas yang hanya dilakukan saat sedang berpuasa. Diantaranya adalah sholat tarawih, buka bersama, dan ngabuburit di rumah maupun di luar rumah. Ngabuburit sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk menunggu waktu berbuka. Umumnya, dilakukan pada waktu sore hingga akhirnya adzan berkumandang.

Menariknya, ternyata ‘ngabuburit’ sendiri mengandung kata ‘sore’ di dalamnya. Kata itu ada dalam kata ‘burit’, berasal dari Bahasa Sunda yang artinya sore. Artinya, ini merupakan kegiatan yang dilakukan agar waktu terasa lebih cepat sehingga tak terasa memasuki waktu maghrib. Nah, Sedulur, berikut ini kita bahas kegiatan ngabuburit di rumah yang bisa dilakukan selagi menunggu waktunya berbuka puasa.

BACA JUGA: 25 Film Misteri Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Ngabuburit!

1. Memasak

kegiatan ngabuburit di rumah
iStock

Hidangan berbuka puasa menjadi salah satu yang paling ditunggu. Jika Sedulur memasak dari waktu Ashar, maka setelah itu waktu akan terasa berjalan dengan sangat cepat karena digunakan untuk memasak. Di hari-hari Ramadhan, kita perlu membuat takjil, memasak makanan pembuka, nasi dan lauk, serta camilan lain.

Tak hanya memasak untuk berbuka puasa. Menjelang Ramadhan, Sedulur bisa memilih untuk membuat kue-kue lebaran. Dengan begitu, ini menjadi momen yang tepat bagi Sedulur yang ingin belajar memasak.

2. Menonton film

kegiatan ngabuburit di rumah
iStock

Kegiatan ngabuburit di rumah yang kedua adalah menonton. Satu film dengan durasi 2 jam saja sudah cukup membantu Sedulur menghabiskan waktu. Jika kurang, opsi lain dari menonton adalah dengan marathon serial. Cara ini banyak digunakan karena sangat menghibur.

Menonton bisa dilakukan sendiri maupun bersama-sama. Pastikan agar tontonan selama Ramadhan tidak memicu lapar atau hal lain yang mengurangi pahala puasa. Jadi, bulan Ramadhan ini, serial atau film apa saja yang sudah Sedulur selesaikan?

3. Mendengarkan kajian

kegiatan ngabuburit di rumah
iStock

Alih-alih mencari hiburan duniawi, kita juga bisa mengisi waktu dengan lebih bijak. Dengan niat meraih ridho Allah SWT, kegiatan ngabuburit di rumah yang bisa Sedulur pilih adalah mendengarkan kajian. Dengan mendengarkan kajian, kemudian kita meresapi makna yang terkandung di dalamnya,  tentu bisa mendatangkan pahala dan juga kebaikan tersendiri

Karena itulah kegiatan ini termasuk dalam aktivitas ngabuburit yang mendatangkan pahala. Daripada digunakan untuk sekedar jalan-jalan tanpa tujuan, mendengar kajian memiliki manfaat yang jauh lebih banyak.  Ada ribuan kajian yang tersedia di berbagai platform, seperti Youtube, Spotify, maupun yang ditayangkan di televisi.

4. Tadarus Alquran

kegiatan ngabuburit di rumah
iStock

Seperti mendengarkan kajian, tadarus juga sangat disarankan untuk diperbanyak di Bulan Ramadhan. Dengan membiasakan tadarus, Sedulur juga berkontribusi pada perubahan perilaku jika nanti Ramadhan telah selesai. Di Bulan ini, Sedulur bisa memanfaatkan membangun kebiasaan baik dengan banyak bertadarus, menjadikan waktu luang sebagai kesempatan meraih ridho-Nya melalui kegiatan positif.

Untuk memaksimalkan kegiatan ini, Sedulur bisa mematok target tadarus per hari. Cara ini membantu agar Sedulur bisa melihat progres dari tadarus yang dilakukan selama Ramadhan. Dengan demikian, hal itu bisa menjadi semangat bagi Sedulur sendiri untuk terus bertadarus lebih banyak setiap harinya.

5. Olahraga

kegiatan ngebuburit di rumah
iStock

Berikutnya, kegiatan ngabuburit di rumah yang positif adalah melakukan olahraga. Tak usah melakukan kegiatan yang berat dan mengeluarkan banyak keringat. Sedulur bisa mulai dengan melakukan peregangan di dalam rumah, yoga, senam ringan, dan berbagai olahraga ringan lainnya.

Meski gerakannya sederhana, tapi olahraga cukup efektif untuk mengurangi stres, melenturkan tubuh, dan melatih keseimbangan. Sedulur bisa menonton video tutorial olahraga. Agar lebih semangat, ajak anggota keluarga untuk bergabung dalam olahraga sembari ngabuburit. Dengan demikian, Sedulur dan keluarga bisa menghabiskan waktu sekaligus menjaga kesehatan tubuh bersama-sama.

6. Berkebun

iStock

Kegiatan ngabuburit di rumah bisa diisi dengan berkebun. Sedulur bisa mulai dengan menanam sayur, buah-buahan, atau bunga yang mudah dirawat. Tumbuhan itu yang nanti bisa menambah suasana hijau di rumah. Jika menanam sayur, Sedulur juga bisa menghemat pengeluaran untuk belanja sayur karena sudah tersedia di kebun sendiri.

Selain nantinya bermanfaat untuk dikonsumsi, bertanam juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental. Dengan berkebun, suasana hati Sedulur bisa lebih baik karena kegiatan ini memiliki efek terapi, mengurangi pikiran negatif, menjadi sarana olahraga ringan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mendorong pola makan dan hidup sehat.

7. Membuat kerajinan tangan

iStock

Berikutnya, ide kegiatan ngabuburit yang seru adalah membuat kerajinan tangan. Tidak perlu bahan yang rumit, mulai saja dengan kreasi apa pun yang Sedulur miliki di rumah. Misalnya, menggunakan bahan kain perca. Dengan bahan seadanya, Sedulur bisa membuat tempat ponsel, tempat tisu, sapu tangan, dan benda sederhana lainnya.

8. Bermain game

iStock

Siapa di sini senang bermain game? Ada banyak jenis game yang bisa Sedulur pilih. Tak hanya ribuan game yang ada di hape, Sedulur juga bisa mencoba memainkan game tradisional untuk kegiatan ngabuburit di rumah. Misalnya, bermain bola bekel atau congklak. Selain itu, game lain yang menarik diantaranya ludo, ular tangga, monopoli, warewolf game, hingga catur.

9. Membuat konten di media sosial

iStock

Kegiatan ngabuburit di rumah berikutnya yang kekinian adalah membuat konten media sosial. Jika Sedulur sering bermain tiktok, mungkin ini saatnya untuk lebih niat dalam membuat konten. Pastikan agar konten yang diunggah mengandung nilai positif dan memberikan dampak yang baik untuk Sedulur dan orang lain yang menonton . Jika tidak, Sedulur juga bisa hanya membuat konten dengan tujuan bersenang-senang saja.

10. Bersih-bersih rumah

iStock

Terkadang, kita lupa dengan agenda yang satu ini. Padahal, membersihkan rumah tidak memerlukan biaya apa pun selain membutuhkan peralatan bersih-bersih. Bonus ketika bersih-bersih adalah membuat ruangan menjadi lebih nyaman ditempati.

Tahukah Sedulur bahwa dalam kegiatan ini, terdapat aktivitas olahraga ringan sekaligus mengandung efek menenangkan. Pasalnya, fokus kita menjadi tertuju pada barang-barang yang perlu dibersihkan. Kemudian setelahnya, ruangan yang dibersihkan menjadi rapi sehingga memberikan efek positif pada jiwa dan raga kita.

BACA JUGA: 8 Cara Ngabuburit Ramadhan di Surabaya Paling Seru dan Asyik!

11. Mengikuti webinar

iStock

Bagi para pencari ilmu, mengikuti webinar bisa sangat membantu mengisi waktu sebelum berbuka puasa. Saat ini, ada banyak pilihan webinar yang bisa diikuti, baik itu untuk menambah wawasan, pengalaman, atau meningkatkan skill.

Semua disesuaikan dengan kebutuhan Sedulur saja. Dengan demikian, Sedulur tidak membiarkan waktu terbuang karena telah menggunakan waktu ngabuburit dengan belajar.

12. Membaca

iStock

Opsi kegiatan ngabuburit di rumah berikutnya adalah membaca. Seperti halnya kegiatan lain, kita sendiri yang memutuskan untuk memilih akan membaca apa, sesuai dengan ketertarikan. Sedulur juga bisa memberikan target bacaan sehingga selama bulan puasa penuh tersebut menghabiskan buku apa saja yang dibaca.

Itulah daftar kegiatan ngabuburit di rumah yang bisa segera Sedulur praktikan. Akan lebih menyenangkan jika kegiatan di atas dilakukan bersama keluarga di rumah. Jadikan waktu berharga kita saat di rumah diisi dengan kegiatan bermanfaat sekaligus menjadi quality time tersendiri dengan keluarga.