resep lotek

Menyantap hidangan lezat yang kaya nutrisi bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengawali hari. Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi harian di pagi hari, Sedulur akan mendapatkan energi untuk beraktivitas selama satu hari penuh. Salah menu sarapan sehat yang bisa Sedulur pilih adalah lotek khas Sunda. Makanan satu ini tak hanya lezat, tapi juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Resep lotek juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Makanan ini cukup mirip dengan salad tapi dengan siraman bumbu kacang yang gurih. Tertarik untuk menghidangkan lotek sebagai menu sarapan bersama keluarga? Berikut ini resep lotek khas Sunda yang bisa Sedulur coba. Catat bahan dan cara membuatnya, ya!

BACA JUGA: Resep Kimchi Jjigae, Sup Korea Pedas Penuh Gizi!

Mengenal lotek hidangan khas Sunda

lotek
iStock

Lotek merupakan hidangan khas Jawa Barat yang kini bisa dengan mudah Sedulur temukan di berbagai daerah di Indonesia. Jika dilihat sekilas, lotek memiliki kemiripan dengan hidangan lain, seperti gado-gado dan karedok. Sebab ketiga menu tersebut dibuat dari aneka sayuran yang diguyur bumbu kacang. Meski begitu, ketiganya memiliki cita rasa yang berbeda.

Lotek sendiri dibuat dari campuran aneka sayuran matang. Jenis sayuran yang biasa digunakan adalah bayam, kol, dan tauge, dan kacang panjang. Selain itu juga dilengkapi dengan lontong atau ketupat sebagai pengganti nasi.

Ciri khas lain dari lotek juga terletak pada bumbu kacang yang digunakan. Bumbu kacang pada resep lotek khas Sunda dibuat dari kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan, kemudian dicampur bawang putih, cabai, air perasan jeruk nipis atau air asam jawa, gula merah, dan garam. Selain itu juga diberi tambahan bumbu kencur sehingga memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

BACA JUGA: Resep Sambal Luat Khas NTT, Pedas Nendang Tapi Bikin Segar!

Resep lotek yang enak dan sehat

resep lotek
iStock

Setelah mengenal lotek yang merupakan kuliner khas Sunda, kini Sedulur bisa mencoba membuatnya sendiri. Seperti dijelaskan sebelumnya, bahan-bahan untuk membuat lotek tidaklah sulit untuk ditemukan di pasaran. Selain itu cara membuatnya juga cukup sederhana.

Agar Sedulur tidak bingung pada percobaan yang pertama ini, berikut sudah dirangkum resep lotek khas Sunda, mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan hingga langkah-langkah untuk membuatnya. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan

sayuran
iStock

Bahan untuk membuat resep lotek terbagi menjadi dua, yaitu bahan isian berupa aneka sayuran dan bahan untuk bumbu kacang.

Bahan isian:

  • 200 gram bayam, petik bagian daun dan cuci bersih
  • 100 gram taoge
  • 100 gram kol, potong kasar
  • 100 gram kacang panjang, potong-potong dengan ukuran sekitar 4 cm

Bahan bumbu kacang:

  • 100 gram kacang tanah yang sudah digoreng
  • 50 gram gula merah
  • 6 cm kencur
  • 10 buah cabai rawit (atau bisa disesuaikan selera Sedulur)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm air asam jawa atau 1 sdm air asam jawa yang dilarutkan dengan 2 sdm air
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air matang

Cara membuat

cara membuat
iStock

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, kini Sedulur bisa mulai membuatnya.

  1. Siapkan air dan rebus bayam, kol, dan kacang panjang, kemudian tiriskan.
  2. Seduh taoge dengan air panas, jika sudah empuk Sedulur bisa meniriskannya.
  3. Untuk membuat bumbu kacang, Sedulur bisa menghaluskan kacang tanah yang sudah digoreng dengan blender.
  4. Kemudian ulek semua bumbu kecuali air asam jawa dan air matang 200 ml.
  5. Setelah semua bumbu tercampur rata, masukkan kacang yang sudah dihaluskan dan ulek kembali agar semakin lembut.
  6. Tambahkan air asam jawa dan air matang 200 ml atau secukupnya.
  7. Tata sayuran di piring saji, kemudian siram bumbu kacang yang sudah dibuat. Aduk hingga tercampur rata. Sedulur juga bisa mencampurkan sayuran langsung di ulekan yang tadi digunakan untuk menghaluskan bumbu dan baru kemudian baru menghidangkan lotek di piring saji.
  8. Lotek khas Sunda siap untuk disantap sebagai menu sarapan bersama keluarga. Sedulur bisa menambahkan kecap, kerupuk, dan lontong atau ketupat agar lotek semakin lezat dan mengenyangkan.

Itu dia resep lotek khas Sunda yang bisa Sedulur buat sebagai menu sarapan di rumah. Sedulur bisa menyesuaikan tingkat kepedasan bumbu kacang dengan selera. Selain itu jenis sayuran yang digunakan juga bisa divariasi, misalnya dengan menambahkan timun, wortel, dan aneka sayuran lain.

Sebelum mencoba resep lotek khas Sunda di atas, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan memasak di rumah. Sedulur bisa belanja aneka bumbu dapur maupun beras dengan harga murah di Aplikasi Super.

Selain menawarkan pengalaman belanja hemat dengan harga terjangkau, Aplikasi Super juga punya layanan pengiriman gratis ongkir sehingga belanja makin mudah. Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan dapurmu sekarang juga!