sup kimchi

Bagi penggemar masakan Korea, nama kimchi pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Olahan khas negara Korea Selatan ini terbuat dari sawi atau lobak yang difermentasi dengan saus cabai dan beberapa bahan lainnya. Tak hanya dijadikan hidangan pelengkap, rupanya kimchi juga bisa diolah menjadi hidangan utama seperti sup kimchi.

Sup kimchi atau kimchi jjigae merupakan hidangan populer di Korea. Sup ini memiliki cita rasa unik, yakni perpaduan antara rasa pedas, manis, dan masam. Hidangan berkuah ini sangat cocok dinikmati dikala musim hujan, tentu saja sambil menonton drama Korea favorit.

Penasaran ingin mencobanya? Simak cara membuatnya di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: 17 Resep Olahan Tahu Untuk Anak, Mudah Dibuat dan Menyehatkan!

-->

Bahan yang dibutuhkan

sup kimchi
Shutterstock

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kimchi jjigae. Sedulur juga bisa menambahkan isian lain sesuai dengan selera masing-masing ataupun mengurangi isian yang ada bila tidak memilikinya.

  • 2 bungkus kimchi
  • 113 gram daging (bisa daging sapi, domba, atau sesuai selera)
  • 170 gram tahu
  • 2 buah daun bawang
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • ½ wadah air kimchi (opsional)
  • 1-3 sendok teh gochugaru (bubuk cabai khas Korea)
  • 1 sendok teh bawang putih cincang
  • Garam atau kecap asin 
  • Lada secukupnya

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Padang Enak, Pas Untuk Lauk Buka Puasa!

Cara membuat sup kimchi

sup kimchi
EatingWell

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan, kini saatnya membuat sup kimchi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Potong semua bahan

Setelah menyiapkan semua bahan, cuci semuanya hingga bersih dan tiriskan bahan untuk diproses lebih lanjut. Khusus bahan kimchi, daun bawang, daging, dan tahu, potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil dan pisahkan di wadah tersendiri.  

BACA JUGA: Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi, Takjil Segar Untuk Berbuka

2. Masak kimchi 

Langkah berikutnya adalah menyiapkan wajan atau hot pot dan memanaskan minyak sayur dengan suhu medium di dalamnya. Setelah panas, masukkan potongan kimchi dan daging, lalu tambahkan bubuk cabai dan bawang putih. 

Setelah semua bahan masuk, aduk perlahan dan masak bahan tersebut selama 5-7 menit. Masak hingga kimchi dan daging berubah menjadi lunak. Jangan terlalu lama memasak kimchi dan daging pada proses ini karena masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

3. Tambahkan kuah

sup kimchi
Maangchi

Bila kimchi dan daging sudah melunak, berikutnya adalah menambahkan kuah pada sup kimchi yang Sedulur buat. Sedulur bisa menambahkan air kimchi, kaldu, ataupun air biasa sesuai ketersediaan bahan di rumah. 

Setelah itu, tunggu selama kurang lebih 5 menit sampai air mendidih. Jika sudah, kecilkan api dan rebus lagi selama 15 menit. Jika masih kurang, tambahkan air lagi sesuai selera masing-masing.  

BACA JUGA: Resep MPASI Sup Daging Giling, Mudah dan Favorit Si Kecil!

4. Tambahkan tahu dan sajikan

Selanjutnya, masukkan potongan tahun dan daun bawang ke dalam panci dan aduk merata. Masak selama kurang lebih 5 menit lagi dan bumbui dengan garam serta lada. Koreksi rasa hingga dirasa pas dan matikan api. Jika sudah, sajikan sup kimchi menggunakan mangkuk selagi hangat. Kimchi jjigae siap dinikmati seluruh keluarga!

Nah, itu dia resep kimchi jjigae atau sup kimchi yang populer di Korea. Sup pedas tersebut sangat cocok dinikmati bersama keluarga sambil menonton film atau bersantai di sore hari. Tak hanya nikmat, bahan-bahan yang digunakan juga penuh gizi sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, cara membuatnya juga sangat mudah, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

Apakah Sedulur tertarik mencobanya di rumah? Jika iya, Sedulur bisa membeli beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan pada resep di atas melalui Aplikasi Super. Selain praktis, belanja bahan kebutuhan memasak dan bumbu dapur disini juga lebih murah dari harga pasaran. Bahkan, Sedulur juga bisa mendapatkan harga grosir, lho!

Lebih dari itu, Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai diskon dan cashback dalam setiap transaksi. Barang pesanan Sedulur juga akan diantar langsung sampai ke depan rumah satu hari setelah pemesanan. Menarik sekali, bukan? Segera download Aplikasi Super di PlayStore sekarang, yuk!