sambal luat

Sambal luat sei api adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur yang memiliki rasa pedas yang unik sekaligus nikmat. Di Indonesia sendiri, sambal merupakan bagian penting dalam menyantap makanan. Bahkan sebagian masyarakat merasa tidak lengkap saat makan jika tidak didampingi oleh sambal.

Tidak heran jika di setiap wilayah Indonesia memiliki sambal khasnya masing-masing. Seperti sambal luat yang merupakan khas NTT yang dinikmati bersama dengan Sei Sapi, makanan khas NTT dari olahan daging sapi. Sedulur bisa membuat sendiri sambal khas tersebut dengan mengikuti resep dan langkahnya di bawah ini!

BACA JUGA: Sambal Gami Pedas untuk Pelengkap Makan Keluarga

Bahan yang dibutuhkan

sambal luat sei sapi adalah
Kompas

Karena sambal luat adalah makanan khas Indonesia, tidak usah khawatir perihal bahan-bahan yang dibutuhkan. Sedulur tidak akan sulit mendapatkan bahan-bahannya. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:

  • 200 gram cabe rawit merah 
  • 1 cm terasi 
  • 1 buah jeruk nipis 
  • 4 butir bawang merah 
  • 1 ikat daun kemangi 
  • 1 buah tomat 
  • 1 sdt garam 
  • 2 batang daun bawang 
  • 100 ml minyak goreng 

Jika bahan-bahan telah disiapkan, Sedulur bisa mengikuti langkah dalam resep sambal luat khas Kupang di bawah ini:

1. Goreng bahan terlebih dahulu

goreng bahan
Hello Sehat

Langkah pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggoreng semua bahan yang telah disiapkan untuk membuat sambal ini.

  • Siapkan kuali dan masukkan minyak, nyalakan kompor dan biarkan panas terlebih dahulu
  • Masukkan cabai rawit merah dan bawang merah ke dalam wajan
  • Goreng sebentar hingga semua bahan-bahan tadi dirasa sudah cukup layu
  • Angkat dan tiriskan minyaknya

2. Ulek bahan hingga halus

resep sambal luat khas kupang
Republika

Langkah selanjutnya dalam membuat sambal luat adalah dengan mengulek atau menghaluskan bahan yang telah digoreng sebelumnya. Sedulur juga tidak boleh lupa memasukkan terasi, tomat dan garam dalam ulekan. Ulek hingga bahan halus, tingkat kehalusan bisa disesuaikan dengan selera Sedulur. Setelah agak halus, Sedulur bisa menambahkan kemangi dan daun bawang. Lalu aduk dan sambil ditekan.

3. Tambahkan perasan jeruk nipis

jeruk nipis
Jawaban

Bagian ini yang membuat rasa sambal luat menjadi spesial, yaitu menambahkan perasan jeruk nipis. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras airnya ke dalam ulekan, aduk-aduk sebentar agar rata. Jangan buang kulit jeruknya, karena ini yang membuat sambal unik.

Ambil kulit jeruk nipis tadi kemudian iris-iris tipis memanjang, lalu masukkan irisan kulit jeruk nipis ke dalam ulekan. Tekan-tekan menggunakan batu ulekan agar keluar airnya, lalu aduk-aduk hingga tercampur dengan rata.

4. Sajikan atau simpan sambal

rasa sambal luat
Kumparan

Resep membuat sambal khas NTT pun selesai dan Sedulur bisa menyajikannya serta menyantapnya langsung bersama dengan menu makan Sedulur lainnya. Sedulur juga bisa menyimpannya terlebih dahulu selama 2-3 hari agar rasa pahit dari kulit jeruk bisa menghilang dan mulai berkurang.

Jika Sedulur ingin menyantapnya langsung, tidak ada masalah karena rasanya akan tetap nikmat dan sama menyegarkannya. Sambal ini sangat cocok disantap dengan Sei Sapi karena akan menghasilkan rasa yang sempurna ketika dikunyah di dalam mulut. Mampu menggugah selera makan menjadi lebih bergairah lagi.

BACA JUGA: Resep Sambal Bumbu Balado Enak untuk Berbagai Masakan

Tips yang perlu diperhatikan

tips
Serba Sambal Sedap

Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan agar sambal yang dibuat dapat menghasilkan rasa yang super nikmat lagi:

  • Usahakan menggunakan cabai rawit domba yang masih segar. Karena cabai rawit domba dapat memberikan rasa pedas yang lebih nikmat dibanding cabai rawit jenis lainnya.
  • Pada saat proses menggoreng bahan-bahan, Sedulur wajib membiarkan minyak hingga panas. Hal ini bertujuan agar semua bahan matang dengan merata.
  • Usahakan menghaluskan sambal dengan menggunakan ulekan, karena akan lebih mengeluarkan rasa yang nikmat dibandingkan dengan menggunakan blender atau food processor

Itu tadi resep dan cara membuat sambal luat khas NTT yang biasa disajikan bersama dengan Sei Sapi. Sedulur yang menyukai rasa pedas dan menyukai daging sapi pasti akan cocok rasa sambal ini di lidah Sedulur. Dengan resep dan langkah di atas, sekarang Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah kapan pun Sedulur mau.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.