Ingin sehat sekaligus memperbaiki mood? Sedulur bisa coba mengkonsumsi probiotik, karena kandungannya dipercaya dapat memperbaiki suasana hati!

Pada dasarnya, probiotik adalah merupakan bakteri baik yang hidup dalam usus. Berdasarkan pembuktian yang telah dilakukan dalam berbagai penelitian ilmiah, probiotik terbukti sangat bermanfaat dan dapat memberikan efek besar pada kesehatan tubuh manusia.

Salah satu manfaat probiotik adalah untuk kesehatan usus yang lebih optimal. Bakteri probiotik yang baik dapat mencegah berbagai masalah yang terjadi pada usus, yang biasanya disebabkan oleh beberapa bakteri jahat. Seperti alergi, gangguan autoimun, bahkan hingga gangguan kecemasan dan depresi.

Oleh karena itu, banyak produsen obat yang membuat suplemen probiotik dan menjualnya agar dapat memberikan mekanisme kerja probiotik yang dapat memperbaiki kerja usus dan membuat tubuh lebih sehat dan mood menjadi lebih baik lagi. Selain bisa meminum suplemen probiotik untuk dewasa, terdapat beberapa makan dengan kandungan probiotik yang bagus.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa makanan yang mengandung probiotik yang dapat memberikan efek positif pada kesehatan dan mood Sedulur. Yuk mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

Daftar Makanan yang mengandung Probiotik untuk Mood yang Baik

1. Kimchi

1. Kimchi
cooking.nytimes.com

Jika harga probiotik terlalu mahal, Sedulur bisa mencoba kimchi sebagai alternatif. Terdapat beberapa macam macam probiotik, bukan hanya suplemen saja. Kimchi yang merupakan makan fermentasi dari Korea ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan dapat mengatur keseimbangan mikroflora yang ada dalam usus.

Selain itu, makanan ini juga dapat mengurangi masalah perut seperti diare dan sembelit, serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bukan hanya itu, mood Sedulur juga akan segera membaik dan menghilangkan kecemasan atau stress yang sedang menimpa.

2. Yogurt

2. Yogurt
archanaskitchen.com

Yogurt memang sudah terkenal sebagai minuman dan makanan yang mengandung probiotik tinggi. Walaupun sudah sangat dikenal, namun yogurt masih belum populer sebagai makanan untuk sarapan bagi. Padahal kandungan lactobacillus bulgaricus dalam yogurt yang mampu menghasilkan asam laktat dapat membantu melawan bakteri buruk.

Jika Sedulur dapat membeli yogurt Yunani, disarankan untuk mengkonsumsinya karena mengandung lebih sedikit gula dan sodium, serta mengandung lebih banyak protein ketimbang jenis yogurt lainnya.

3. Asinan Kubis

3. Asinan Kubis
belajarsampaimati.com

Selanjutnya adalah asinan kubis. Sebuah makanan hasil fermentasi asam laktat, sebuah proses dimana bakteri mengubah gula menjadi asam laktat. Agar mendapatkan usus yang sehat dan juga mood yang terjaga, Sedulur dapat mengkonsumsi asinan kubis. Satu cangkir asinan kubis dapat menyediakan sekitar 30 kalori yang merupakan sumber vitamin A, C, dan K yang sangat baik.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tentang Manfaat Infused Water

4. Acar

4. Acar
womantalk.com

Masyarakat Indonesia pasti sangat akrab dengan acar, sebuah sayuran yang segar dengan sedikit rasa asam yang biasa dijumpai di beberapa menu makanan, seperti nasi goreng atau sate. Acar selain baik untuk tubuh dan juga untuk kesehatan usus, acar juga mengandung rendah lemak dan kalori, dan kaya akan serat dan vitamin A dan K.

Namun, walaupun baik, tetap disarankan mengkonsumsi acar sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Karena jika mengkonsumsi acar secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang buruk, karena acar mengandung natrium yang tinggi.

5. Kombucha

5. Kombucha
winnetnews.com

Selanjutnya merupakan minuman yang kaya akan probiotik, yaitu kombucha. Jenis teh yang mengandung soda dan sedikit asam ini juga mengandung vitamin B yang dapat membantu menopang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, setiap tegukan kombucha juga dapat memberikan ketenangan dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan santai. Bagi Sedulur yang sedang stress karena beban kerja, dapat kembali menenangkan diri dengan mengkonsumsi kombucha di tengah waktu istirahat.

6. Tempe

6. Tempe
indonesia.go.id

Salah satu makanan khas Indonesia yang merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai adalah tempat. Makanan satu ini mengandung sejumlah manfaat yaitu dapat membantu membangun dan memperbaiki otot juga sekaligus dapat membuat tubuh merasa lebih kenyang.

Selain itu, tempe juga bisa menjadi pengganti daging yang cocok untuk berbagai macam hidangan. Hal tersebut sangat berguna, terutama bagi para vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging. Jika disajikan dalam sebuah menu yang dicampur dengan sayuran, tempe dapat memberikan lebih banyak manfaat lagi.

7. Miso

7. Miso
delish.com

Selanjutnya, makanan  yang mengandung probiotik adalah miso. Sebuah pasta yang terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan. Makanan ini juga biasa digunakan seabgai bahan utama dalam membuat sop miso. Selain sehat untuk kesehatan usus dan dapat memperbaiki mood, miso juga mengandung banyak mineral dan antioksidan yang baik. Seperti tembaga, mangan dan seng.

Selain itu, miso juga mengandung fitonutrien dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

8. Kefir

8. Kefir
vradiofm.com

Kefir merupakan minuman yang mengandung probiotik yang terbuat dari susu yang telah difermentasikan. Minuman ini merupakan sumber kalsium dan protein, selain baik bagi kesehatan usus dan untuk memperbaiki mood, kefir juga baik untuk pertumbuhan tulang dan otot. Selain itu, kandungan protein yang tinggi juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, hal tersebut sangat membantu Sedulur yang sedang diet.

9. Keju

9. Keju
kompas.com

Terdapat beberapa keju yang baik untuk kesehatan usus dan dapat memperbaiki mood dan suasana hati. Kendati semua keju merupakan sebuah hasil dari fermentasi, namun tidak semua keju mengandung probiotik. Terdapat beberapa jenis keju saja. Seperti keju mozzarella, keju cheddar dan keju cottage.

10. Suplemen

10. Suplemen
kumparan.com

Cara mudah untuk mendapatkan beberapa asupan gizi dan nutrisi yang penting adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Namun, tidak semua orang sanggup membeli suplemen, makan dari itu alternatifnya adalah beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan yang hampir sama dengan suplemen. Suplemen juga bukan hanya dapat menjaga kesehatan, namun juga dapat menunjang berbagai kegiatan dengan tetap menjadi tubuh lebih sehat dan tetap fit lagi.

Melihat beberapa makanan yang mengandung probiotik dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan usus dan juga memperbaiki mood dan suasana hati, apa saja manfaat lainnya yang bisa diberikan? Berikut daftar manfaat lainnya:

  • Diare
  • Sindrom iritasi usus
  • Kolitis ulseratif
  • Penyakit Crohn
  • Infeksi saluran kemih
  • Kambuhnya kanker kandung kemih
  • Infeksi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh Clostridium difficile
  • Pouchitis (kemungkinan efek samping dari pembedahan yang mengangkat usus besar)
  • Eksim pada anak-anak

Selain untuk kesehatan usus, manfaat di atas juga bisa Sedulur rasakan jika rajin dan secara teratur mengkonsumsi daftar makanan yang telah dijelaskan di atas. Sedulur juga bisa membuat beberapa makanan yang dijelaskan di atas, atau bisa membelinya langsung.

Jika ingin untuk, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Melalui Super Eats dari Aplikasi Super, Sedulur bisa belanja berbagai kebutuhan sehari-hari dengan cara yang super mudah dan mendapatkan harga yang murah. Sedulur bisa klik di sini untuk cek langsung daftar barang yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, bagi yang ingin mencobanya melalui aplikasi di smartphone. Selamat mencoba!