tumis buncis telur

Bulan Ramadhan akan datang sebentar lagi. Selain mempersiapkan fisik untuk melakukan ibadah puasa, Sedulur juga perlu mempelajari beberapa resep untuk menyajikan menu buka puasa yang nikmat. Salah satu yang bisa Sedulur coba adalah tumis buncis telur.

Meskipun menu masakan simpel ini cukup mudah dibuat, namun rasanya tidak perlu diragukan lagi. Perpaduan gurihnya telur dan renyahnya buncis akan membuat lidah tidak akan berhenti mengunyah. Dengan menu lezat ini, agenda buka puasa akan menjadi momen menyenangkan dan membuat ibadah lainnya semakin bersemangat.

Tertarik mencoba tumis buncis telur untuk buka puasa nanti? Yuk, simak resepnya berikut ini!

BACA JUGA: Resep Ikan Baronang Bakar Kecap Untuk Buka Puasa

Kandungan tumis buncis telur

tumis buncis telur
Briliofood

Sebelum membuatnya, Sedulur perlu mengetahui apa saja kandungan tumis buncis telur yang akan disajikan kepada keluarga tercinta, bukan? Nah, berikut adalah informasi seputar kandungan nutrisi yang ada dalam masakan tersebut.

Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram buncis, ada sekitar 7 gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 2.35 gram protein, dan 47 mg kalsium. Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A ini juga memiliki kandungan gula alami yang cukup, yakni sekitar 3.53 gram.

Sementara itu, dalam setiap 100 gram telur goreng, ada sekitar 11.74 gram protein, 1.9 gram karbohidrat, 80 mg kalsium, dan 137 kcal energi. Lebih dari itu, telur juga kaya akan mineral penting, seperti potassium dan magnesium, serta vitamin seperti vitamin A,  vitamin B-6, dan vitamin D.

Agar lebih sehat, kamu bisa memilih minyak goreng dengan lemak tak jenuh seperti minyak canola atau minyak biji bunga matahari. Keduanya mengandung omega-6 dan omega-3 yang baik untuk tubuh sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.

Resep tumis buncis telur

tumis buncis telur
Endeus TV

Berikut adalah resep tumis buncis telur yang bisa Sedulur coba di rumah untuk menu buka puasa nanti.

Bahan-bahan untuk 3 porsi

  • 250 g buncis, siangi dan iris serong
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 3 buah cabai merah besar, buang biji dan iris tipis
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • Minyak sayur
  • 1 sdm kecap manis
  • 100 ml air

BACA JUGA: Resep Kue Nagasari Pisang Lembut, Legit dan Praktis

Cara membuat

  • Siapkan semua bahan-bahan sesuai resep di atas.
  • Panaskan minyak lalu tumis irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar sampai harum.
  • Masukkan telur dan masak dengan teknik orak arik. 
  • Tambahkan buncis dan air, lalu tumis kembali hingga buncis setengah layu.
  • Tuangkan kecap manis, kaldu bubuk, dan merica sambil diaduk rata.
  • Koreksi rasa dan tambahkan bumbu sesuai selera.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat. 

Tips membuat makanan rumahan yang Lezat

tumis buncis telur
Asahid Tehyung

Menu di atas termasuk makanan rumahan yang mudah dibuat. Meskipun begitu, Sedulur bisa membuatnya menjadi makanan rumahan yang lezat dengan memerhatikan beberapa tips berikut ini. Mulai dari bahan yang dipilih, kesegaran bahan, hingga penggunaan bumbu.

Pada menu ini, bahan makanan yang dipilih adalah buncis dan telur. Keduanya merupakan bahan makanan bergizi tinggi yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, perpaduan buncis dan telur juga akan menghasilkan masakan yang lezat.

Selain bahan yang dipilih, kesegaran bahan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, pilih buncis dan telur yang berkualitas baik dari segi tampilan. Untuk buncis, pilih yang sempurna tanpa lubang bekas gigitan ulat. Selain itu, jangan terlalu lama menyimpan buncis di kulkas karena akan membuatnya layu dan mengandung banyak air.  

Sementara pada telur, jangan simpan pada bagian freezer. Letakkan saja pada bagian bawah kulkas bersama sayur mayur lainnya. Hindari menyimpan telur di pintu kulkas karena pintu yang terbuka dan tertutup akan membuat suhu berubah drastis dan memengaruhi kondisi telur.  

Selain itu, agar rasanya semakin lezat, jangan sampai pelit dengan bumbu yang digunakan. Selain bumbu dapur asli, Sedulur juga bisa menyempurnakan rasanya dengan bumbu siap pakai, seperti kaldu bubuk atau penyedap rasa.  

BACA JUGA: Resep Kalio Daging Sapi yang Empuk, Enak dan Mudah

Tumis buncis telur untuk menu buka puasa

Masak Apa Hari Ini

Menu tumis buncis dengan telur ini tentunya sangat cocok untuk menu buka puasa. Selain rasanya yang segar dan gurih, tampilan warna yang cerah juga akan menggugah selera makan setelah seharian menahan lapar. Cobain, yuk!

Nah, itu dia resep tumis buncis telur yang enak dan cocok dijadikan pelengkap buka puasa. Selain memiliki rasa yang lezat, cara membuatnya yang sangat simpel juga membuat menu ini disukai banyak ibu rumah tangga untuk diberikan kepada keluarganya. 

Bila Sedulur juga tertarik membuatnya, segera beli bahan-bahan sesuai resep di atas melalui Aplikasi Super, ya! Disini, Sedulur akan mendapatkan bumbu dapur terlengkap dan termurah dengan proses pemesanan yang sangat praktis dan cepat.

Lebih dari itu, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai cashback dan diskon menarik dalam setiap transaksi. Tunggu apalagi? Yuk, belanja kebutuhan memasak dan bumbu dapurmu di Aplikasi Super. Download aplikasinya di Google PlayStore, ya!