keripik wortel

Salah satu alternatif camilan yang sehat adalah keripik wortel. Sedulur bisa membuatnya sendiri dengan menyimak ulasan tentang cara membuat keripik wortel berikut. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep keripik wortel yang bisa Sedulur buat sendiri. Langkah dan cara pembuatan  keripik wortel sangat mudah dan super praktis, lho! Mulai dari langkah cara buat keripik hingga bahan yang dibutuhkan hingga bumbu yang disediakan pun tidak sulit didapat.

Terdapat beberapa olahan makanan dari wortel yang bisa menjadi pilihan Sedulur, mulai dari sayur wortel, tumis wortel, hingga membuat jus wortel. Namun, kali ini kita akan membahas resep wortel yang sedikit berbeda. Salah satu resep aneka keripik sayuran ini bisa menjadi pilihan yang cocok bagi Sedulur yang tidak terlalu doyan makan sayur. Yuk, kita langsung  simak pembahasannya!

-->

BACA JUGA: Resep Cumi Asin Cabe Ijo Pedas, Enak dan Bikin Nagih!

Cara Mudah Membuat Keripik Wortel, Super Praktis!

Depositphotos

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Sedulur lakukan untuk membuat keripik wortel yang lezat.

1. Bahan yang Dibutuhkan

Depositphotos

Untuk membuat keripik wortel, bahan yang Sedulur butuhkan adalah:

  • Minyak goreng secukupnya
  • 50 gram wortel, parut halus
  • 50 gram tepung sagu
  • 250 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung beras
  • 100 gram wortel, direbus lalu tiriskan,kemudian blender halus
  • 100 gram keju cheddar, diparut
  • ½ sdt kaldu jamur bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • 1 sdt garam dapur
  • 1 butir telur ayam

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Kue Bawang, Gurih, Enak dan Bikin Nagih

2. Membersihkan Wortel

Depositphotos

Langkah selanjutnya dalam membuat olahan wortel satu ini adalah dengan membersihkan wortel dari kulitnya. Bersihkan wortel dan pastikan semua kotoran yang menempel pada kulit telah hilang dan wortel pun telah bersih. Jangan lupa juga untuk menghaluskan wortel dengan cara diparut hingga benar-benar lembut. Sisihkan parutan wortel terlebih dahulu.

BACA JUGA: 12 Resep Nasi Goreng Kunyit, Unik dan Menggugah Selera

3. Buat Adonan Keripik Wortel

keripik wortel
Depositphotos

Langkah selanjutnya dalam membuat keripik wortel adalah dengan membuat adonan keripik. Campurkan tepung terigu, tepung beras, tepung sagu dalam satu wadah lalu ayak secara bersamaan hingga benar-benar halus dan lembut. Lalu masukkan wortel yang telah dihaluskan, telur ayam, baking powder, garam, keju yang telah diparut dan aduk hingga adonan menggumpal.

BACA JUGA: 12 Resep Nasi Goreng Kunyit, Unik dan Menggugah Selera

4. Giling Adonan dan Cetak

keripik wortel
Depositphotos

Selanjutnya, giling adonan hingga halus dan benar-benar licin. Jangan lupa juga untuk memastikan adonan digiling dengan ketebalan yang sesuai, jangan terlalu tebal agar dapat menghasilkan keripik wortel yang kriuk dan mudah kering saat digoreng nantinya. Selanjutnya potong-potong keripik menggunakan cetakan. Ukuran dan bentuk bisa sesuai selera Sedulur, bisa bulat atau kotak.

BACA JUGA: Resep Soto Banjar Asli Khas Kalimantan Gurihnya Khas!

5. Goreng Keripik Wortel

keripik wortel
Depositphotos

Langkah terakhir adalah menggoreng keripik wortel. Sedulur siapkan kompor dan minyak yang agak banyak dalam wajan. Panaskan terlebih dahulu minyak, lalu masukkan adonan  keripik wortel yang telah dicetak. Jangan lupa untuk membolak-balik keripik dan kontrol agar keripik tidak gosong. Setelah kering dan matang, angkat keripik dan tiriskan. Keripik dari bahan dasar wortel pun siap disajikan.

Karena bahannya yang terbuat dari wortel yang merupakan salah satu jenis sayuran, keripik satu ini merupakan salah satu jenis keripik yang sangat aman dan menyehatkan untuk dikonsumsi. Terutama di tengah musim hujan saat ini yang seringkali membuat kita ingin sering ngemil sambil menikmati hujan.

Manfaat wortel juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi untuk kesehatan mata dan kesehatan kulit. Bukan hanya dijadikan sebagai keripik, banyak menu olahan makanan dan minuman yang bisa Sedulur buat. Bisa dibuat menjadi sayuran atau bahkan menjadi minuman.

Satu hal yang penting, Sedulur harus menyediakan wortel sebagai stok agar bisa membuat aneka olahan makanan yang menyehatkan. Salah satu cara mudah mendapatkan wortel yang berkualitas dengan harga yang super murah, adalah dengan membelinya di Aplikasi Super.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Membuat Kulit Lumpia Anti Sobek!

Beli Kebutuhan Dapur di Aplikasi Super

Depositphotos

Bagaimana Sedulur? Sudah siap untuk berkreasi di dapur membuat keripik sayuran ini? Keripik tersebut bisa menjadi salah satu solusi alternatif bagi Sedulur yang kurang doyan makan sayur. Anggap saja seperti makan sayur, tetapi rasanya gurih dan super renyah. Unik banget, kan?

Jangan lupa, pastikan memilih bahan-bahan dapur berkualitas untuk membuat keripik wortel tersebut, ya! Dan tentu saja, kalau mau kebutuhan dapur yang berkualitas ya pastinya ada di Aplikasi Super!

Mulai dari bumbu instan, garam, gula, penyedap rasa, bahkan beraneka macam produk sembako. Barangnya komplit, tinggal pesan dan bayar, dikirim sampai pintu depan rumah! Ssst! Pasti gratis ongkir, loh!

Nggak percaya? Langsung unduh Aplikasi Super melalui Google Play Store dan buktikan sendiri! Aplikasi Super, super murahnya, super hematnya!