Walaupun sama-sama tepung, ternyata tepung serbaguna dan tepung terigu itu berbeda, lho! Yuk, simak perbedaannya di bawah ini.

Tepung serbaguna memang memiliki fungsi yang beragam, lebih cocok digunakan untuk berbagai olahan makanan. Mulai dari makanan manis, hingga makanan asin. Berbeda dengan tepung terigu yang hanya cocok untuk beberapa makanan saja.

Superapp.id dalam kesempatan ini akan membahas perbedaan tepung terigu dan tepung serbaguna yang mungkin belum banyak diketahui karena menganggap kedua jenis tepung tersebut sama. Paling dasar, perbedaan tepung terigu dan tepung serbaguna adalah dari kandungan kalorinya.

Tepung terigu serbaguna biasanya merupakan tepung protein rendah, dari berbagai merk tepung terigu serbaguna semuanya memiliki protein rendah. Sedangkan tepung terigu merupakan tepung tinggi protein. Baik merek tepung terigu protein sedang dan merk tepung protein tinggi, keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

-->

Yuk, mari kita langsung simak saja pembahasan dari perbedaan tepung terigu dan tepung serbaguna yang dimaksud.

Baca Juga: Harga Tepung Terigu 1 kg Murah dan Terbaru 2020

Tepung Serbaguna Mengandung Protein Sedang

Sumber: resepkoki.id

Tepung serbaguna merupakan tepung terigu yang mengandung protein rendah. Tepung terigu adalah bubuk dari gandum yang biasanya mengandung beberapa jenis protein, ada yang tepung tinggi protein dan yang protein rendah. Sedangkan tepung serbaguna merupakan tepung terigu yang memiliki kandungan protein sedang.

Oleh karena itu, tepung serbaguna cocok untuk digunakan menjadi berbagai olahan makanan. Seperti kue kering, muffin, kulit lumpia, kulit kue pai, hingga menghasilkan makanan lainnya. Karena mengandung nilai yang sangat praktis, masyarakat lebih banyak memilih tepung serbaguna untuk setiap olahan masakannya.

Umumnya, tepung serbaguna biasana digunakan sebagai pengganti tepung dari merek tepung terigu protein tinggi, walaupun tekstur yang dihasilkan agak sedikit berbeda. Hal tersebut jelas, karena kandungan proteinnya pun berbeda. Kandungan dari tepung serbaguna sudah distandarisasi selama proses pembuatannya menjadi 9 hingga 11 persen.

Tepung Terigu Mengandung Protein Tinggi Baik Untuk Membuat Roti

Tepung Terigu Mengandung Protein Tinggi Baik Untuk Membuat Roti
Sumber: jo2sar.ir

Keunggulan dari tepung terigu protein tinggi adalah sangat baik digunakan untuk membuat roti. Karena teksturnya akan sangat bagus ketika matang menjadi roti. Tepung protein tinggi biasanya mengandung sekitar 11-13 persen protein. Kebanyakn pembuat roti menggunakan tepung terigu protein tinggi, karena dibutuhkan banyak gluten dalam roti dan hal tersebut didapatkan dari tepung terigu berprotein tinggi.

Gluten merupakan helaian benang yang memberikan adonan roti kelenturan dan menjadi elasting saat diolah. Hal tersebut juga dapat membuat roti yang dipanggang menjadi memiliki tekstur yang lembut dan memiliki karakteristik yang lunak ketika dikunyah.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka dan Maizena yang Wajib Sedulur Ketahui

Terdapat Juga Tepung Terigu Berprotein Rendah

Terdapat Juga Tepung Terigu Berprotein Rendah
Sumber: njajan.com

Jika tepung terigu serbaguna mengandung protein sedang yang cocok untuk semua jenis makanan yang pada akhirnya membuat tepung jenis ini disebut sebagai tepung terigu serbaguna, sementara itu tepung terigu berprotein rendah hanya cocok untuk beberapa jenis makanan saja.

Tepung terigu berprotein rendang mengandung sekitar 9 persen protein bahkan lebih rendah dari itu. Makanan seperti kue kering, dan kue-kue lain yang rendah sangat cocok menggunakan tepung terigu berprotein rendah. Karena tepung terigu protein rendah dapat memberikan tekstur yang renyah dan kriuk.

Penjelasan terkait tepung terigu dan tepung terigu serbaguna ini baru merupakan satu jenis tepung terigu saja. Karena kita mengenal jenis tepung lainnya, seperti tepung maizena, tepung tapioka dan tepung lainnya. Perbedaan mendasar dari jenis tepung yang kita kenal berasal dari bahan pembuatannya.

Hal mendasar yang membedakan ketiga jenis tepung di atas adalah bahan pembuatannya. Tepung terigu terbuat dari biji gandum yang digiling halus hingga menjadi tepung. Sedangkan tepung tapioka terbuat dari bahan singkong yang melalui proses sama, yaitu digiling hingga halus sampai menjadi tepung. Tepung tapioka juga dikenal dengan nama tepung kanji, atau di daerah Jawa Barat tepung tapioka bernama aci. Sedangkan tepung maizena terbuat dari sari pati jagung.

Beli Tepung Terigu di Aplikasi Super

Beli Tepung Terigu di Aplikasi Super
Sumber: superapp.id

Seperti yang Sedulur Super ketahui, bahwa tepung terigu merupakan salah satu sembako super yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Hal tersebut karena, terigu bisa dikatakan sebagai alternatif pengganti nasi. Seperti mie dan gorengan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ketika tidak memakan nasi.

Setelah mengetahui perbedaan tepung terigu biasa dan tepung terigu serbaguna, tentu saja Sedulur wajib mengetahui tempat membeli tepung terigu yang murah. Sedulur bisa beli tepung terigu di Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan agen penyalur sembako dan kebutuhan sehari-hari masyarakat, menawarkan barang dengan harga super murah dengan kualitas tinggi.

Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Karena terdapat juga beberapa program menarik Aplikasi Super yang bisa memberikan Sedulur keuntungan. Semoga penjelasan mengenai perbedaan tepung serbaguna dan tepung terigu pada umumnya bisa menambah wawasan Sedulur terkait sembako yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.