Ingin merasakan wisata kuliner yang berbeda? Yuk, kunjungi Tomboan Ngawonggo untuk merasakan wisata kuliner Malang yang berbeda!

Wisata kuliner Malang satu ini terkenal sebagai tempat kuliner Kota Malang yang berbeda. Mulai dari konsep, makanan dan segala macamnya akan memberikan suatu kesan yang berbeda. Banyak sekali objek wisata kuliner di Malang yang bisa Sedulur kunjungi, mulai dari tempat kuliner di Malang, kuliner khas Malang, kuliner terkenal di Malang dan beberapa tempat wisata kuliner di Malang lainnya yang sudah terkenal.

Namun tempat wisata kuliner Malang satu ini berbeda. Superapp.id akan menjelaskan beberapa fakta terkait tempat makanan enak di Malang satu ini, yang bernama Tomboan Ngawonggo, sebuah surga kuliner enak di Malang. Yuk, mari kita langsung simak saja informasi dan fakta seputar rekomendasi kuliner Malang satu ini.

Baca Juga: 20+ Hotel di Malang yang Murah, Unik & Instagramable

-->

Tomboan Ngawonggo Sebuah Tempat Kuliner yang Berbeda

Tomboan Ngawonggo Sebuah Tempat Kuliner yang Berbeda
Sumber: persmacanopy.com

Setiap orang berbeda-beda, termasuk dalam hal makanan. Baik itu kesukaan terhadap jenis makanan, ataupun sensasi yang dicari saat makan. Baik itu rasa dari makanan, atau suasana saat menikmati makanan. Banyak yang merasakan sensasi makan yang nikmat dan berbeda, dengan suasana yang indah dan asri.

Tomboan Ngawonggo merupakan sebuah tempat kuliner yang menyuguhkan sebuah konsep yang berbeda, dari mulai konsep tradisional ala pedesaan yang diusung, hingga jenis masakan khas dengan rasa, bentuk dan cara pembuatannya yang berbeda.

Letak Tomboan Ngawonggo

Letak Tomboan Ngawonggo
Sumber: twitter.com

Kawasan wisata ini terletak di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Malang terkenal dengan kawasan sejuk dengan pemandangan kota yang indah dan bersih. Tata letak kota Malang juga sangat enak bagi Sedulur yang menginginkan wisata kota.

Bagi para pecinta bangunan tua dan bangunan cagar budaya yang berasal dari masa penjajahan Belanda, Sedulur pasti sangat betah berada di Malang. Malang merupakan salah satu kota penting pada masa penjajahan Belanda.

Banyak bangunan tua dengan arsitektur khas Belanda yang dibangun di Malang. Pemerintah kolonial Belanda, banyak membangun gedung-gedung pemerintah di Malang, karena kedudukan kota Malang itu sendiri. Dari kedudukan kota Malang tersebut, maka tidak heran banyak hal yang istimewa di Malang, termasuk kulinernya.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Malang Legendaris, Enak dan Bikin Nagih

Arti Nama Tomboan Ngawonggo

Arti Nama Tomboan Ngawonggo
Sumber: rri.com

Tempat wisata kuliner Malang satu ini memiliki arti dari namanya. Seperti yang Sedulur ketahui, setiap nama pasti memiliki sejarah dan arti yang sangat bermakna di dalamnya. Tomboan itu memiliki arti tumbuh-tumbuhan. Hal ini merujuk pada banyaknya tumbuh-tumbuhan yang asri dan menyejukan yang ada di tempat ini. Sedangkan Ngawonggo merupakan nama desa dari tempat ini.

Namun berkaitan dengan nama desa Ngawonggo, terdapat beberapa versi tentang asal-usul nama desa tersebut. Versi pertama merujuk pada situs peninggalan masa kerajaan yang dipimpin oleh raja Airlangga. Terdapat sebuah bangunan yang bernama ‘Kaswangga’ yang diduga menjadi cikal bakal naman ‘Ngawonggo’.

Versi lain menyatakan bahwa desa Ngawonggo merupakan sebuah desa yang berada di ketinggian. Sebuah desa yang berada di atas awan dalam sebutan masyarakat dulu. Awang-awang merupakan istilah untuk tempat yang berada di ketinggian, nama ‘Ngawonggo’ berasal dari akar kata awang-awang tersebut.

Seberapa banyak versi sejarah nama desa tersebut, satu fakta penting tidak bisa dihindari, bawah Tomboan Ngawonggo merupakan tempat wisata kuliner Malang yang wajib dikunjungi, sebuah tempat wisata kuliner Malang yang menyuguhkan pemandangan indah dan kuliner yang nikmat.

Rute Menuju Kawasan Tomboan Ngawonggo

Rute Menuju Kawasan Tomboan Ngawonggo
Sumber: sekilasmalang.com

Bagi Sedulur yang telah memutuskan untuk berkunjung ke Kota Malang untuk berlibur, dan memutuskan untuk mampir ke Tomboan Ngawonggo, Sedulur bisa mengambil jalan ke ara Kantor Terpadu Malang dari arah Kota Malang. Begitu tiba di Pertigaan Kantor Terpadu Malang, Sedulur akan menemukan papan petunjuk arah menuju Kecamatan Tajinan.

Jika ingin cara lebih mudah, di zaman serba digital seperti saat ini, Sedulur tinggal setting Google Maps langsung ke arah Tomboan Ngawonggo dan akan tiba di tempat wisata kuliner Malang yang berbeda. Sedulur pun tinggal mengikuti petunjuk arah dari Google Maps. Namun, bagi Sedulur yang tidak membawa kendaraan pribadi, Superapp.id akan membahas cara menju Tomboan Ngawonggo dengan kendaraan umum di bawah ini.

Kendaraan Umum Menuju Tomboan Ngawonggo

Kendaraan Umum Menuju Tomboan Ngawonggo
Sumber: otomotif.kompas.com

Bagi Sedulur yang menggunakan kereta api, dari stasiun Malan Kotabaru, Sedulur bisa menggunakan kendaraan menuju Kota Batu. Dari Kota Batu banyak kendaraan umum menuju ke daerah Tomboan Ngawonggo.

Atau bagi Sedulur yang menggunakan bus kota, Sedulur hanya perlu tiba di Terminal Hamid Rusdi Kota Malang. Terminal utama yang besar ini memiliki banyak kendaraan umum yang bisa Sedulur naiki untuk sampai di Kecamatan Tajinan, tempat Tomboan Ngawonggo berada.

Terdaoat beberapa fakta terkait wisata kuliner Malang satu ini, beberapa fakta ini merupakan sebuah informasi yang wajib Sedulur ketahui sebelum berkunjungi ke tempat wisata kuliner Malang ini. Seperti apa saja faktanya? Yuk, mari langsung kita simak ulasannya.

Fakta Seputar Tomboan Ngawonggo Sebagai Tempat Wisata Kuliner Malang

1. Mengusung Konsep Tradisional

1.   Mengusung Konsep Tradisional
Sumber: kumparan.com

Sebagai sebuah kota yang ramai dan maju di Jawa Timur, Malang merupakan sebuah kota yang penuh dengan hiruk pikuk perkotaan dan trend masyarakat urban. Cafe, mall, biskop dan tempat-tempat hiburan lainnya menjadi suguhan utama masyarakat malang untuk rekreasi.

Tomboan Ngawonggo merupakan tempat wisata kuliner Malang yang mengusung konsep tradisional. Baik itu makanan, dapur, cara memasak dan segala halnya yang masih erat dan kental dengan suasana desa dengan ciri khas tradisional.

Bagi masyarakat kota dan masyarakat urban, tempat dengan nuansa tradisional dan suasana pedesaan merupakan tempat hiburan tujuan utama untuk dikunjungi, karena dengan suasana yang diciptakan dapat menyegarkan pikiran dan terhindar dari stress.

2. Masih Menggunakan Dapur Tradisional

2.   Masih Menggunakan Dapur Tradisional
Sumber: kumparan.com

Dengan kemajuan teknologi saat ini, berbagai kemudahan bisa kita terima dan kita rasakan. Termasuk dalam cara memasak. Peralatan canggih untuk memasak pun tercipta dan menyingkirkan peralatan-peralatan memasak tradisional.

DI tempat wisata kuliner Malang ini, dapur dan segala perkakasnya masih sangat tradisional yang masih dilestarikan di beberapa desa. Tomboan Ngawanggo masih menggunakan perkakas dapur dan dapur tradisional, yang saat ini sudah mulai ditinggalkan.

3. Cara Masak Tradisional

3.   Cara Masak Tradisional
Sumber: kompasiana.com

Selain dapur dan perkakasnya, cara masak yang ada di tempat wisata kuliner Malang ini juga masih dilakukan secara tradisional. Kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dulu, memasak lebih kepada dibakar, direbus dan dikukus. Pengaruh dari kebudayaan luar mengenalkan menggoreng dengan minyak.

Oleh karena itu, kebiasaan makan masyarakat tradisional di Indonesia lebih menyehatkan. Tidak heran masyarakat zaman dulu memiliki fisik yang kuat dan memiliki usia yang cukup lama. Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh cara masak tradisional yang lebih menyehatkan.

4. Banyak Makanan Vegan dan Minuman Tradisional

4.   Banyak Makanan Vegan dan Minuman Tradisional
Sumber: rri.com

Dari cara masak tradisional tersebut,makanan vegan dan minuman tradisional sudah pasti tersedia lengkap di tempat wisata kuliner Malang ini. Salah satu makanan favorit di tempat wisata kuliner Malang ini adalah sate tahu dengan minuman tradisional seperti wedang rosella, tomboan ijo, ngawonggo dan lainnya.

Yang dibuat menggunakan bahan herbal dan alami yang dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh dan kesehatan tubuh Sedulur. Selain menyenangkan, menyegarkan, Sedulur juga bisa menjadi sehat secara otomatis dengan berkunjung ke tempat wisata kuliner Malang ini.

Banyak tempat wisata kuliner Malang yang bisa Sedulur kunjungi, namun Tomboan Ngawonggo adalah tempat wajib bagi Sedulur yang ingin merasakan sesuatu hal yang berbeda dan menyenangkan. Menikmati liburan dan sekaligus menyehatkan tubuh.

5. Bayar Seikhlasnya

5.   Bayar Seikhlasnya
Sumber: sekilasmalang.com

Salah satu keunggulan, keunikan dan sekaligus kelebihan tempat wisata kuliner Malang satu ini adalah metode pembayarannya. Sedulur bisa membayar seikhlasnya setelah menikmati berbagai makanan sehat yang ada di tempat wisata kuliner Malang ini.

Mungkin Sedulur akan kaget, tapi tempat ini seakan ingin memberikan kesan yang kekeluargaan ala pedesaan. Di desa, orang asing sekalipun akan dijamu dengan sangat mewah dengan berbagai makanan yang disediakan oleh tuan rumah. Sepertinya hal tersebut yang ingin disampaikan oleh tempa wisata kuliner ini dengan membiarkan setiap pengunjungnya untuk membayar seikhlasnya. Agar suasana silaturahmi ala desa bisa dirasakan.

Semoga informasi dan fakta seputan Tomboan Ngawonggo di atas bisa menambah pengetahuan bagi Sedulur Super. Sedulur juga jangan pula untuk menikmati pesona wisata alam yang terdapat melimpah di Malang, dengan sejuta rasa kuliner yang mengesankan.

Selain itu, selama berada di Malang, alangkah lebih baik jika Sedulur bersedia menggunakan Aplikasi Super untuk memenuhi setiap kebutuhan Sedulur.

Malang merupakan salah satu kota dimana Aplikasi Super beroperasi. Segala kebutuhan Sedulur akan semakin mudah untuk terpenuhi dengan menggunakan Aplikasi Super, terlebih Sedulur berkemungkinan mendapatkan keuntungan ketika menggunakan Aplikasi Super.

Menggunakan Aplikasi Super akan memudahkan hidup Sedulur dan juga memberikan keuntungan bagi Sedulur. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa fitur yang menguntungkan dari Aplikasi Super.

Memiliki beberapa fitur dan program yang menguntungkan masyarakat merupakan salah satu kelebihan Aplikasi Super. Program bagi pengusaha toko kelontong seperti Super Center dan juga Super Agen bagi setiap Sedulur Super yang ingin menjalankan usaha di bidang sembako.

Beberapa fitur menarik juga dimiliki oleh Aplikasi Super untuk lebih memudahkan Sedulur Super belanja sembako di Aplikasi Super. Aplikasi Super telah membuat kategori sembako berdasarkan kebutuhannya.

Selain itu terdapat juga fitur Super Kas yang semakin memudahkan setiap Sedulur untuk belanja menggunakan Aplikasi Super. Super Kas merupakan uang digital dari Aplikasi Super yang bisa digunakan untuk belanja setiap keperluan.

Baik itu belanja sembako, atau juga membayar setiap tagihan digital yang harus dibayar setiap bulannya. Hal tersebut menunjukan bahwa Aplikasi Super mempertimbangkan kenyamanan setiap Sedulur saat menggunakan Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur yang penasaran dan ingin mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, jangan lupa download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super mulai dari saat ini juga!