Pancasila merupakan pilar ideologis bangsa Indonesia. Dilihat dari asal katanya, Pancasila terdiri dari sua sulua kata, yaitu panca dan sila. Panca berarti lima, sedangkan sila memiliki arti dasar. Sedulur tentu sudah mengetahui lambang sila ke-3 adalah pohon beringin yang sangat besar. 

Lambang sila ke-3 pohon beringin ini terletak di bagian atas sebelah kiri dari gambar bintang. Pohon beringin ini dijadikan sebagai dasar persatuan Pancasila. Berikut penjelasan mengenai makna pohon beringin dalam sila ketiga yang perlu Sedulur pahami. 

BACA JUGA : Anggota Panitia 9 Beserta Tugasnya dalam BPUPKI

Lambang sila ke-3 pancasila adalah

lambang sila ke-3
iStock

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lambang sila ke-3 adalah pohon beringin artinya melambangkan persatuan Indonesia.

1. Pohon Beringin besar

Dalam sila ke-3 pancasila, dilambangkan dengan pohon beringin yang besar. Arti lambang sila ke-3 ini adalah bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang besar, mempunyai keberagaman budaya yang indah. Tak hanya itu, pohon beringin juga biasa digunakan sebagai tempat berteduh. Sehingga Indonesia harus menjadi negara yang selalu menjadi tempat berteduh untuk rakyatnya. 

2. Akar tunggang

Akar pada pohon beringin besar memiliki makna bahwa bangsa Indonesia harus dapat saling bergandengan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Tujuannya adalah agar bangsa Indonesia ini dapat terus tumbuh menjadi bangsa yang lebih besar sehingga mampu bersaing dengan negara lain.

BACA JUGA : : Pengertian Westernisasi Beserta Faktor, Dampak & Contohnya

3. Akar yang menjalar

Tak hanya akar tunggang, lambang pohon beringin juga mempunyai akar yang menjalar. Yang mana makna dari akar menjalar ini adalah keberagaman bangsa Indonesia yang dapat memperkuat dan mempersatukan bangsa Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk memperkuat bangsa, maka kita harus selalu menjaga keberagaman dan selalu menjunjung rasa toleransi. 

4. Warna dasar putih

Keindahan pohon beringin dalam sila ketiga Pancasila tak lepas dari unsur warna putih di dalamnya. Seperti yang kita tahu bahwa warna putih adalah memiliki arti suci, murni dan jujur. 3 hal tersebut tentunya berhubungan dengan harapan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia berharap menjadi negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dalam segala aspek kehidupan. 

BACA JUGA : Mengenal Pengertian Romusha Beserta Tujuan dan Dampaknya

Makna sila ke-3 dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

Pikiran rakyat

Dalam sila ke-3 Pancasila tentunya mengandung nilai-nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja nilai dan makna tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Cinta tanah air

Makna dan nilai pertama yang dapat diambil dari sila ketiga ini adalah cinta tanah air. Dengan mencintai tanah air, maka kita akan dapat menjaga keberagaman atas dasar persatuan. Contoh nilai dari cinta tanah air adalah belajar dengan rajin agar dapat mengharumkan nama Indonesia.

2. Persatuan dan kesatuan

Seperti yang kita tahu bahwa bunyi dari sila ke-3 adalah “Persatuan Indonesia”. Maka dari itu, sila ke-3 mempunyai nilai dan makna persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan yang inilah tentunya sangatlah berperan penting dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Keutuhan bangsa Indonesia dapat memicu semangat untuk membuat negara Indonesia ke arah yang lebih baik dan lebih maju lagi. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah kegiatan gotong royong.

3. Rela berkorban

Nilai berikutnya yang terdapat di dalam sila ke-3 adalah rela berkorban terutama dalam membela tanah air. Rela berkorban merupakan salah satu cara bentuk dari sikap dan perilaku nasionalisme. Sikap nasionalisme merupakan salah bentuk individu untuk mencintai negaranya. Dari rasa cinta tanah air inilah akan terbangun keinginan untuk ikut serta dalam pembangunan negara Indonesia. Contoh dalam kehidudpan sehari-hari adalah selalu menjaga ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai makna dan nilai yang terkandung dalam sila ke-3 Pancasila. Pohon beringin yang besar dan meneduhkan melambangkan negara Indonesia yang besar yang diharapkan dapat meneduhkan rakyatnya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.