Belum banyak yang tahu, berikut ini manfaat rendaman air ketumbar untuk kesehatan tubuh kita semua!

Ketumbar merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sering digunakan dalam keperluan memasak. Dengan menggunakan ketumbar, rasa masakan pun jadi terasa lebih nikmat dengan aroma rempah yang khas.

Selain menambah cita rasa sedap pada masakan, ketumbar juga dikenal sebagai rempah dengan aroma yang menenangkan. Tak jarang juga biji ketumbar digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan aromaterapi. Ditambah lagi, bubuk dari biji ketumbar bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan jika dijadikan air rendaman.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan, terutama manfaat air ketumbar yang sering dijadikan rendaman. Bukan hanya sebagai bumbu dapur, ketumbar untuk kesehatan juga bisa Sedulur rasakan manfaatnya. Yuk, langsung saja simak ulasan dari daftar manfaat air rebusan biji ketumbar di bawah ini.

Baca Juga: Takjub! Ini Deretan Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan

Daftar Manfaat Rendaman Air Ketumbar Bagi Kesehatan

1. Mencegah Infeksi Bakteri

1.   Mencegah Infeksi Bakteri

Salah satu manfaat rendaman ketumbar yang akan sangat berguna untuk kesehatan tubuh Sedulur adalah dapat mencegah infeksi. Manfaat rendaman air ketumbar ternyata mampu mencegah tubuh terserang infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki senyawa antimikroba yang bisa membantu menangkal berbagai penyakit dan infeksi yang muncul akibat makanan tidak higienis.

Selain itu, dodecenal yang merupakan salah satu senyawa dalam ketumbar mampu mencegah bakteri salmonella yang bisa menyebabkan tifus akibat keracunan makanan.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

2.   Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan antioksidan yang ada pada ketumbar juga mampu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan fungsi dari antioksidan sendiri yang bisa membantu peregangan usus.  Bahkan manfaat rendaman air ketumbar ini juga bisa mengatasi iritasi pada usus yang menyebabkan perut kembung, diare

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kecantikan. Bikin Wajah Glowing!

3. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

3.   Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat rendaman air ketumbar selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Menurut penelitian, biji ketumbar mampu menurunkan kadar kolesterol atau diabetes. Hal ini disebabkan adanya senyawa-senyawa dalam ketumbar yang merangsang kelenjar endokrin.

Penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat biji ketumbar mampu mengurangi gula darah dengan mendukung aktivitas enzim yang membantu mengontrol gula dalam darah. Bahkan cara kerjanya mirip dengan proses yang ada pada obat penurun gula darah.

4. Mengobati Peradangan

4.   Mengobati Peradangan

Ada banyak bahan alami yang mampu mengatasi peradangan, salah satunya adalah ketumbar. Kandungan antioksidan dalam ketumbar sangat ampuh mengobati peradangan pada tubuh. Antioksidan yang ada pada ketumbar juga memperlambat pertumbuhan calon sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, paru-paru, hingga kanker usus. Manfaat rendaman air ketumbar mampu mencegah tubuh terkena berbagai penyakit.

5. Mengatasi Nyeri Sendi

5.   Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat rendaman air ketumbar selanjutnya adalah mengatasi nyeri sendi. Persendian merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan di usia tua. Namun hal ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi rendaman air ketumbar yang ternyata dapat mengurangi rasa nyeri dan pegal di bagian persendian. Hal ini dikarenakan adanya analgesik yang terdapat pada ketumbar. Selain itu, analgesik  juga bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi dan mampu meredakan penyakit hernia.

6. Mengatasi Ambeien

6.   Mengatasi Ambeien

Manfaat rendaman air ketumbar terakhir yang belum banyak diketahui adalah mengatasi ambeien. Selain bisa meredakan nyeri sendi dan nyeri gigi, sifat analgesik pada ketumbar juga ternyata mampu mengatasi ambeien atau wasir. Penyebab munculnya wasir umumnya disebabkan karena adanya konstipasi dan sembelit, kedua hal tersebut dapat dicegah menggunakan rendaman air ketumbar.

Semoga manfaat rendaman air ketumbar yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat bagi Sedulur Super sekalian. Jika Sedulur ingin membeli ketumbar halus untuk kebutuhan memasak, bisa langsung membelinya melalui Aplikasi Super. Lewat aplikasi sembako murah ini, Sedulur bisa belanja kebutuhan dapur lainnya dengan harga terjangkau.

Selain menyediakan berbagai kebutuhan sembako, Aplikasi Super juga menyediakan fitur pembayaran online untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pembayaran listrik pascabayar dan prabayar, pulsa internet, PDAM, dan BPJS Kesehatan.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum download aplikasinya, yuk langsung buka Play Store untuk mendownload Aplikasi Super. Segera dapatkan keuntungan yang melimpah dengan berbelanja di Aplikasi Super.