Santan kelapa tidak selamanya berbahaya, berikut daftar manfaat santan yang jarang diketahui

Setiap makanan yang menggunakan santan pasti memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Namun, biasanya kita sangat hati-hati saat mengkonsumsi makanan bersantan, karena takut memberikan dampak yang buruk bagi tubuh kita.

Namun, santan kelapa tidak selamanya buruk, terdapat beberapa manfaat santan kelapa. Manfaat tersebut tentu saja berasal dari kandungan santan kelapa itu sendiri.  Beberapa manfaat santan kelapa di antaranya yaitu manfaat santan kelapa untuk diet, manfaat santan kelapa untuk rambut, manfaat santan kelapa untuk wajah, manfaat santan kelapa untuk mata hingga manfaat santan kelapa untuk kesehatan secara keseluruhan.

Dalam artikel kali ini, Superapp.id akan membahas beberapa manfaat dari santan kelapa yang jarang diketahui, karena kita sibuk khawatir dengan dampak buruk yang ditimbulkan oleh santan kelapa. Yuk, mari, langsung saja kita simak daftar manfaat dari santan untuk tubuh kita.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Jantung & Otak

Daftar Manfaat dari Santan Kelapa untuk Tubuh Kita

1. Meningkatkan Imunitas

1. Meningkatkan Imunitas

Santan kelapa mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh, salah satunya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam laurat ini memiliki sifat ant inflamasi dan anti mikroba, hal tersebut dapat mencegah berbagai bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

Selain itu, sifat anti inflamasi juga dapat berfungsi untuk kesehatan otot dan sendi dari peradangan. Di tengah kondisi pandemi virus corona saat ini, sudah seharusnya kita lebih memperkuat imunitas tubuh, selama vaksin virus corona belum ditemukan.

2. Sumber Lemak Baik untuk Tubuh

2.   Sumber Lemak Baik untuk Tubuh

Perlu dicatat dan diakui, bahwa santan memiliki kandungan dengan tingkat lemak jenuh yang tinggi. Namun, perlu diingat juga bahwa jenis lemak yang terdapat dalam santan bukan termasuk jenis lemak yang berbahaya.

Hal tersebut karena lemak dalam santan murni merupakan trigliserida rantai pendek hingga sedang yang membentuk molekul sederhana yang sangat mudah larut dalam air. Kandungan asam laurat di dalam santan juga memiliki peran seperti ASI.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

3.   Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat dari santan yang jarang diketahui adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Santan dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL sebanyak 18 % secara ampuh. Hal tersebut dapat meningkatnya penjagaan terhadap kesehatan jantung.

Perlu dicatat, meningkatnya kadar kolesterol baik pada santan akan terjadi selama santan tidak diolah dan dipadukan dengan makanan yang mengandung lemak jahat. Oleh karena itu, sebaiknya padukan santan dengan berbagai jenis makanan yang menyehatkan seperti sayuran, tahu, tempe dan lainnya.

4. Mencegah Luka Pada Tukak Lambung

4.   Mencegah Luka Pada Tukak Lambung

Santan mengandung sifat antiulcerogenik, yaitu sifat yang dapat mencegah munculnya luka pada bagian tukak lambung. Bukan hanya mencegah luka, namun bagi yang terlanjur tukak lambungnya luka, sifat dalam santan tersebut dapat mengobatinya.

Lambung merupakan organ dalam yang penting untuk kesehatan tubuh, ketika terluka, tubuh akan mengalami gangguan dan mengalami sakit. Dengan manfaat dari santan, hal tersebut bisa kita cegah dan hindari.

Baca Juga: 20+ Manfaat Jahe untuk Menjaga Imunitas & Kesehatan Tubuh

5. Melancarkan Pencernaan

5.   Melancarkan Pencernaan

Jika Sedulur termasuk yang tidak toleran terhadap laktosa, mengkonsumsi santan kelapa bisa dilakukan sebagai alternatif. Karena santa dapat mencegah kondisi pencernaan menjadi buruk, bahkan santan dapat menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan dari santan dapat menumbuhkan mikrobiota baik dalam usus yang akan menjaga usus selalu sehat.

6. Menjaga Tekanan Darah

6.   Menjaga Tekanan Darah

Dalam larutan santan murni, terdapat banyak kandungan mineral yang baik. Kandungan mineral tersebut meliputi kalsium, kalium, zat besi hingga natrium. Kandungan-kandungan mineral tersebut sangat ampuh untuk menjaga tekanan darah.

Bagi Sedulur yang memiliki penyakit hipertensi, mengkonsumsi santan murni akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penyumbatan arteri di tubuh yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

7. Sebagai Anti Oksidan

7.   Sebagai Anti Oksidan

Santan kelapa juga memiliki kandungan anto oksidan yang dapat secara efektif mencegah efek dari radikal bebas. Hal ini akan menguntungkan Sedulur untuk beraktivitas di luar rumah. Terutama bagi daerah yang memiliki kandungan polusi dan radikal bebas yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Selain itu, di dalam kandungan santan juga terdapat asam yang dapat membasmi tiga organisme aterogenik utama. Organisme aterogenik merupakan penyebab utama munculnya plak atau penyumbatan pada arteri. Hal ini dapat membuat jantung Sedulur bermasalah.

8. Menjaga Nafsu Makan Secara Efektif

8.   Menjaga Nafsu Makan Secara Efektif

Kali ini merupakan manfaat santa untuk Sedulur yang tengah menjalankan diet. Dengan mengkonsumsi santan murni secara rutin dan dengan takaran yang sesuai, Sedulur dapat menurunkan nafsu makan secara efektif.

Hal ini tentu saja akan mendukung program diet yang tengah dilakukan. Selain itu kandungan lemak dalam santan yang bernama trigliserida rantai menengah juga dapat membantu secara efektif menurunkan nafsu makan. Diet pun berhasil tanpa kendala sama sekali.

9. Menurunkan Berat Badan

9.   Menurunkan Berat Badan

Jika nafsu makan berhasil turun secara efektif, maka tidak salah lagi berat badan pun akan turun secara drastis. Program diet pun tidak akan sia-sia dilakukan. Namun tentu saja Sedulur juga harus senantiasa mengontrol konsumsi santan murni.

Jangan sampai kebablasan dan tergiur akan efektivitasnya dalam menjaga nafsu makan dan menurunkan berat badan. Jika tidak, kondisi buruk akan Sedulur alami jika konsumsi terhadap apapun tidak dijaga dan kebablasan.

10. Asupan Vitamin dan Mineral

Bukan hanya kandungan mineral saja yang terdapat dalam santan dari kelapa, namun juga beberapa kandungan vitamin juga ada di dalam santan. Vitamin dan mineral merupakan kebutuhan tubuh agar dapat menjaga kesehatan tubuh. Berikut kandungan vitamin dan mineral dari santan akan disampaikan pada poin berikut ini:

  • Energi sebanyak 31 kkal,
  • Protein 0,21 gram,
  • Karbohidrat 2,92 gram,
  • Lemak 2,08 gram,
  • Gula 2,5 gram,
  • Vitamin A, C, B12, dan D,
  • Kalsium 188 mg,
  • Zat Besi 0,3 mg,
  • Potassium 19 mg,
  • Natrium 19 mg, dan lainnya.

Walaupun memiliki banyak manfaat, namun tetap dijaga asupan santan setiap harinya. Pelajari juga cara minum santan kelapa yang baik dan sesuai takaran. Jangan sampai manfaat baik yang seharusnya didapat, malah kondisi sebaliknya yang terjadi.

Jangan lupa juga untuk menyediakan santan untuk segala kebutuhan Sedulur dengan membelinya di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan berbagai kebutuhan secara lengkap  dan harga yang sangat murah.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari segala sesuatu tentang Aplikasi Super lebih jauh lagi. Download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum download Aplikasinya, segera gunakan Aplikasi Super mulai dari saat ini.