Simak daftar usaha pertanian di bawah ini yang bisa dijadikan rekomendasi bisnis untuk Sedulur.

Saat ini banyak usaha yang bisa kita tekuni, berbagai jenis usaha juga bisa dikreasikan dan dikembangkan agar lebih mudah dan lebih menghasilkan keuntungan yang tinggi. Salah satu jenis usaha yang bisa dikembangkan adalah usaha pertanian.

Dengan berkembangnya teknologi, usaha pertanian juga bisa lebih disederhanakan dan tidak mengurangi keuntungan yang didapat. Artikel kali ini akan membahas beberapa contoh usaha pertanian sebagai rekomendasi bisnis.

Jenis usaha pertanian merupakan jenis usaha yang menguntungkan dilakukan di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara tropis dan sekaligus negara agraris yang mengandalkan pertanian sebagai komoditi utama.

Hal tersebut juga sekaligus menunjukan bagaimana peluang usaha pertanian yang sangat menjanjikan di Indonesia. Yuk, langsung saja kita simak daftar usaha di bidang pertanian yang bisa Sedulur jadikan rekomendasi bisnis dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 6 Inspirasi Usaha Kuliner yang Laris Manis dan Menjanjikan

Daftar Usaha Pertanian yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

1. Tanaman Organik

Tanaman Organik

Sayuran yang berasal dari tanaman dan pengolahan secara organik saat ini banyak diincar oleh masyarakat. Terutama masyarakat yang telah sadar dan sedang menjalankan hidup sehat. Tanaman organik merupakan sayuran dan buah-buahan yang bebas pestisida.

Selain terbukti lebih sehat, tanaman organik juga terlihat lebih segar. Hal ini yang menjadikan tanamanan organik sebagai usaha pertanian yang menjanjikan. Dengan menjalankan usaha tanaman organik, Sedulur akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Selain itu, daya beli masyarakat terhadap hasil tanaman organik lebih tinggi. Karena tanaman organik memiliki harga yang lebih murah, hal tersebut dikarenakan dalam proses penanaman tanaman organik, tidak digunakan pestisida dan bahan kimia lainnya yang cenderung memiliki harga yang mahal.

2. Tanaman Herbal

Tanaman Herbal

Bisnis atau usaha pertanian selanjutnya adalah menjual tanaman herbal. Tanaman herbal dipercaya dapat memberikan kesehatan dan kebugaran untuk tubuh. Sayuran dan buah-buahan sudah dipastikan memiliki manfaat untuk tubuh.

Terutama tanaman herbal, yang bisa diolah sebagai obat-obatan alternatif dan menyehatkan. Sejak dari zaman dahulu, masyarakat di setiap peradaban di masa lalu menggunakan tanaman herbal sebagai bahan obat-obatan.

Bukan hanya obat-obatan, namun juga masyarakat zaman dahulu menggunakan tanaman herbal sebagai penghangat tubuh dan lainnya. Hal ini sekaligus bisa dijadikan ide, karena tanaman herbal telah terbukti khasiatnya.

3. Rempah-Rempah

Rempah-Rempah

Memiliki fungsi yang sama dengan tanaman herbal, untuk menyehatkan tubuh, namun rempah-rempah bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya, salah satunya adalah untuk memasak. Selain itu, rempah-rempah juga merupakan komoditi yang juara di pasaran luar negeri.

Bahkan, jika kita mengintip sedikit kepada sejarah, awal mula datangnya bangsa Eropa di Nusantara saat itu, adalah untuk mencari rempah-rempah. Hal ini yang kemudian menjadi awal mula petaka bagi nenek moyang kita, yaitu dijajah oleh bangsa lain.

Menjual rempah-rempah akan memberikan kita keuntungan yang melimpah. Rempah seperti adas, akar wangi, asam jawa, kapulaga, cabai, cengkeh dan lainnya akan sangat mengantarkan keuntungan, ditambah rempah-rempah juga merupakan basis utama Indonesia sejak zaman dulu.

4. Tempat Makan dan Perkebunanan

Tempat Makan dan Perkebunanan

Ingin memiliki usaha pertanian sekaligus usaha kuliner? Sedulur mungkin bisa mencoba konsep satu ini, selain fresh, konsep satu ini juga dijamin akan memberikan sesuatu yang baru. Sedulur bisa membuat perkebunanan di halaman belakang, yang menanam sayur-sayuran.

Di bagian depan, Sedulur buat tempat makan yang menggunakan bahan olah dari hasil panen perkebunan. Sedulur juga bisa mengizinkan para pelanggan untuk melihat panen dan pengolahan makannya, hal ini juga bisa menjadi atraksi tersendiri untuk menarik pelanggan.

Konsep usaha pertanian yang dikolaborasikan dengan usaha kuliner merupakan konsep baru yang bisa Sedulur coba wujudkan.

Baca Juga: 9 Peluang Usaha Baru 2020, Tambah Penghasilan dari Rumah

5. Menjual Bibit Tanaman

Menjual Bibit Tanaman

Usaha pertanian tidak melulu menjual hasil panen berupa sayur atau buah. Namun juga menjual bibit bisa menjadi salah satu usaha di bidang pertanian yang Sedulur tempuh. Sedulur bisa menyediakan bibit sayuran seperti kangkung, bayam, kol, wortel dan lainnya.

Selain itu juga Sedulur siapkan bibit buah-buahan seperti mangga, pepaya, jeruk dan lainnya. Menjual bibit tanaman merupakan sebuah peluang usaha di bidang pertanian yang mengincar target pembeli yaitu para pengusaha pertanian.

Sedulur juga bisa mengincar para pengusaha baru yang tertarik untuk bergerak di bidang pertanian. Hal ini akan jauh sangat menguntungkan. Sedulur juga bisa memberikan edukasi dan pemahaman terhadap para pengusaha baru di bidang pertanian.

6. Padi dan Beras

Padi dan Beras

Usaha pertanian yang sempat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia yaitu tanaman padi. Beras yang dihasilkan dari padi diolah menjadi nasi yang adalah makanan pokok masyarakat di Indonesia.

Menanam padi dan menjual beras adalah pilihan yang tepat untuk menjalankan usaha pertanian di Indonesia. Karena kebutuhan masyarakat Indonesia akan beras yang membuat menjual beras selalu menguntungkan.

Bahkan, Indonesia sempat menjadi penghasil beras terbaik di Asia pada periode 1980-an. Hal ini menunjukan bahwa kualitas padi dan beras yang ada di Indonesia sangat baik dan bahkan bisa dijual di luar negeri.

7. Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik

Ide usaha pertanian satu ini sedang ramai dilakukan oleh masyarakat saat ini. Selain prosesnya yang sangat mudah dan peralatannya yang murah, hasil tanaman hidroponik pun bisa dijual dan memberikan keuntungan.

Selain itu, harga jual dari tanaman hidroponik juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan harga sayuran biasa. Tentu saja, pertimbangan ini menjadi akan sangat menguntungkan dan wajib untuk dicoba.

8. Buah Strawberry

Buah Strawberry

Buah strawberry menjadi buah yang sangat disukai oleh masyarakat, terutama anak-anak. Walaupun rasanya asam, namun jika diolah dan ditambahkan gula, buah strawberry akan memiliki rasa yang manis dan asam. Cukup untuk memberikan kesegaran.

Selain itu, strawberry juga bisa diolah menjadi beberapa hal, salah satunya menjadi selai untuk roti atau juga menjadi berbagai aneka minuman. Menanam strawberry dan menjual buahnya akan menjadi sangat menguntungkan.

Saat ini perkebunan dan usaha pertanian buah strawberry yang besar terdapat di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Para wisatawan yang berkunjung ke Ciwidey selain dapat menikmati berendam air panas, para wisatawan juga bisa memetik strawberry langsung dan memakannya.

Konsep usaha pertanian buah strawberry seperti di Ciwidey tersebut bisa dicontoh sebagai usaha pertanian yang menarik. Karena sebagai pengusaha bukan hanya menjual hasil pertanian, namun juga terlibat dalam proses panennya.

9. Buah Jeruk

Buah Jeruk

Selain buah strawberry, buah jeruk merupakan usaha pertanian yang menarik untuk dicoba. Karena selain banyak masyarakat yang menyukai jeruk, manfaat buah jeruk yang mengandung vitamin C yang banyak juga menjadikan masyarakat banyak yang membutuhkan jeruk.

Melihat kondisi tersebut, menjual buah jeruk bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Menanam jeruk dan menjualnya akan sangat menguntungkan, karena kebutuhan masyarakat terhadap buah jeruk sangat tinggi.

10. Tanaman Hias

Tanaman Hias

Usaha pertanian yang sedang ramai saat ini adalah tanaman hias, menjual tanaman hias bisa sangat menguntungkan. Karena selain bisa mempercantik halaman depan rumah atau interior rumah, tanaman hias juga memiliki fungsi untuk sirkulasi udara di rumah kita.

Selain itu juga perawatan tanaman hias tidak begitu sulit untuk dilakukan, hal ini juga menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli tanaman hias. Selain itu, menjual tanaman hias juga bisa ditambah dengan menjual batu alam.

Tanaman hias dan batu alam merupakan kombinasi dan komposisi yang pas untuk membuat halaman rumah kita menjadi cantik dan indah. Terdapat berbagai macam jenis tanaman hias yang bisa Sedulur jual, riset terlebih dahulu tanaman hias yang disukai dan paling banyak dibeli di daerah tempat Sedulur.

11. Menjadi Vlogger Bidang Pertanian

Menjadi Vlogger Bidang Pertanian

Menjalankan usaha pertanian tidak melulu harus menjadi petani. Sedulur juga bisa membagikan informasi di bidang pertanian yang Sedulur ketahui ke berbagai media. Seperti saat ini terdapat Youtube dan Spotify sebuah platform yang bisa Sedulur manfaatkan untuk memberikan informasi seputar pertanian.

Selain itu, Sedulur bisa mendapatkan penghasilan dari setiap video yang Sedulur bagikan tentang dunia pertanian. Karena saat ini setiap vlogger yang memiliki konten akan mendapatkan kompensasi dari Youtube atas setiap iklan yang tayang di video milik Sedulur.

Salah satu alternatif usaha pertanian, yang dipadukan dengan usaha teknologi infomatika satu ini wajib Sedulur coba. Terutama jika Sedulur memiliki bakat dan senang berbicara di depan kamera.

12. Menjual Pupuk

Menjual Pupuk

Menjual pupuk juga menjadi salah satu alternatif usaha lain di bidang pertanian yang bisa Sedulur lakukan. Walaupun tidak menjual hasil pertanian, namun menjalankan usaha pupuk masih selingkaran dan masih ada di dalam bagian usaha pertanian.

Hal yang paling menarik dalam menjalankan usaha pupuk, Sedulur bisa membuat pupuk sendiri dan mempelajarinya. Banyak jenis pupuk yang ada dan digunakan oleh para petani, mulai dari pupuk biasa, pupuk kompos, dan pupuk kandang.

Pelajari cara membuat pupuk dan kebutuhan setiap tumbuhan terdapat pupuk-pupuk tertentu. Dengan mengetahui cara membuat pupuk dan kebutuhan tumbuhan akan setiap jenis pupuk, Sedulur dapat membaca peluang dan pasar serta kebutuhan petani terhadap pupuk.

13. Konsultan Bisnis Pertanian

Konsultan Bisnis Pertanian

Saat ini sudah sangat jarang atau mungkin bisa dikatakan tidak ada sebuah tim khusus sebagai konsultan yang memberikan masukan bagi para petani mengenai tata cara menjalankan usaha pertanian yang menguntungkan.

Para petani biasanya melakukan cara bertani berdasarkan pengetahuan turun temurun. Namun sebenarnya, terdapat cara dan ilmu agar bisa sukses bertani. Para petani biasa melakukan cara bertani yang menghasilkan panen tiga kali lipat, dan hasil panen bisa cepat dituai dan lain sebagainya.

Para petani bisa mendapatkan pengetahuan mengenai hal tersebut dari pakarnya. Oleh karena itu, Sedulur bisa menjadi konsultan bisnis pertanian yang memberikan arahan dan saran bagi para petani agar dapat maksimal.

Inilah peluang bisnis bagi Sedulur yang ini membuat lembaga konsultan atau penyuluh bisnis pertanian. Peluang bisnis bidang pertanian ini sangat cocok dijalankan oleh sarjana pertanian yang memahami seluk beluk pertanian dan segala sesuatunya.

14. Toko Pertanian Online

Toko Pertanian Online

Menjual alat-alat dan segala kebutuhan pertanian secara online juga menjadi salah satu alternatif yang wajib Sedulur coba. Karena saat ini, di tengah perkembangan teknologi dan marketplace yang menawarkan jasa berjualan secara online sudah banyak, kepercayaan masyarakat untuk belanja online pun telah meningkat.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk Sedulur yang ingin menjalankan bisnis seputar dunia pertanian. Namun, walaupun berjualan secara online, Sedulur juga harus tetap memiliki toko alat pertanian sendiri. Selain sebagai tempat packing barang pembelian online, khawatir banyak petani yang membeli secara langsung.

15. Toko Alat Pertanian

Toko Alat Pertanian

Peluang usaha pertanian seperti yang telah dijelaskan di atas sangat menguntungkan. Oleh karena itu, menjual alat pertanian pun sangat menguntungkan.

Usaha toko pertanian menjadi suatu pilihan bisnis yang menjual peralatan dan kebutuhan pertanian. Menjalankan toko pertanian sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha pertanian, terutama jika toko alat pertanian Sedulur merupakan toko satu-satunya di daerah Sedulur.

Para pengusaha pertanian akan datang ke toko Sedulur untuk mencari dan membeli alat dan kebutuhan pertanian. Maka dari itu, menjual alat pertanian akan memberikan keuntungan bagi Sedulur yang menjadikan ide usaha satu ini layak dicoba.

Namun, jika menjalankan usaha toko pertanian dirasa masih kurang, Sedulur bisa sambil menjual sembako atau bahan-bahan kebutuhan lainnya. Sedulur juga bisa menggunakan Aplikasi Super untuk mengembangkan usaha Sedulur satu ini.

Aplikasi Super memiliki program yang akan membantu setiap pengusaha sembako dan pengusaha umkm lainnya. Jika tertarik, Sedulur bisa kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, Dan juga jangan lupa untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Gunakan Aplikasi Super untuk melengkapi segala kebutuhan Sedulur mulai dari sekarang.