fungsi toner

Toner merupakan salah satu perawatan wajah yang wajib untuk digunakan. Toner mengandung bahan formula yang akan membantu mengangkat kotoran sisa sisa make up. Selain itu, toner juga berfungsi untuk eksfloitasi dan menambah kelembapan pada kulit.

Apakah para Sedulur sudah mengetahui apa itu toner? Apa saja manfaatnya dan bagaimana tips memilih toner yang pas untum kulit wajah? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA : Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

Apa itu toner?

Fungsi toner

Sering kali para sedulur menggunakan toner. Lantas apakah Sedulur sudah mengetahui apa itu toner ? Toner adalah satu dari sekian perawatan kulit wajah dengan formula yang dikhususkan untuk membersihkan kotoran, minyak, dan sisa kotoran setelah make up pada wajah.

Fungsi toner

caaantik.com

Ternyata toner memliki banyak fungsi bagi kulit wajah, salah satunya adalah membersihkan kotoran pada wajah. Fungsi toner juga dipengaruhi oleh jenis bahan yang terkandung di dalamnya.  Berikut fungsi toner yang perlu Sedulur ketahui.

1. Mengangkat sisa kotoran

freepik

Fungsi yang pertama penggunaan toner adalah dapat mengangkat sisa kotoran, make up dan minyak pada kulit wajah yang tidak terangkat pada saat menggunakan susu pembersih maupun cuci muka.

2. Melembapkan kulit

fungsi toner
freepik

Beberapa kandungan bahan pada susu pemersih wajah justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Agar kulit wajah menjadi lembab, maka Sedulur dapat menggunakan toner secara merata pada wajah setelah mencuci muka. Toner yang dapat melembabpkan kulit wajah biasanya mengandung mineral oil, hyaluroni, dan asam amino. Fungsi toner sangat penting untuk menjaga kesehatan pada semua jenis kulit wajah, terutama untuk yang memiliki jenis kulit kering.

3. Mengatasi jerawat

Fungsi toner yang selanjutnya adalah mampu mengatasi jerawat. Akan tetapi penggunaannya harus dibarengi dengan produk yang dapat mengatasi jerawat. Fungsi toner untuk jerawat biasanya yang masih tergolong jerawat ringan, dapat diredakan dengan penggunaan toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil periksida.

Adanya kedua kandungan bahan tersebut dapat membersihkan pori-pori dan mencagah timbulnya komedo bahkan jerawat.

4. Menghilangkan bekas jerawat

fungsi toner

Toner mampu menghilangkan bekas jerawat jika produk toner mengandung asam glikolat. Asalm glikolat dipercaya mampu memudarkan noda hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat ringan. Akan tetapi, untuk bekas jerawat yang berat atau bahkan sampai berlubang, penggunaan toner saja itu tidak cukup. Jadi untuk memudarkan bekas jerawat berat harus menggunakan produk yang mengatasi jerawat hingga perlu penanganan khusus dari dokter kulit dan kecantikan.

5. Menghilangkan minyak di kulit

Toner yang tergolong astringent dapat mengurangi sebum dan minyak pada permukaan kulit wajah. Selain itu, toner jenis ini juga dapat mengurangi kilap sehingga membuat riasan wajah menjadi lebih tahan lama.

6. Menyeimbangkan pH kulit

fungsi toner
freepik

Fungsi toner selanjutnya adalah menyeimbangkan pH kulit. Tingkat keasaman dan pH dapat berubah sewaktu-waktu karena pengaruh dari produksi minyak, make up, polusi atau penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan alkohol. Beberapa jenis tertentu dapat menyeimbangkan keasaman pH kulit wajah 5-5,5 sesuai dengan pH alami kulit.

BACA JUGA : Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat & Fungsinya

Fungsi toner dan Moisturizer

fungsi toner
freepik

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk melembapkan kulit wajah, akan tetapi kandungan yang ada dalam keduanya sangat berbeda. Toner berbahan dasar air, sedangkan moisturizer biasanya berbahan utama emolllient yang terbuat dari oil, seperti rosehip, argan, jojoba oil, dan yang lainnya.

Beberapa fungsi dari moisturizer antara lain: memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit, dapat menyamarkan noda bekas luka, membuat kulit nampak lebih muda dan mampu memaksimalkan fungsi kulit. Sama halnya dengan toner, penggunaan moisturizer harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit Sedulur. 

Fungsi toner dan serum juga hampir sama, yaitu untuk melembapkan kulit. Sehingga serum menjadi salah satu perawatan wajah yang wajib untuk digunakan. Selain itu serum juga dapat berfungsi untuk mengatasi kerutan pada wajah dan menghilangkan noda hitam. Penggunaan serum pada wajah juga tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan jenis kulit para Sedulur. 

Cara Menggunakan Toner

Insommia.net

Berikut cara menggunakan toner yang baik dan benar yang perlu Sedulur perhatikan:

  1. Pertama bersihkan wajah dengan susu pembersih maupun sabun wajah
  2. Tuangkan toner pada kapas lalu usapkan pada wajah secara halus dan merata
  3. Hindari penggunaan di area mata
  4. Tunggu hingga toner mengering
  5. Gunakan toner cukup 2x sehari
  6. Setelah menggunakan toner, alangkah lebih baikknya jika sedulur juga menggunakan tabir surya dan pelembap wajah.

Kesalahan menggunakan toner

truetoskin.com

Toner memiliki banyak manfaat pada wajah seperti menyamarkan pori-pori menutrisi kulit hingga mengangkat sel kulit mati. Namun masih banyak para sedulur yang melakukan kesalahan saat memakai toner sehingga tidak memberi manfaat yang optimal. Berikut kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan toner:

  • Memakai toner tidak sesuai jenis dan permasalahan kulit wajah

Buat para sedulur yang baru mengenal skincare, sebaiknya tidak tergoda oleh para beaty influencer yang menggunakan produk skincare mahal dengan review yang bagus. Produk yang mahal belum tentu cocok untuk diapikasikan pada kulit Sedulur. Gunakan toner yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit wajah. Tak lupa cek dulu kandungan bahan sebelum membeli tpner.

  • Menggosokkan di wajah

Kesalah yang sering dilakukan adalah menggunakan toner dengan cara menggosokkannya di wajah. Padahal cara memakai toner adalah cukup dengan ditepuk-tepuk ke wajah sesuai dengan kondisi kulit. Menggosokkan toner pada wajah justru akan membuat kulit mudah mengalami kerutan.

  • Mengaplikannya pada wajah yang kotor

Toner sebaiknya digunakan setelah mencuci muka dengan sabun muka atau susu pembersih. Akan tetapi kesalah yang sering dilakukan justru menggunakan toner pada wajah yang belum dibersihkan alias masih kotor, entah masih menggunakan make up atau terkena polusi. Maka daei itu bersihkan dahulu wajah sebelum mengunakan toner

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan toner. Berhubung Sedulur sudah mengetahuinya, hindari kesalahan seperti di atas ya!

Fungsi toner dan serum tentu berbeda. Jika toner mampu membersihkan kulit dari kotoran, debu dan sisa-sisa mak up, maka fungsi serum adalah melembapkan kulit wajah. Toner biasanya digunakan setelah mencuci muka, dan serum digunakan setelah menggunakan toner. Saat akan menggunakan serum, Sedulur harus menunggu sampai toner benar-benar kering dan meresap pada kulit wajah.

BACA JUGA : Arti Nolep Beserta Ciri-Ciri, Penggunaan & Cara Mengatasinya

Tips memilih toner

Insommia.net

Jangan sembarangan dalam memilih toner untuk wajah sedulur. Hindari produk toner yang mengandung alkhohol karena dapat membuat kulit kering, terutama untuk pemilik kulit sensitif. Gunakan toner sesuai dengan jenis kulit wajah sedulur. Berikut tips memilih toner sesuai dengan jenis kulit :

  • Kulit kering

Hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol jika jenis kulit sedulur adalah kulit kering. Zat yang terkandung di dalamnya justru akan membuat kulit semakin kering karena kehilangan kelembapan alaminya. Untuk jenis kulit kering, pilihlah toner wajah berbahan losion karena akan menambah kelembapan pada kulit. Selain itu sedulur yang memiliki kulit kering dapat memilih toner yang mengandung geranium dan bunga mawar.

  • Kulit berminyak

Bagi sedulur yang memiliki jensi kulit wajah berminyak, para ahli kecantikan menyarankan untuk menggunakan toner wajah yang mengandung bahan aktif mengontrol minyak. Selain itu, sedulur dapat memilih toner wajah yang mengandung zat Astringent pada mentimun atau toner yang memiliki kandungan orange blossom, lemon dan rose. Zat-zat tersebut akan membuat kulit menjadi lebih segar dan mampu mengecilkan pori-pori.

  • Kulit kombinasi

Jika sedulur memiliki kulit kombinasi, disarankan untuk menggunakan toner yang berbeda. Pada kulit kombinasi ditandai dengan adanya kandungan minyak yang berlebihan pada area T-Zone (dahi, hidung, dan sekitar pipi). Sedangkan di luar area itu kulit justru cenderung kering. Maka pemilihan toner adalah menggunakan bahan losion di luar area T-Zone dan toner untuk kulit berminyak pada area T-Zone.

Selain tips memilih toner seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa fakta mengenai jenis toner yang perlu sedulur ketahui. Pertama, penggunaan toner yang mengandung bahan alkohol dalam jangka panjang dapat membuat kulit menjadi lebh sensitif dan akan mengganggu metabolisme kulit. Oleh karena itu, hindari produk toner yang mengandung bahan alkohol.

Banyak yang beranggapan bahwa air mawar cocok digunakan sebagai toner. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Air mawar sebaiknya hanya digunakan sebagai campuran lulur atau pun masker.

Kedua, menggunakan toner menggunakan bantuan kapas akan menjadi tidak maksimal karena toner justru akan lebih meresap ke dalam kapas. Sebaiknya menggunakan toner secara langsung dengan tangan sembari di tepuk-tepuk atau masukkan toner ke botol semprot pada wajah yang sudah dibersihkan.

Toner memiliki beragam mafaat bagi kulit wajah diantaranya melembapkan kulit dan mengankat sisa-sisa kotoran pada wajah. Fungsi toner juga dipengaruhi oleh bahan kandungan di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gunakan toner setelah membersihkan wajah dengan cuci muka atau susu pembersih agar mendapatkan hasil yang optimal.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh Sedulur adalah menggunakan air mawar sebagai toner. Padahal air mawar disarankan hanya digunakan sebagai campuran masker dan lulur. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!