Selain enak, ikan salmon memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Terdapat beberapa manfaat dari ikan salmon, di antaranya pertama manfaat ikan salmon untuk bayi, manfaat makan ikan salmon tiap hari, manfaat ikan salmon untuk ibu hamil dan manfaat ikan salmon untuk pria.

Artikel kali ini akan membahas segudang manfaat ikan salmon di Indonesia. Kandungan gizi ikan salmon yang bisa memberikan beberapa manfaat tersebut. Ikan Salmon harga beli memang tinggi, namun untuk berbagai kandungan dan nutrisi di dalamnya bukan lagi menjadi persoalan.

Yuk, langsung saja kita simak berbagai manfaat ikan salmon mentah dan matang di bawah ini.

-->

Baca Juga: 12 Resep Ikan Salmon Spesial, dan Cara Memasak yang Benar

Daftar Manfaat Ikan Salmon

1. Ikan Salmon Mengandung Lemak Omega 3 yang Tinggi

Ikan Salmon Mengandung Lemak Omega 3 yang Tinggi

Salmon merupakan sumber lemak omega 3 yang tinggi untuk kebutuhan tubuh manusia. Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli telah membuktikan bahwa 100 gram ikan salmon dapat mengandung 2,3 gram asam lemak omega 3.

Kandungan asam lemak omega 3 ini berfungsi untuk meredakan berbagai penyakit yang disebabkan akibat peradangan. Selain itu, lemak omega 3 juga sangat tinggi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga dapat mencegah berbagai penyakit kronis lainnya.

2. Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata

Selanjutnya adalah manfaat ikan salmon untuk mata. Dengan adanya kandungan asam amino yang ada di dalam salmon, dapat membantu mengurangi degenerasi macula, retina kering, mata lelah dan gangguan penglihatan.

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi ikan salmon secara teratur dapat memiliki penglihatan yang lebih baik jika dibandingkan orang yang tidak pernah memakan ikan salmon sama sekali.

3. Menurunkan Kolesterol dan Menyehatkan Jantung

Menurunkan Kolesterol dan Menyehatkan Jantung

Manfaat ikan salmon untuk kolesterol disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Asam lemak omega 3 berfungsi untuk mengurangi kolesterol dan menjaga fleksibilitas vena, arteri, dan juga menguatkan otot jantung.

Setelah dapat menurunkan tekanan darah, jantung juga akan semakin stabil karena kandungan asam lemak omega yang terdapat dalam salmon.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Bakso Ikan yang Empuk, Lezat untuk Jualan

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa manfaat ikan salmon bagi tulang yaitu bisa mencegah timbulnya penyakit osteoporosis. Terutama ketika memasuki usia senja, tulang dan persendian seringkali mengalami permasalahan.

Lagi-lagi, kesehatan tulang dapat terjaga dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada tulang. Jika dikonsumsi secara rutin, hal tersebut dapat membantu tulang dan persendian kita selalu sehat setiap hari.

5. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Kali ini adalah manfaat ikan salmon untuk orang dewasa dan juga manfaat ikan salmon untuk diet. Bagi orang dewasa yang tengah melakukan diet, dengan mengonsumsi salmon kita akan mendapatkan tubuh yang ideal yang selama ini kita dambakan.

Ikan salmon dapat membuat hormon yang mengendalikan nafsu makan untuk memberikan sinyal rasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal tersebut membuat kita bisa lebih mengendalikan porsi makan dan berat badan dapat turun secara teratur.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bagi  yang memiliki masalah dalam metabolisme tubuh, sangat cocok untuk mengonsumsi ikan salmon secara teratur. Dengan makan ikan salmon, kita bisa mendapatkan manfaatnya untuk meningkatkan metabolisme atau pencernaan.

Bagi yang memiliki masalah lemak dalam tubuh, ikan salmon mengandung vitamin D dan juga selenium yang dapat membantu untuk menstabilkan kadar insulin yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh dapat menyerap gula darah lebih banyak lagi.

7. Mengandung Vitamin dan Mineral yang Tinggi

Mengandung Vitamin dan Mineral yang Tinggi

Adanya berbagai macam vitamin dan mineral yang tinggi di dalam Salmon akan sangat membantu dalam memberi manfaat ikan salmon yang beragam untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan dan berperan penting bagi tubuh, hal tersebut terdapat pada ikan salmon.

Kandungan mineral dan vitamin yang ada pada ikan salmon adalah kalsium, fosfor, selenium, vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan juga zat besi. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi akan membantu penyerapan protein dari ikan salmon mudah dicerna oleh tubuh.

Hal tersebut akan mempengaruhi sistem pencernaan atau metabolisme tubuh, yang juga mempengaruhi kerja organ lainnya.

8. Meningkatkan Kemampuan Otak Dan Saraf

Meningkatkan Kemampuan Otak Dan Saraf

Ikan salmon juga dapat meningkatkan kemampuan otak dan saraf, hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon yang berfungsi untuk membantu efisiensi fungsi otak.

Selain itu juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga bisa mencegah penyakit pikun ketika usia senja. Asam lemak omega 3 juga dapat melindungi sistem saraf dari kerusakan akibat penuaan dan juga sekaligus menjadi antidepresan yang dapat melemaskan otak.

9. Menyehatkan Kulit

Menyehatkan Kulit

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah dapat mencerahkan dan menyehatkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 dalam ikan salmon dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan lebih awet mudah.

Selain itu, hal tersebut juga dapat memberikan pertahanan kulit lebih kuat yang dapat mengangkat setiap polusi yang kita temui di luar.

10. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Penyakit tumor dan kanker merupakan penyakit yang mematikan. Dengan mengonsumsi salmon secara rutin dapat mencegah penyakit kanker merusak tubuh. Konsumsi salmon secara rutin dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker.

Hal tersebut disebabkan karena kandungan lemak asam omega 3 yang terdapat dalam salmon dapat secara ampuh  membunuh sel kanke yang dapat mencegah perkembangan kanker. Bagi yang ingin sehat dan terhindar dari kanker, wajib mengonsumsi salmon secara teratur.

11. Sumber Potasium Terbaik

Kaya Akan Protein

Kandungan potasium yang tinggi yang terdapat pada salmon sekitar 18%. Hal tersebut menunjukan bahwa kandungan tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan pisang yang hanya memiliki 10% kandungan potassium.

Kandungan potassium ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga mencegah risiko penyakit stroke. Bagi yang ingin terhindar dari penyakit stroke, mulai secara rutin mengonsumsi ikan salmon dan juga buah pisang secara bersamaan.

12. Kaya Akan Protein

Kaya Akan Protein

Sama dengan kandungan asam lemak omega 3, protein merupakan zat penting untuk kesehatan tubuh kita dan salmon merupakan sumber protein yang bagus yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein dalam salmon dapat membantu tubuh kita untuk menyembuhkan luka dan peradangan yang terjadi.

Protein juga dapat menjaga massa otot dan meningkatkan kesehatan tulang. Dokter, ahli kesehatan dan para ahli gizi menganjurkan untuk kita mengonsumsi protein setiap harinya minimal 20 gram. Karena dengan itu kita bisa menjaga kebutuhan tubuh akan protein dan juga menjaga agar tubuh tetap sehat.

13. Rendah Lemak

Rendah Lemak

Dalam satu porsi salmon terkandung kalori hanya sekitar 200 kalori. Untuk jenis ikan yang berlemak, salmon merupakan ikan dengan jumlah kalori sangat rendah, dan juga rendah akan lemak jenuh. Akan tetapi salmon ini tetap mempertahankan nutrisi yang sangat tinggi.

Mengonsumsi banyak ikan salmon sangat aman, dan akan menuai banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Selain mendapatkan rasa yang lezat dan makan yang nikmat dengan lauk ikan salmon, kita juga bisa tetap menjaga kesehatan tubuh kita.

14. Mengandung Anti-Oksidan

Mengandung Anti-Oksidan

Sama seperti sayur dan buah-buahan, kandungan antioksidan menjadi bagian penting dalam salmon. Beberapa kandungan yang terdapat dalam ikan salmon dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama untuk mencegah radikal bebas.

Antioksidan sangat ampuh dalam mencegah radikal bebas masuk dan merusak sel yang ada pada tubuh. Bahkan, radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit yang bisa merusak tubuh.

15. Menghangatkan Tubuh

Menghangatkan Tubuh

Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa ikan salmon dapat membuat tubuh kita tetap hangat bahkan ketika musim dingin sekalipun. Hal tersebut dikarenakan, salmon mengandung banyak minyak dan lemak yang dapat membuat tubuh kita tetap hangat.

Selain itu, akan lebih bermanfaat juga jika kita bisa membuat salmon dengan berkuah yang akan semakin ampuh untuk membuat tubuh kita hangat. Terutama ketika memasuki musim dingin, salmon merupakan bahan makanan yang penting untuk dihidangkan.

Semoga daftar manfaat ikan salmon di atas bisa semakin meyakinkan kita untuk selalu rutin mengonsumsi ikan salmon. Jangan lupa untuk membeli ikan salmon atau kebutuhan dapur sehari-hari di Aplikasi Super.

Aplikasi Super memiliki fitur yang sangat memudahkan para Sedulur Super untuk belanja sembako. Aplikasi Super membuat beberapa kategori sembako yang bisa dikulak oleh Sedulur Super. Dari mulai sayuran, buah-buahan, minyak dan lainnya. Termasuk produk kecantikan yang dibutuhkan Sedulur Super pun tersedia di Aplikasi Super.

Banyak bonus dan keuntungan yang bisa Sedulur Super dapatkan dan nikmati dengan belanja menggunakan Aplikasi Super. Keuntungan pertama, harga barang dan sembako yang dijamin murah oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super memberikan harga yang murah dibanding belanja sembako di tempat lain. Hal ini memungkinkan Sedulur Super untuk mendapatkan untung super melimpah.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super merupakan platform digital yang memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal tersebut yang menjadi dasar pemilihan sembako yang menjadi objek utama dari Aplikasi Super.

Namun tidak selesai hanya dengan sembako saja, Aplikasi Super juga melebarkan pelayanannya dengan menyediakan fitur pembayaran online untuk setiap kebutuhan, seperti membeli pulsa, internet dan membayar tagihan online lainnya.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengenal lebih jauh tentang Aplikasi Super. Bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super, segera download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk kulak sembako dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan keuntungan dan manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk memudahkan Sedulur dalam melengkapi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.