Selain menjadi camilan, bakso ikan juga bisa menjadi lauk makan yang nikmat. lho.

Bakso ikan merupakan sebuah makanan olahan ikan dengan campuran tepung terigu, tepung sagu dan beberapa bahan lainnya. Biasanya, resep bakso ikan untuk jualan lebih memperhatikan kualitas ikan yang digunakan.

Baik itu menggunakan resep bakso ikan tongkol dan ikan jenis lainnya. Terdapat beberapa resep dan jenis ikan yang digunakan, mulai dari resep bakso ikan tenggiri, resep bakso ikan cakalang hingga resep bakso ikan kakap.

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara bikin bakso ikan laut dan tentu saja cara membuat bakso ikan untuk dijual. Berbagai macam kreasi dalam cara membuat bakso ikan sederhana atau cara membuat bakso ikan untuk dijual akan disampaikan dalam artikel kali ini.

-->

Selain itu juga kita bisa melakukan cara membuat bakso ikan sendiri di rumah, baik itu cara membuat bakso ikan lembut, cara membuat bakso ikan lele, cara membuat bakso ikan tuna dan cara membuat bakso ikan tenggiri. Yuk, langsung saja kita simak resep dan cara membuat bakso ikan yang dimaksud.

Baca Juga: 11 Resep Siomay Ayam Yang Enak, Mudah & Praktis

Daftar Cara Membuat Bakso Ikan di Rumah atau Untuk Jualan

1. Sup Bakso Ikan

Sup Bakso Ikan

Pertama adalah resep sup bakso ikan, bahan yang dibutuhkan adalah 500 gr fillet ikan tenggiri, 3 btr putih telur, 50 ml air es, 5 btr bawang putih, haluskan, 2 sdt merica bubuk, 3/4 sdt kaldu bubuk, 3/4 sdt garam dan 3/4 sdt kecap ikan/kecap asin. Siapkan juga tepung tapioka untuk membuat adonan.

Selanjutnya adalah membuat adonan dengan mencampurkan bahan di atas menggunakan penggilingan agar teraduk rata dan halus. Lalu masukan tepung tapioka dan minyak goreng. Setelah adonan selesai, bentuk adonan menjadi bakso dan rebus menggunakan air mendidih.

Ketika bakso mengapung, hal tersebut menandakan bakso telah matang dan siap dikonsumsi.

2. Hiwan

Hiwan

Kreasi bakso ikan selanjutnya adalah hiwan, hiwan merupakan bakso yang terbuat dari ikan yang disajikan dengan kuah yang gurih. Bahan dasar membuat bakso ini adalah ikan tenggiri. Cara membuat bakso dan adonan yang dibutuhkan sama persis dengan sup bakso ikan pada pembahasan poin pertama.

Hiwan merupakan jenis lain dari bakso ikan, di beberapa daerah, terutama di daerah penghasil ikan seperti daerah pesisir pantai dan pelabuhan, masyarakat mengenal bakso ikan dengan nama hiwan.

3. Bakso Goreng Ikan

Bakso Goreng Ikan

Kali ini cara menikmati bakso yang terbuat dari ikan dengan cara digoreng. Cara membuat adonan bakso ini sangat mudah sekali. Pertama haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu juga haluskan fillet ikan hingga halus dan masukkan penyedap rasa.

Jangan lupa untuk menghaluskannya dengan menggunakan blender atau chopper, secara perlahan masukkan putih telur dan air es pada adonan. Masukkan juga bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan bersamaan dengan tepung sagu. Aduk kembali adonan hingga rata.

Siapkan minyak panaskan dengan menggunakan api sedang. Lalu bentuk adonan dengan bulat menyerupai bakso, untuk membuat adonan agar lebih mudah, bisa menggunakan dua buah sendok.

Baca Juga: 20+ Resep Lumpia Spesial Terenak yang Bikin Nagih

4. Bakso Tahu Ikan Dori

Bakso Tahu Ikan Dori

Untuk membuat resep ini, parut terlebih dahulu ikan dori lalu tambahkan tepung maizena, bawang putih halus, merica, garam, dan putih telur di atas parutan ikan dori. Aduk hingga adonan tercampur rata. Kita juga bisa berkreasi dengan menambahkan tahu.

Potong tahu menjadi dua, masukan adonan bakso dari ikan dori kepada tahu. Siapkan air panas yang telah mendidih, rebus bakso tahu ikan dori. Buat juga adonan bakso yang berbentuk bulat agar memiliki dua varian bakso. Setelah mengapung, bakso tahu ikan dori bisa kita nikmati dengan kuah hangat yang nikmat.

5. Bakso Ikan Bandeng

Bakso Ikan Bandeng

Jika kita mengenal ikan bandeng dengan olahan khasnya yang diasap, namun ikan bandeng juga bisa dijadikan menjadi bahan dasar dan utama membuat bakso dari ikan. Cara membuat bakso ikan bandeng pertama adalah membuat adonan terlebih dahulu.

Setelah ikan bandeng dihaluskan, masukan tepung kanji, tepung maizena, bawang putih halus, putih telur, garam, penyedap rasa dan sedikit gula. Aduk hingga tercampur rata, dan tambahkan air es untuk lebih membuat adonan semakin kenyal.

Setelah adonan selesai tinggal mencetak adonan bakso dari ikan bandeng tersebut, dan rebus dengan menggunakan air yang telah mendidih. Bakso dari ikan bandeng pun telah selesai kita buat dan siap kita nikmati. Olahan ini bisa kita nikmati juga dengan cara digoreng lho.

6. Bakso Dari Ikan Tuna

Bakso Dari Ikan Tuna

Resep selanjutnya menggunakan ikan tuna sebagai bahan dasar pembuatan bakso, bahan yang dibutuhkan adalah ikan tuna giling, tahu yang telah dihaluskan, bawang putih, garam dan merica. Campur semua bahan hingga rata dan cetak lalu rebus di atas air mendidih.

Jika bakso telah mengapung, hal tersebut berarti bakso telah masak. Kita bisa langsung menikmatinya dengan kuah dari rebusan bakso. Tambah sedikit saus sambal, kecap dan bumbu lainnya yang kita sukai.

7. Bakso Dari Ikan dan Wortel

Bakso Dari Ikan dan Wortel

Selanjutnya adalah bakso yang terbuat dari ikan dori dipadukan dengan wortel. Siapkan ikan dori yang telah di-fillet dan haluskan, siapkan juga wortel yang telah dipotong-potong, lalu siapkan tepung tapioka, putih telur, bawang putih, es batu dan daun bawang.

Giling bahan di atas menggunakan penggilingan, masukan sebagian es batu saat penggilingan sedang memproses adonan. Setelah adonan selesai, bentuk bulat bakso dan rebus di atas air mendidih. Bakos yang telah mengapung menandakan bakso telah masak dan siap disajikan.

8. Bakso Dari Ikan Tanpa Tepung Tapioka

Bakso Dari Ikan Tanpa Tepung Tapioka

Jika biasanya membuat bakso harus menggunakan tepung tapioka atau tepung kanji, kali ini kita tidak perlu menggunakannya. Cukup ikan tenggiri, es batu, putih telur, bawang putih, lada garam dan air es secukupnya. Campur dan aduk rata bahan tersebut sehingga menjadi adonan.

Cetak bakso dan rendam terlebih dahulu menggunakan air es selama 30 menit, setelah itu kemudian rebus bakso menggunakan air panas, bakso yang mengapung adalah bakso yang telah siap dinikmati.

9. Bakso Dari Ikan Gurame

Bakso Dari Ikan Gurame

Jika bosan menggunakan ikan tuna, atau ikan dori, kita bisa menggunakan ikan gurame sebagai bahan dasar membuat bakso. Caranya sangat mudah sekali, haluskan ikan gurame dan campurkan dengan adonan dengan bahan yang sama dengan pembuatan bakso yang telah dibahas di atas.

Siapkan air rebusan, tunggu hingga mendidih. Masukan cetakan bakso dari ikan gurame di atas, dan tunggu hingga bakso mengapung. Bakso yang mengapung adalah bakso yang telah matang dan siap dinikmati sebagai camilan atau lauk makan berat.

Semoga daftar kreasi dan cara membuat bakso dari ikan di atas bisa membantu Sedulur yang sedang ingin berkreasi membuat bakso menggunakan bahan dasar ikan. Jangan lupa untuk membeli bahan dan kebutuhan untuk membuat bakso di Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Aplikasi Super, dan download juga Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya di smartphone. Mulai gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi setiap kebutuhanmu.