Donat kentang merupakan camilan yang enak dan nikmat.

Donat merupakan makanan yang enak dan nikmat, banyak masyarakat yang mencari resep donat kentang empuk anti gagal dan resep donat kentang asli. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan cita rasa donat yang sempurna.

Artikel kali ini akan membahas mengenai resep donat kentang yang empuk dan enak dimulut. Mulai dari resep donat kentang spesial, resep donat kentang pasti jadi yang nikmat, resep donat kentang praktis hingga resep dan cara membuat donat kentang sederhana.

Membutuhkan beberapa cara membuat donat kentang empuk dan mengembang sempurna, bisa menggunakan cara membuat donat kentang dengan fermipan atau menggunakan cara membuat donat kentang tanpa ragi.

Semua resep donat kentang yang paling dicari dan digunakan oleh banyak orang akan diulas di dalam artikel kali ini. , Yuk, mari kita langsung saja simak ulasan dan pembahasan mengenai resep donat kentang yang dimaksud.

Baca Juga: 8 Resep Olahan Daging Kurban ini Patut Sedulur Super Coba!

Daftar Resep Donat Kentang yang Nikmat dan Lezat

1. Donat Kentang Kepang

Donat Kentang Kepang

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep donat kentang yang pertama adalah 500 gr tepung terigu, 50 gr susu bubuk, 100 gr gula pasir, 11 gr ragi, 200 gr kentang kukus yang telah dihaluskan, 75 gr mentega, setengah sdt garam, 4 kuning telur dan siapkan 100 ml air dingin.

Siapkan juga mentega dan setengah sdt garam sebagai bahan untuk mencampur adonan. Cara membuatnya pertama campurkan tepung, gula, susu bubuk, dan ragi lalu aduk hingga rata. Masukkan kentang halus, kuning telur, dan susu dingin aduk dan campurkan hingga rata.

Masukkan mentega dan garam, lalu aduk sambil ditekan kembali hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit biarkan adonan diam. Bagi adonan masing-masing sebesar 45 gr, dan pipihkan adonan lalu bagi kembali menjadi 3 sisi dan bentuk kepang.

Selanjutnya goreng adonan hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah matang, angkat donat dan tiriskan. Lalu jangan lupa taburi gula halus di atas permukaan donat.

2. Donat Kentang Sederhana

Donat Kentang Sederhana

Kedua adalah resep donat kentang sederhana. Disebut sederhana karena tidak banyak menggunakan bahan tambahan. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 gr tepung terigu, 50 gr susu bubuk, 100 gr gula, 11 gr ragi, 200 gr kentang, 75 gr mentega, setengah sdt garam, 4 kuning telur dan 100 ml air dinging.

Cara membuat resep kentang satu ini adalah pertama membuat adonan donat dengan memasukan dan mencampurkan semua bahan. Dan aduk dan uleni adonan hingga rata dan setengah kalis. Setelah itu, masukan mentega dan garam, aduk dan uleni hingga elastis.

Bagi adonan menjadi masing-masing 50 gr dan bentuk bulat adonan lalu diamkan selama 20 menit hingga adonan mengembang. Setelah 20 menit berlalu, jangan lupa bentuk menjadi seperti donat dengan melubangi tengahnya dan goreng donat hingga kecoklatan.

3. Donat Kentang Ceres

Donat Kentang Ceres

Resep donat kentang selanjutnya memiliki tampilan yang menarik dan menggugah, karena diberi taburan ceres di atasnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep donat kentang satu ini adalah 250 gr tepung terigu, 40 gr gula pasir, 6 gr ragi, 2 butir kuning telur, 100 gr kentang, 70 ml air hangat, 30 gr butter dan sedikit garam.

Cara membuatnya yang pertama adalah mencampur ragi dengan air hangat dan diamkan selama 5 hingga 10 menit, hingga ragi mengeluarkan buih. Masukkan terigu, gula pasir, garam dan kuning telur. Aduk dan uleni hingga rata.

Selanjutnya masukkan kentang ke dalam adonan dan aduk kembali sambil menambahkan air secara perlahan. Lalu tambahkan sedikit butter dan uleni adonan hingga elastis. Diamkan adonan selama 45 menit dan simpan di wadah yang telah diolesi sedikit minyak.

Setelah adonan mengembang, siapkan minyak panas dan goreng adonan setelah dibentuk menjadi donat. Setelah matang, taburi mentega di permukaan atas donat dan tabur ceres. Bisa ceres coklat atau ceres warna warni. Resep donat kentang pun selesai dilakukan.

Baca Juga: Berbagai Olahan Singkong yang Cocok Dijadikan Bisnis

4. Donat Kentang Coklat

Donat Kentang Coklat

Cara membuat resep donat kentang cokelat satu ini sangat mudah, pertama campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula dan ragi. Aduk dan uleni hingga rata. Lalu tambahkan kentang halus, telur dan masukkan air secara perlahan sambil terus diaduk dan uleni, hingga adonan kalis dan elastis.

Masukkan garam dan mentega agar adonan donat memiliki rasa yang gurih, terus aduk dan uleni hingga kalis dan elastis. Setelah itu, diamkan adonan selama 20-30 menit hingga adonan mengembang. Selanjutnya tinggal membentuk adonan menjadi donat dan menggorengnya hingga matang.

Setelah donat matang, lumuri dengan coklat cair atau juga bisa dengan ceres coklat. Tambahkan coklat sesuai selera dan resep donat kentang coklat pun telah selesai dilakukan. Donat siap dinikmati dengan secangkir teh hangat.

5. Donat Isi Coklat Lumer

Donat Isi Coklat Lumer

Cara membuat donat satu ini adalah dengan mencampurkan bahan seperti tepung terigu, tepung cakra dan ragi, hingga ragi mengeluarkan buih. Lalu masukkan bahan lainnya dan aduk sehingga bahan-bahan bisa menjadi adonan. Setelah adonan tercampur rata, diamkan adonan hingga mengembang, sekitar 30 menit.

Cetak adonan berbentuk bulat, jangan lupa masukkan coklat keras atau keju di dalam cetakan donat. Dan goreng donat hingga kecoklatan dan matang. Setelah itu, angkat donat dan tiriskan. Donat bisa ditaburi dengan gula halus atau tidak, karena tidak ditaburi pun donat telah memiliki isian coklat atau keju. Resep donat kentang pun telah selesai dilakukan.

6. Donat Kentang Warna-Warni

Donat Kentang Warna-Warni

Resep donat kentang satu ini diperuntukan pada anak-anak kecil. Karena tampilan dari donat kentang ini yang menarik yang memiliki visual yang berwarna-warni. Warna warni dari donat didapatkan dari ceres warna yang ditaburi di atas donat.

Cara membuatnya sangat mudah. Sama seperti membuat resep donat kentang di atas. Pertama membuat adonan donat, lalu mencetaknya berbentuk donat dan menggorengnya hingga matang. Setelah itu, taburi ceres warna warni atau juga krim manis yang berwarna-warni. Resep donat kentang pun telah selesai dilakukan.

7. Donat Isi Ayam

Donat Isi Ayam

Bagi yang bosan dengan donat manis, terdapat juga resep donat kentang yang memiliki rasa asin dan memiliki isian ayam. Cara membuatnya sama dengan membuat donat pada umumnya, perbedaannya hanya dalam membuat isian ayam.

Setelah adonan donat jadi, buat dulu isian ayam yang terdiri dari bawang putih, jahe, bawang bombay dan ayam. Tumis semua bahan dan beri rasa sesuai selera. Setelah isian matang, masukan isian ke dalam cetakan donat. Cetak dan bentuk donat bulat biasa, dan masukan isian di dalamnya.

Lalu selanjutnya goreng donat hingga matang, dan resep donat kentang isi ayam pun telah selesai kita lakukan dan bisa menjadi opsi makanan jika sedang malas makan berat.

8. Donat Kentang Keju

Donat Kentang Keju

Cara membuat resep donat kentang satu ini adalah dengan menyiapkan bahan untuk membuat donat. Bahan paling penting adalah tepung terigu dan kentang halus. Aduk bahan untuk membuat adonan donat hingga sempurna dan diamkan adonan hingga mengembang.

Buat isian donat dari keju, pertama tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukan kaldu, susu dan tepung terigu agar tumisan sedikit mengental. Tambahkan kacang polong, jamur, suwir ayam dan bumbu perasa.

Ambil adonan dan bentuk bulat, selanjutnya masukan isian ke dalam cetakan donat dan tambahkan keju sesuai selera. Cetak donat secara rapi hingga isian tertutup rapat oleh cetakan donat. Setelah memiliki beberapa cetakan donat, goreng donat kentang keju hingga matang. Resep donat kentang pun telah selesai kita lakukan.

9. Donat Paha Manis

Donat Paha Manis

Selanjutnya adalah membuat donat kentang dengan membentuknya seperti paha ayam dalam tusukan lidi. Kita sering melihat resep donat kentang satu ini di sekolahan, karena resep donat kentang ini sangat disukai oleh anak-anak.

Cara membuatnya sama dengan membuat adonan donat pada umumnya, hanya saja ketika dicetak bentuk seperti paha ayam dan tusuk menggunakan lidi. Setelah memiliki beberapa adonan yang siap goreng, kita siapkan minyak panas dan goreng adonan kentang hingga matang.

Balur adonan donat dengan margarin dan tabur dengan ceres coklat atau ceres warna-warni. Donat paha manis pun telah siap disajikan dan dinikmati. Jika ingin menjadikan donat kentang satu ini sebagai ide bisnis, akan sangat memungkinkan dilakukan inovasi agar donat menjadi lebih menarik.

10. Donat Pizza

Donat Pizza

Resep donat kentang selanjutnya yang juga sangat menarik dijadikan sebagai ide bisnis adalah donat pizza. Adonan donat yang dicetak berbentuk pizza ini merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia kuliner. Keunikannya bisa menjadi daya tarik yang dapat membuatnya laris di pasaran.

Cara membuatnya sama dengan membuat donat pada umumnya. Hanya saja ketika akan mencetak donat, bentuk donat seperti pizza dan goreng hingga matang. Setelah matang, susun donan sebagaimana pizza disajikan. Kita bisa menaburi donat dengan topping manis atau topping asin dengan aneka topping khas pizza

11. Donat Masa Kini

Donat Masa Kini

Resep donat kentang selanjutnya juga merupakan donat yang sedang digemari masa kini, dinamai donat masa kini karena donat ini merupakan donat-donat yang bisa kita jumpai di supermarket, mall dan pusat perbelanjaan modern lainnya

Membuat resep donat kentang satu ini sama dengan membuat resep donat lainnya yang telah dibahas di atas, yang membuat donat kentang satu ini menjadi hits dan tren adalah penggunaan toppingnya yang sangat modern khas makanan dan camilan masa kini.

12. Donat Sate

Donat Sate

Cara yang dibutuhkan untuk membuat resep donat kentang ini adalah pertama membuat adonan donat seperti yang telah dijelaskan di atas. Setelah adonan matang, cetak donat dan buat menjadi bulatan-bulatan dan tusuk kepada tusuk sate atau lidi.

Jangan langsung digoreng, diamkan donat sate selama 30 menit, agar adonan mengembang dan menempel sempurna pada tusuk sate. Setelah adonan sempurna, langsung goreng menggunakan api panas hingga matang.

Setelah matang, angkat donat dan tiriskan. Lalu baluri donat sate dengan margarin dan taburi ceres coklat, susu atau keju sesuai selera. Resep donat kentang dengan bentuk yang unik pun telah selesai dilakukan.

13. Donat Kentang Madu

Donat Kentang Madu

Resep donat kentang satu ini juga sama dengan membuat donat yang telah dijelaskan di atas. Perbedaannya adalah penggunaan madu sebagai topping utama donat satu ini. Donat ini merupakan salah satu resep donat sederhana dengan topping yang menyehatkan, yaitu madu.

14. Donat Madu Cihanjuang

Donat Madu Cihanjuang

Salah satu penjual donat yang terkenal di daerah Bandung dan Jawa Barat. Donat madu Cihanjuang menjadi alternatif donat yang bisa dipilih oleh masyarakat yang bosan dengan rasa dari merek donat yang telah terkenal mapan. Campuran kentang dan madu dalam donat ini juga membuat rasa donat menjadi lebih sempurna

15. Donat Kentang Mozarella

Donat Kentang Mozarella

Donat kentang mozarella bisa menjadi alternatif donat dengan rasa yang gurih. Sedulur bisa membuat donat ini, karena bahan dan cara membuatnya sama persis dengan donat isi ayam yang telah dijelaskan pada poin nomor 7. Perbedaannya terletak pada isiannya.

Isiannya hanya keju mozarella saja, oleh karena itu donat kentang satu ini memiliki cara yang lebih mudah dibuatnya, karena tidak perlu memasak isian terlebih dahulu.

Semoga daftar donat kentang beserta resep dan cara membuatnya yang telah diulas di atas bisa menambah referensi bagi Sedulur yang ingin membuat donat sendiri. Jangan lupa juga untuk membeli bahan untuk membuat donat kentang di Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi Aplikasi Super dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum download dan memiliki aplikasinya.