Selain menenangkan, manfaat teh juga sangat tinggi untuk tubuh dan kesehatan.

Apakah Sedulur tahu bahwa dengan kita akan lebih rileks saat minum teh? Hal tersebut merupakan manfaat minum teh setiap hari. Kandungan teh yang kaya akan nutrisi dan berbagai manfaat minum teh manis adalah penyebabnya.

Kita akan mendapatkan manfaat minum teh hijau setiap hari yang akan mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan kita. Bukan hanya itu, tubuh kita akan lebih rileks dan lebih tenang. Hal tersebut bisa mempengaruhi mood kita setiap harinya.

Artikel kali ini akan membahas berbagai manfaat teh yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Mulai dari manfaat minum teh tawar, manfaat minum teh hitam, manfaat teh sariwangi, manfaat teh untuk wajah, hingga manfaat minum teh hijau tanpa gula.

Seperti apa saja manfaat minum teh dan apakah ada efek samping minum teh, akan diulas dalam penjelasan di bawah ini. Yuk, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan, Wajib Tau!

Berbagai Macam Manfaat Minum Teh yang Bisa Kita Rasakan

1. Kaya Akan Anti Oksidan

Kaya Akan Anti Oksidan

Manfaat teh yang pertama adalah kaya akan anti oksidan. Anti oksidan sangat baik untuk melindungi tubuh dari polusi dan penyakit lainnya. Serta juga dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi.

Dengan meminum teh setiap hari, tubuh kita akan mendapatkan banyak pasokan anti oksidan yang akan memberikan berbagai macam manfaat teh untuk tubuh. Bagi Sedulur yang tinggal dan bekerja di kota besar, sudah sangat wajib meminum teh agar bisa mendapatkan asupan anti oksidan yang merupakan salah satu manfaat teh.

2. Menyehatkan Kulit

Menyehatkan Kulit

Dengan meminum teh secara rutin, kita bisa merasakan manfaat teh satu ini, yaitu memiliki kulit tubuh yang sehat. Terutama jika kita memiliki teh hitam, teh hitam dapat memberikan manfaat teh untuk menyehatkan dan menyegarkan tubuh.

Selain itu, manfaat teh satu ini bukan hanya menyehatkan kulit saja, namun juga dapat mencegah terkena kanker kulit. Hal tersebut dikarenakan manfaat teh hitam panas untuk karsinoma kulit skuamosa.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat teh selanjutnya adalah dapat mengurangi resiko diabetes. Meminum teh secara teratur dapat menurunkan dan membantu untuk mengendalikan gula darah saat setelah makan. Berdasarkan laporan penelitan dalam jurnal Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah saat setelah makan.

Bagi para penderita diabetes tipe 2, meminum teh secara rutin akan memberikan manfaat teh untuk dapat mengurangi resiko diabetes, terutama dalam hal mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh sesaat setelah mengonsumsi makanan besat.

Baca Juga: Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Sedulur Ketahui

4. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Meningkatkan Kesehatan Gigi

Selanjutnya dalam manfaat teh untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi lebih kuat. Hal ini akan sangat baik untuk Sedulur yang memiliki masalah dengan kesehatan gigi.

Gigi akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak dan bolong, terutama saat mengonsumsi makanan manis dan makanan asam. Karena makanan manis dan asam bisa membuat gigi rusak atau menjadi sensitif.

5. Mengurangi Tekanan Pada Jantung

Mengurangi Tekanan Pada Jantung

Kandungan anti inflamasi pada teh dapat memberikan  manfaat teh untuk membuat pembuluh darah rileks dan mengurangi tekanan pada jantung sehingga jantung tidak cepat lelah dalam memompa darah pada seluruh tubuh.

Jantung yang bekerja terlalu keras akan membuat jantung menjadi bermasalah dan beresiko tinggi menyebabkan penyakit jantung. Dengan meminum teh secara teratur, manfaat teh dapat mengurangi tekanan pada jantung yang membuat jantung tidak terlalu keras bekerja.

6. Mencegah Penyakit Pikun

Mencegah Penyakit Pikun

Pikun atau alzheimer merupakan sebuah penyakit yang umum diterima oleh para lansia. Penyakit masalah ingatan ini dapat dicegah dengan rutinn meminum teh. Karena terdapat salah satu manfaat teh yang dapat mencegah penyakit pikun.

Manfaat teh hijau dapat membantu untuk mengembangkan resistensi terhadap stres dan berpotensi penyakit Alzheimer. Selain itu, polifenol dapat melindungi sel otak dari kerusakan. Hal ini sangat baik untuk mencegah penyakit pikun dan sekaligus merupakan salah satu manfaat teh.

7. Memperbaiki Pola Tidur

Memperbaiki Pola Tidur

Jika Sedulur ada yang bermasalah dengan waktu tidur, dengan meminum teh kita bisa mendapatkan kembali pola tidur yang baik. Hal ini merupakan salah satu manfaat teh yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat teh satu ini sangat cocok bagi para penderita insomnia yang kesulitan untuk tidur di malam hari. Tidur merupakan aspek yang sangat penting untuk kita. Terutama bagi yang memiliki aktivitas sehari-hari yang padat, jika kesulitan tidur hal tersebut bisa membuat kita sakit.

8. Meningkatkan Fokus

Meningkatkan Fokus

Kandungan kafein yang terdapat dalam teh, dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Selain itu theanine merupakan asam amino yang unik yang terdapat di dalam teh. Hal tersebut juga dapat meningkatkan fokus dan dapat meningkatkan tubuh menjadi lebih waspada.

Manfaat teh satu ini sangat baik bagi yang sering mengalami gagal fokus saat rapat atau saat sedang berada di perkuliahan. Manfaat teh satu ini dapat meningkatkan otak untuk menstimulasi fokus dan perhatian pada satu hal yang sedang diperhatikan.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat teh satu ini cocok bagi kita yang memiliki masalah dalam metabolisme tubuh. Dengan meminum teh secara rutin, kita bisa mendapatkan manfaat teh dalam hal metabolisme atau pencernaan.

Bagi yang memiliki masalah lemak dalam tubuh, dengan meminum teh akan lebih mudah untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, bahkan bisa mencapai hingga 100 kalori setiap harinya. Manfaat teh satu ini sangat cocok bagi yang tengah melaksanakan diet.

10. Dapat Mencegah Stress

Dapat Mencegah Stress

Dengan meminum teh, kita bisa mendapatkan manfaat teh yaitu mencegah stress dan kecemasan berlebih untuk tubuh. Terutama teh yang berasal dari bunga, sangat dapat untuk mencegah stress. Teh bunga kaya akan Chrysin flavon. Hal ini sangat baik untuk mencegah stress.

Para pekerja yang ada di ibu kota, atau kota metropolitan dengan tingkat kemungkinan stress yang tinggi atau juga tingkat pekerjaan yang sulit, sangat rawan stress dan depresi. Meminum teh dapat membuat tubuh mencegah stress dan merasakan manfaat teh yang sangat berarti untuk kegiatan sehari-hari.

Disarankan bagi warga ibukota atau yang tinggal di kota besar, untuk memiliki stok teh yang bisa diminum kapan saja, agar manfaat teh satu ini bisa dirasakan dan memang faktanya sangat dibutuhkan untuk para pekerja yang sangat rawan merasakan stress karena pekerjaan. Jangan sampai kita menjadi sakit karena terlalu lelah bekerja.

11. Mencegah Berat Badan Naik

Manfaat teh satu ini sangat cocok bagi yang tengah menjalani program diet dan yang kesulitan mengendalikan berat badan. Dengan mengkonsumsi teh setiap hari, kita dapat mencegah berat badan naik dan tidak akan membuat kita mengalami obesitas.

Hal ini disebabkan oleh kandungan daun teh dari senyawa mateine yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan kafein yang dihasilan dan energi yang dilekuarkan akan meningkat, sehingga berat badan akan stabil.

12. Berfungsi Sebagai Obat Anti Aging

Berfungsi Sebagai Obat Anti Aging

Anti aging atau penuaan adalah masalah yang akan kita hadapi suatu saat nanti. Menjadi tua merupakan sebuah kepastian, namun mencegah terlihat tua dan mangalami penuaan dini adalah sebuah usaha yang wajib dilakukan.

Hal tersebut bisa kita dapatkan dengan meminum teh, karena terdapat salah satu manfaat teh yaitu mencegah penuaan. Dengan begitu, wajah kita akan senantia terlihat selalu mudah tanpa harus khawatir terlihat tua dan mengalami penuaan.

Manfaat teh satu ini didapatkan dari kandungan polifenol dan EGCG yang bermanfaat untuk menghambat tanda-tanda penuaan seperti noda hitam pada wajah dan garis-garis halus yang akan dialami oleh wajah.

13. Merampingkan Pinggang

Memiliki lingkar pinggang yang lebar? Jangan khawatir, masalah tersebut bisa diatasi dengan meminum teh secara rutin. Karena terdapat salah satu manfaat teh yang dapat membantu kita merampingkan pinggang.

Terutama teh oolong. Teh oolong dapat membatisi enzim pembangun lemak dalam tubuh. Selain teh oolong, teh jasmine juga memiliki salah satu manfaat yang bisa mencegah enzim pembentukan lemak yang akan membuat pinggang menjadi lebar.

14. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peran amat penting bagi kegiatan sehari-hari. Mata bisa memberikan kita penglihatan yang dapat membuat kita menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa harus kesulitan.

Jika kita sedang menjalankan program kesehatan mata, maka manfaat teh satu ini sangat penting untuk kita dapatkan. Karena salah satu manfaat teh yaitu bisa membantu kita menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan kandungan anti oksidan yang terdapat dalam teh.

Kandungan anti oksidan dapat memberikan manfaat teh untuk membantu kesehatan mata dapat stabil, terutama retina pada mata. Selain itu, manfaat teh juga dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan penurunan fungsi mata pusat untuk memandang lurus ke depan.

Bagi yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan menatap layar laptop atau komputer, mengonsumsi teh setiap hari merupakan suatu kewajiban. Agar mata kita bisa selalu sehat dan terjaga.

15. Melindungi Hati/Liver

Melindungi Hati/Liver

Hati atau liver merupakan bagian dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting. Liver berfungsi untuk menyaring segala racun dan hal buruk yang dapat membuat tubuh menjadi sakit. Salah satu manfaat teh adalah dapat melindungi liver.

Terutama teh hijau, salah satu manfaat teh hijau adalah dapat meningkatkan perlindungan pada liver agar bisa melakukan fungsinya dengan baik dan tubuhpun dapat tepat sehat meskipun aktivitas dan kegiatan selalu tinggi dan memberatkan tubuh.

16. Anti Alergi

Salah satu manfaat teh hijau adalah dapat membuat alergi tidak bisa menembus antibodi manusia. Hal tersebut disebabkan oleh sifat dari kandungan antihistamin yang ada pada teh yang berfungsi untuk meredakan dan mencegah serangan alergi dan demam.

Dengan mengkonsumsi teh secara rutin, kita bisa mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Terutama bagi yang memiliki alergi. Alergi seringkali menghambat kegiatan kita sehari-hari. Dengan meminum teh, kita tidak usah khawatir lagi terhadap sebuah alergi.

17. Meringankan Sembelit

Meringankan Sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah atau penyakit yang menyulitkan. Kita juga bahkan bisa kehabisan energi dan dehidrasi saat sembelit. Karena sembelit mengeluarkan energi yang sangat tinggi dan juga sangat menguras emosi.

Kita bisa rutin meminum teh pappermint untuk dapat meringankan sakit sembelit dan juga mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Sembelit terjadi karena banyaknya bakteri jahat yang ada pada usus dan menyebabkan terjadinya sembelit.

Dengan mengonsumsi teh pappermint secara rutin, sembelit akan hilang dan buang air besar pun akan kembali lancara seperti semula.

18. Teh Dapat Mencegah Kanker

Teh Dapat Mencegah Kanker

Kandungan polifenol yang tinggi dalam teh bisa menghambat perkembangan kanker seperti, kanker lambung, kanker usus besar, kanker payudara, liver, prostat, dan kulit. Dengan rutin meminum teh putih, teh hijau atau teh hitam. Kita bisa mencegah menderita kanker.

Hal tersebut dikarenakan ketiga jenis teh yang telah disebutkan di atas mengandung EGCG (Epigallocatechin gallate) yang dapat menurunkan resiko timbulnya kanker yang akan menggerogoti tubuh kita.

Agar tubuh tetap sehat dan bisa terhindar dari resiko kanker, maka mulai saat ini kita harus sangat rajin meminum teh untuk dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.

19. Meringankan Sakit Kepala

Meringankan Sakit Kepala

Sering mengalami sakit kepala secara tiba-tiba? Jangan langsung meminum obat sakit kepala, biasakan dengan meminum teh secara rutin, maka sakit kepala pun tidak akan pernah sama sekali kita alami kembali.

Sakit kepala disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering adalah kurangnya asupan oksigen yang ada pada otak menjadi penyebab utama terjadinya sakit kepala. Meminum teh yang dicampur dengan jahe bisa membuat sakit kepala kita mereda.

Selain itu sakit kepala juga bisa disebabkan pembengkakan pada otak, meminum teh jahe bisa menghambat proses kimia yang menyebabkan pembengkakan pada otak terjadi.

20. Meningkatkan Kreativitas

Meningkatkan Kreativitas

Dalam sebuah laporan ilmiah dalam jurnal Food Quality and Preference, menyampaikan bahwa dengan meminum teh hitam secara rutin dapat meningkatkan dan mempengaruhi tingkat kreativitas. Namun, meminum teh hita dalam jumlah kecil tidak akan memberikan efek pada jangka panjang.

Hal tersebut menunjukan bahwa meminum teh harus dilakukan rutin setiap hari secara berkala agar dapat meningkatkan kreativitas kita sehari-hari. Kita pun bisa semakin semangat dalam melakukan pekerjaan. Terutama pekerjaan di media kreatif yang sangat menuntut kreativitas.

Dengan meminum teh secara rutin, dapat meningkatkan kreatifitas kita saat berpikiran dan melakukan proses imajinasi yang tinggi.

Semoga berbagai manfaat yang dapat diberikan oleh teh yang telah diulas di atas bisa memberikan kita informasi tambahan. Mulai rutin minum teh dari sekarang. Jangan sampai menyianyiakan berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh teh.

Jangan lupa juga untuk menyediakan teh dalam jumlah banyak di rumah kita setiap harinya. Agar kita bisa siap sedia membuat teh kapan saja. Kita bisa membeli teh untuk persediaan di Aplikasi Super. Karena di Aplikasi Super terdapat berbagai macam teh yang bisa kita pilih.

Harga murah dan cara belanja yang mudah juga merupakan kelebihan lain dari Aplikasi Super. Banyak program lain yang bisa kita rasakan dan manfaatkan dari Aplikasi Super. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut lagi.

Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasinya. Jangan sampai Sedulur sekalian menyianyiakan manfaat dan keuntungan yang ada di Aplikasi Super.