Ternyata minyak kayu putih bermanfaat cegah virus corona, lho!

Ketika kabar virus corona menyebar, banyak masyarakat mencari cara untuk mencegah agar tidak tertular virus corona. Salah satu kabar yang viral adalah adanya pasien virus corona yang sembuh oleh minyak kayu putih.

Faktor yang membuat informasi tersebut viral adalah karena virus corona bisa sembuh oleh minyak kayu putih. Namun, informasi tersebut belum valid, karena perlu dilakukan tes secara klinis tentang manfaat minyak kayu putih.

Maka dari itu, kabar terkait minyak kayu putih untuk kesehatan dan daya tahan tubuh saat covid harus dibuktikan secara klinis terlebih dahulu. Namun beberapa manfaat yang jelas terbukti adalah manfaat minyak kayu putih untuk wajah dan manfaat minyak kayu putih untuk ibu hamil.

-->

Kayu putih memang memiliki khasiat dan manfaat untuk tubuh. Daun pohon minyak kayu putih yang memberikan khasiat tersebut. Karena proses membuat minyak kayu putih yang sangat lama salah satu manfaatnya yaitu minyak kayu putih untuk jerawat.

Minyak kayu putih sangat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Selain itu terdapat juga cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. Artikel kali ini akan membahas manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan tubuh. Yuk, mari kita langsung simak saja penjelasannya.

Baca Juga: Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Sedulur Ketahui

Daftar Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan Tubuh

1. Meredakan Batuk

Meredakan Batuk

Pertama adalah manfaat kayu putih untuk meredakan batuk. Kita bisa minum minyak kayu putih untuk mendapatkan manfaatnya. Banyak obat batuk yang dijual di apotek dan toko obat mengandung minyak kayu putih di dalamnya.

Kita ambil contoh obat seperti Vicks Vaporub. Obat ini mengandung sekitar 1.2 persen kayu putih di dalamnya. Bersama dengan bahan pereda batuk lainnya. Obat ini merupakan obat jenis oles yang bisa kita gunakan di tenggorokan dan dada untuk meredakan batuk dan pilek.

Beberapa obat batuk lain yang diminumnya juga mengandung dan menggunakan minyak kayu putih sebagai bahan campuran untuk meredakan batuk.

2. Membersihkan Dada

Membersihkan Dada

Dada terasa berat dan berdahak? Kita bisa membersihkannya dengan mengoleskan minyak kayu putih. Karena minyak kayu putih dapat memberikan kehangatan yang bisa mencairkan dahak yang menggumpal.

Selain itu, aroma dari minyak kayu putih juga dapat membantu mengencerkan dahak dan lendir yang menyumbat di rongga dada, sehingga kita merasa sesak dan dada terasa berat. Menggunakan kayu putih sebagai olesan dapat membuat tubuh kita hangat dan dada tetap bersih.

3. Meredakan Gigitan Nyamuk

Meredakan Gigitan Nyamuk

Kita pasti sering sebal dengan gigitan nyamuk yang mengganggu kan? Tenang saja, hal tersebut bisa kita obati dengan mengoleskan minyak kayu putih. Menggunakan kayu putih sebagai pertahanan terhadap nyamuk adalah pilihan yang tepat.

Nyamuk sangat tidak menyukai aroma kayu putih, dan hal tersebut bisa membuat nyamuk kabur dan tidak nyaman. Namun, jika akhirnya kita tidak bisa menghindari gigitan nyamuk, kita juga bisa mengoleskan minyak kayu putih sebagai obat untuk meredakan gigitan nyamuk.

Baca Juga: Manfaat Susu Bear Brand Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

4. Bernafas dengan Mudah

Bernafas dengan Mudah

Manfaat selanjutnya dari kayu putih adalah dapat melancarkan dan memudahkan pernafasan. Bagi Sedulur yang memiliki penyakit asma dan sinusitis, akan sangat terbantu dengan aroma minyak kayu putih sebagai melancarkan pernafasan.

Minyak dari kayu putih akan bereaksi terhadap selaput lendir dan dapat mengurangi lendir dengan cara mengeluarkannya. Namun, bagi Sedulur yang menderita asma dan alergi terhadap minyak kayu putih, hal ini akan membuat asma semakin parah.

5. Mengontrol Gula Darah

Mengontrol Gula Darah

Minyak dari kayu putih juga memiliki peran untuk mengontrol gula darah dan sangat berpotensi untuk digunakan sebagai obat diabetes. Beberapa ahli percaya bahwa minyak kayu putih dapat berperan dalam mengurunkan gula darh bagi para penderita diabetes.

Para ahli sangat percaya bahwa untuk memantau gula darah secara cermat dapat menggunakan minyak dari kayu putih sebagai obat diabetes. Walaupun cara kerja secara persis belum diketahui. Hal ini akan sangat baik sebagai sugesti.

6. Mengobati Luka di Kulit

Mengobati Luka di Kulit

Bagi Sedulur yang sering mendapatkan luka di kulit, bisa menggunakan kayu putih untuk mengobatinya. Masyarakat suku Aborigin di Australia sudah sejak lama menggunakan kayu putih sebagai obat untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi.

Minyak dari kayu putih sangat bisa digunakan untuk melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Setiap krim dan salep kulit, memiliki kandungan minyak kayu putih di dalamnya untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit.

Hingga luka bakar ringan, dan luka akibat jatuh bisa diobati dengan menggunakan minyak dari kayu putih yang encer dan dioleskan di bagian luka.

7. Menyegarkan Bau Mulut

Menyegarkan Bau Mulut

Aroma minyak dari kayu putih bisa memberikan relaksasi pada pernafasan yang akan mempengaruhi mood kita. Selain itu, minyak kayu putih juga memiliki manfaat seperti daun mint yang bisa menyegarkan aroma nafas dan aroma mulut kita.

Obat kumur dan pasta gigi menggunakan minyak esensial dari kayu putih sebagai bahan aktif. Produk kayu putih juga dapat membantu mencegah penumpukan dari plak gigi dan gusi dengan cara menyerang bakteri penyebab kerusakan gigi.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Meredakan Nyeri Sendi

Minyak dari kayu putih juga dapat memberikan manfaat untuk meredakan nyeri pada sendi. Faktanya, banyak krim pereda nyeri sendi yang populer dan banyak digunakan masyarakat menggunakan minyak kayu dari kayu putih sebagai bahan utamanya.

Selain itu juga minyak dari kayu putih dapat membantu kita mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh banyak faktor. Permasalahan pegal, linu dan persoalan persendian lainnya bisa diredakan oleh kayu putih.

9. Merelaksasi Otot

Merelaksasi Otot

Otot yang tegang dan pegal akibat aktivitas sehari-hari harus diobati dan diberikan relaksasi agar tidak terjadi cedera yang akan memberikan akibat sangat fatal bagi tubuh. Faktanya, dengan mengoleskan minyak kayu putih, kita bisa membuat otot lebih rileks.

Hal ini akan sangat baik untuk kesehatan otot agar terhindar dari cedera dan berbagai permasalahan lain yang ditimbulkan. Otot merupakan bagian tubuh yang sangat penting, yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari.

Jika otot kita mengalami cedera, otomatis kegiatan sehari-hari kita pun  akan terganggu. Minyak kayu putih dapat mencegah hal buruk seperti ini terjadi.

Semoga manfaat dan khasiat dari kayu putih yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan informasi tambahan bagi Sedulur yang belum mengetahui khasiat minyak yang dihasilkan kayu putih. Jangan lupa untuk selalu menyediakan minyak dari kayu putih di rumah.

Sedulur bisa membeli bermacam produk kayu putih dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan banyak produk kesehatan dan kecantikan tubuh, salah satunya minyak kayu putih. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya.

Klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Agar kita bisa standby jika membutuhkan barang apapun secara mendadak.