nama dinosaurus

T-rex, Megalodon dan Ichtyiosaurus adalah nama-nama dinosaurus. Biasanya kita mengenal nama hewan purba ini melalui cerita fiksi atau animasi bukan, nah hewan purba ini benar-benar ada dan tersebar ke seluruh penjuru benua lho Sedulur. Mulai dari benua Amerika, Eropa dan bahkan Asia, dan di wilayah tersebut pernah ditemukan tulang-tulang raksasa yang diduga merupakan fosil dinosaurus.

Dinosaurus berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘deinos’ artinya kuat, mengerikan dan hebat. Sedangkan istilah kata ‘Sauros’ mempunyai arti kadal. Jadi dapat diartikan dinosaurus merupakan kadal kuat dan mengerikan. Dinosaurus ditakuti karena penampilannya gahar, mengerikan dan siap mencabik mangsa siapa saja. Alhasil ada banyak sekali nama nama dinosaurus yang wajib Sedulur tahu.

Jenis dinosaurus yang terkenal sangat buas di daratan adalah Tyrex. Hewan purba dan masuk dalam nama-nama dinosaurus ini tak segan mencabik-cabik mangsanya tanpa ampun. Sehingga Tyrex sebagai hewan purba karnivora.

Dinosaurus terkenal punya tampilan mengerikan dan buas, namun tak semuanya karnivora. Adapula dinosaurus yang mengonsumsi daun-daunan. Meski hewan purba ini sudah punah sekitar 66 juta tahun lalu dan diprediksi pernah menghuni Bumi sekitar 230 juta tahun lalu. Penasaran nama-nama dinosaurus dari a-z dan gambarnya, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Benua: Pengertian, Jenis & Proses Terbentuknya

1. Abelisaurus

Abelisaurus
Pinterest

Nama nama dinosaurus yang terkenal pertama adalah Abelisaurus. Sepintas hewan purba ini mirip Tyrex dan Abelisaurus masuk dalam kelas karnivora alias pemakan daging. Hewan purba ini konon memiliki kaki dengan panjang 7,4 meter, meski belum bisa dbuktikan kebenarannya. Sebab, penjelasan ini menurut bukti dari satu tengkorak parsial.

Anatomi hewan ini cukup menarik di mana tangannya punya ukuran relatif pendek. Sedangkan pada area kepala lumayan panjang dan tanpa tumbuhnya tanduk di area tersebut. Diketahui Abelisaurus pernah hidup di zaman Cretaceous akhir dan habitat paling banyak ditemukan di Amerika Selatan.

Meski hewan ini sudah punah, namun setelah melihat bentuk fisik hewan ini, Abelisaurus termasuk hewan purba mengerikan yang pernah hidup di muka bumi ini Sedulur.  

2. Albertosaurus

nama nama dinosaurus
Greelane

Berikutnya ada nama nama dinosaurus dan gambarnya yaitu Albertosaurus. Hampir sama bentuknya dengan Abeliusaurus dan masih satu anggota dari keluarga T-rex, Albertosaurus termasuk pemakan daging alias karnivora. Ciri khas dari Albertosaurus ini adalah punya kecepatan lari luar biasa karena bisa mencapai 48 km/jam.

Punya ukuran besar dan berbadan kekar, dengan kecepatan 48 km/jam di masa itu termasuk hewan paling cepat di masanya. Diketahui Albertosaurus pernah hidup di zaman kapur dan habitatnya banyak tersebar di seluruh Amerika Utara.

3. Allosaurus

nama nama dinosaurus
Live Science

Adapula nama-nama dinosaurus yang terkenal bernama Allosaurus di mana hewam purba ini pernah hidup pada zaman Jura. Karakteristik hewan ini pun luar biasa, dimana Allosaurus punya panjang tubuh mencapai 12 meter, berat mencapai dua sampai dengan lima ton. Makanan Allosaurus adalah daging alias golongan karnivora, di mana Allosaurus memangsa sesama jenis dinosaurus lainnya seperti Stegosaurus.

Allosaurus berasal dari bahasa Yunani dan terdiri dari dua kata yaitu Allos artinya berbeda atau aneh dan Sauros yang berarti kadal. Hewan purba ini merupaka jenis dinosaurus pemakan daging terbesar dan pernah hidup di muka bumi. Tak hanya itu Allosaurus dikenal baik selain jenis dinosaurus seperti Tyrannosaurus rex dan Megalosaurus Sedulur. Tidak diketahui dimana benua mana hewan ini hidup, namun Allosaurus merupakan hewan purba mengerikan.

BACA JUGA: Pulau Komodo, Taman Nasional Eksotis yang Jadi Keajaiban Dunia

4. Ankylosaurus

nama nama dinosaurus
Uzone

Dinosaurus ini masuk dalam kelompok hewan purba yang punya ukuran besar dan kerap dinamakan dengan dinosaurus lapis baja. Sebab, di bagian punggung hewan ini ditumbuhi semacam tanduk besar untuk menghindari pemangsa. Diketahui Ankylosaurus punya panjang tubuh mencapai 10 meter dan punya berat mencapai lima ton.

Ankylosaurus merupakan salah satu dari nama-nama dinosaurus, dan hewan purba ini punya struktur tulang di bagian ujung ekornya mirip dengan bola berduri. Tujuannya tidak lain agar sanggup melawan predator dan musuh-musuhnya.

5. Apatosaurus

nama nama dinosaurus
DK Find Out

Nama dinosaurus leher panjang ada Apatosaurus dan mereka pernah hidup di zaman jurasik akhir. Berat badan Apatosaurus ini mencapai 20 sampai 30 metrik ton dan mempunyai panjang leher mencapai 20 sampai dengan 23 meter. Tidak seperti T-rex atau Abeliusaurus yang memakang daging, Apatosaurus merupakan hewan purba pemakan daun-daunan.

Nama lain Apatosaurus adalah Brontosaurus yang mana diartikan sebagai kidal kilat. Fosil Apatosaurus ditemukan pertama kali oleh Othniel Charles Marsh di tahun 1879. Penamaan Apatosaurus masih tetap dipakai sampai sekarang pada literatur-literatur resmi. Anatomi Apatosaurus ini cukup berbeda dengan hewan purba lain.

Panjang tubuh Apatosaurus mencapai 26 meter dan memiliki berat mencapai 32 ton, bahkan bisa jadi lebih berat dari 6 ekor gajah. Sama seperti hewan purba Allosaurus, Apatosaurus diduga pernah hidup di zaman Jura. Dengan leher panjangnya, Apatosaurus mampu mencambuk pemangsanya ataupun predator lain.

Brontosaurus ini diketahui punya musuh abadi dan kerap memangsanya yaitu Allosaurus. Hewan Apatosaurus banyak menghabiskan waktunya di hutan ataupun tepian danau.

6. Archaeopteryx

nama nama dinosaurus
Greelane

Beralih ke nama-nama dinosaurus terbang yaitu Archaepteryx yang mana hewan ini termasuk hewan dari golongan aves alias burung. Burung dinosaurus seperti Archaepteryx diketahui pernah hidup pada zaman Jura atau sekitar tahun 155-150 juta tahun lalu. Mereka banyak ditemukan pada wilayah Jerman bagian selatan.

Karakteristik hewan purba ini sangat mengerikan di mana bagian mulutnya dipenuhi gigi dan punya tulang ekor dinosaurus. Banyak peneliti menduga Archaepteryx merupakan hewan purba dan pernah hidup di zaman Jurasik Akhir. Archaepteryx sebenarnya hewan purba dengan persilangan antara burung dinosaurus kecil dan burung Archaeopteryx sehingga menghasilkan hewan dinosaurus terbang.

BACA JUGA: 8 Jenis Jenis Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia & Cirinya

7. Baryonyx

nama nama dinosaurus
Pinterest

Ada lagi nama-nama dinosaurus bernama Baryonyx di mana hewan purba ini pernah hidup pada zaman kapur alias Creaceous awal. Fosilnya pertama kali ditemukan oleh William J. Walker pada tahun 1983. Walker memberitahu Museum Sejarah Alam di London, Inggris dan dia meyakini sudah menemukan penemuan penting.

Kejutan terus berlangsung di mana saat melakukan penggalian lanjutan, ahli Paleontologi kembali menemukan fosil lagi dan akhirnya dinamakan Baryonyx Walker. Nama Walker sengaja disematkan oleh tim peneliti atau Paleontologi tersebut  sebagai bentuk penghormatan kepada William J Walker seorang kolektor fosil hewan purba di masa itu.

8. Brachiosaurus

Belajar Sampai Mati

Selain Brontosaurus atau Apatosaurus sebagai hewan purba berleher panjang, ada pula nama dinosaurus leher panjang berikutnya yaitu Brachiosaurus. Jenis Sauropoda ini diketahui sanggup tumbuh dengan panjang mencapai 25 meter dan memiliki berat badan mencapai 30 dan 50 metrik ton.

Brachiosaurus sedikit berbeda dengan Apatosaurus karena hewan ini punya kaki depan lebih panjang dibandingkan dengan kaki belakang. Nama Brachiosaurus disematkan pada hewan purba ini,  karena memiliki arti kadal bilah.

9. Coelophysis

DK Find Out

Mungkin Sedulur akan merasa bingung apakah ada hewan dinosaurus bertubuh mini, jawabnnya ada. Coelophysis merupakan dinosaurus dengan postur tubuh kecil, lincah dan cepat dalam melakukan mobilisasi alias bergerak. Hewan purba ini diketahui pernah hidup pada zaman trias akhir.

Sepintas Coelophysis mempunyai fisik mirip T-rex atau Allosaurus, namun hewan purba ini punya ukuran mini. Mereka kerap memangsa hewan-hewan kecil seperti binatang reptil sampai dengan serangga kecil di sekitar wilayahnnya. Meski demikian, fosil hewan purba ini paling banyak ditemukan peneliti, dan punya usia sangat tua.

10. Deinonychus

Wikimedia Commons

Berikutnya ada nama nama dinosaurus yang terkenal bernama Deinonychus. Hewan purba dan pernah hidup di zaman Cretaceous ini punya panjang tubuh mencapai tiga meter dan berat badan mencapai 80 kg. Keunikan Deinonychus ini adalah mereka punya cakar tajam dan mengerikan untuk mencabik-cabik mangsanya.

Punya badan kecil, Deinonychus dapat  bergerak cepat dan bisa menjadi predator paling bahaya. Selain itu hewan purba ini dikenal memiliki forelimbs panjang dan cakar tangan kuat. Fungsinya bisa dipakai saat menghadapi musuh-musuhnya.

11. Diplodocus

DK Find Out

Berikut ada lagi golongan nama dinosaurus leher panjang bernama Diplodocus. Dinosaurus berleher panjang selama kita mengenal hanya Brachisaurus ataupun Brontosaurus, namun selain kedua nama tersebut masih ada lagi. Sama seperti Brontosaurus, Diplodocus merupakan dinosaurus dengan kaki empat dan punya leher panjang.

Diplodocus pun diketahui memiliki ekor panjang dan berguna dalam melinduri diri dari pemangsa. Panjang tubuh Diplodocus bisa mencapai lebih dari 25 meter dan tinggi lima meter. Beratnya mencapai 10 sampai dengan 26 ton, menjadikan Diplodocus sebagai hewann purba terberat di masa itu.

Fosil Diplodocus banyak ditemukan pada wilayah Amerika Utara dan hewan ini pernah hidup pada zaman Jurasic Akhir. Pemberikan nama Diplodocus ini sebenarnya berasal dari bahasa Yunani dan latin artinya “Bertiang Dua”

12. Edmontosaurus

Wikimedia Commons

Ada lagi nama-nama dinosaurus yang terkenal bernama Edmontosaurus. Dinosaurus ini merupakan golongan Herbivora alias pemakan tumbuhan. Edmontosaurus merupakan dinosaurus unik karena mereka juga masuk dalam golongan dinosaurus bebek. Penyematan nama tersebut bukan tanpa alasan mengingat bagian mulutnya memang menyerupai bebek.

Fosil Edmontosaurus banyak ditemukan di wilayah barat Amerika Utara dan pernah hidup di zaman kapur akhir. Keunikan Edmontosaurus mererka berjalan menggunakan dua kaki belakangnya. Akan tetapi saat turun dan meraih makanannya maka akan berjalan menggunakan keempat kakinya. Itulah ciri khas Edmontosaurus yang tidak dimiliki dinosaurus pada umumnya Sedulur.

13. Triceratops

Greelane

Bila tadi kita membahas dinosaurus berleher panjang, pemakan daging dan mampu terbang, berikutnya ada lagi nama dinosaurus bertanduk bernama Triceratops. Dinosaurus Triceratops punya tanduk cukup besar di bagian belakang kepala mereka. Fungsinya tak lain melindungi diri dari pemangsa lain.

Adanya tanduk atau tameng di belakang kepalanya, menjadikan jenis hewan purba ini paling mudah dikenali oleh peneliti. Triceratops punya tinggi tubuh mencapai sembilan meter dan beran mencapai 10 ton. Beratnya dinosaurus ini sebenarnya berasal dari kepalanya, sebab kepala Triceratops paling banyak menampung beratnya.

Biasanya Triceratops tak pergi sendirian, mereka sering berjalan bersama kelompok besar saat bermigrasi ataupun aktivitas lainnya Sedulur. Dinosaurus Triceratops umumnya memakan tanaman yang tumbuh rendah. Cara memasukkan makanan pada dinosaurus ini cukup unik, dimana Triceratops memakai paruhnya dan kemudian memotong tanaman tersebut menggunakan 800 gigi di mulutnya.

Ketika berjalan jari kaki pada Triceratops akan diarahkan ke luar, dinosaurus ini pun tergolong lambat dalam berjalan. Sebab, berat badannya bisa mencapai enam hingga delapan ton. Dengan berat seperti itu, mereka tidak mampu berjalan cepat. Tengkorak Triceratop merupakan terbesar dan paling mudah dikenali dari dinosaurus lain.

14. Megalodon

Viva

Megalodon sebenarnya merupakan nenek moyang ikan hiu. Dinosaurus ini merupakan salah satu hewan purba dan termasuk dalam bagian nama-nama dinosaurus air. Megalodon termasuk dari sekian predator terbesar sepanjang sejarah dan satu-satunya jenis hiu paling besar terekam. Megalodon pernah mengusasai lautan pada Era Kenozoikum.

Saat ini, puncak predator di lautan masih dipegang oeh Hiu raksasa dan digadang-gadang punya keturunan dari ikan purba bernama Megalodon. Diketahui ukuran Megalodon bisa mencapai 20 meter. Ada alasan lain mengapa hewan purba ini dinamakan dengan Megalodon, hal ini tak lain karean mereka punya gigi besar. Megalodon berasal dari dua kata berbeda Otodus Megalodok artinya gigi besar.

Dilansir dari laman Wikipedia, para ilmuan menduga Megalodon hampir menyerupai hiu putih dan rahangnya cukup besar. Kekuatan giginya antara 110.000 sampai dengan 180.000 newton. Gigi Megalodon sangat tebal dan kuat serta mampu berevolusi dalam menangkap mangsa bahkan sampai meremukkan tulang mangsanya.

Megalodon diketahui punah saat populasi mangsa favoritnya punah pada zaman Pliosen atau sekitar (5,3 – 2,58 juta tahun lalu). Penjelasan ini sudah dipublikasikan pada jurnal Palaeogeography, Palaeoclimatology ataupun Palaeoecology.

15. Ichthyosaurus

Greenlane

Nama nama dinosaurus air yang terakhir adalah Ichthyosaurus. Dinamakan demikian, karena mereka adalah jenis kadal ikan air dan menyerupai ikan lumba-lumba. Mereka hidup pada era Mesozoiukum dan kelompok ini pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun lalu. Namun pada akhirnya punah sekitar 90 juta tahun lalu.

Demikian ulasan mengenai nama-nama dinosaurus yang pernah hidup di bumi. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pengetahuan dan wawasan akan keberadaan hewan purba. Siapa tahu setelah membaca artikel ini, Sedulur berminat mendalami ilmu Paleontologi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!