Berikut tips dan cara usaha jual beras bagi pemula yang bisa Sedulur terapkan.

Menjalankan bisnis merupakan pilihan yang tepat bagi yang mulai bosan dan jenuh bekerja kantoran. Setiap bisnis sangat menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan, salah satu bisnis yang sangat menjanjikan adalah bisnis menjual beras.

Dalam satiap bisnis tentu saja membutuhkan perencanaan, terutama perencanaan bisnis usaha jual beli beras. Selain itu, tidak jarang juga berbisnis beras memberikan kita resiko. Resiko usaha beras seputar persaingan harga dan juga ketersediaan beras itu sendiri.

Kendala usaha beras juga biasanya muncul dari faktor internal, yaitu kesalahan dalam melakukan analisa usaha beras. Oleh karena itu akan sangat bijak jika kita melakukan desain toko beras dengan segala perencanaannya dengan matang.

-->

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa cara dan tips usaha jual beras bagi pemula. Terutama bagi Sedulur yang memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis sembako. Seperti apa saja tips dan cara usaha jual beras bagi pemula? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 10 Tips Mencari Paket Sembako Murah dan Berkualitas

Daftar Cara dan Langkah Memulai Usaha Jual Beras Bagi Pemula

1. Memilih Supplier Beras yang Tepat

Memilih Supplier Beras yang Tepat
Pekerja melakukan bongkar muat beras bulog untuk di distribusikan ke wilayah Kediri di Gudang Bulog Banyakan Sub Divre V Kediri, Jawa Timur, Senin (13/1). Perum Bulog Divisi Regional Jawa Timur menargetkan pengadaan beras di wilayah Jawa Timur pada tahun ini mencapai 1,1 juta ton, naik dibanding realisasi pengadaan pada tahun lalu sebesar 1,012 juta ton. ANTARA FOTO/Rudi Mulya/ed/ama/14

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam memulai usaha jual beras bagi pemula adalah memilih supplier beras yang tepat. Mempunyai supplier beras yang tepat merupakan kunci utama dalam berjalannya bisnis berjualan beras.

Sebagai penjual beras, Sedulur harus selalu memiliki pasokan beras. Karena jika tidak, pelanggan yang membutuhkan beras akan berpindah ke toko beras lainnya. Hal ini akan menjadi sebuah kerugian bagi Sedulur, karena kehilangan satu pelanggan.

Seperti yang Sedulur ketahui sendiri, bahwa masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari yang namanya beras. Belum makan namanya jika kita belum makan nasi. Oleh karena itu, keberadaan beras sangat penting bagi masyarakat.

2. Berikan Kualitas Beras Terbaik

Berikan Kualitas Beras Terbaik

Dapat memberikan kualitas terbaik merupakan hal penting dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula. Bukan hanya harus memikirkan ketersediaan beras, dan memiliki supplier beras terpercaya. Kualitas beras juga harus senantiasa kita control dan perhatikan.

Dalam langkah menjalankan usaha jual beras bagi pemula, kualitas yang kita miliki adalah taruhannya. Karena jika kita gagal memberikan kualitas terbaik, kedepannya kita akan menjalankan langkah usaha jual beras bagi pemula yang sangat berat. Yaitu, mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan.

3. Ketahui Target Pasar

Ketahui Target Pasar

Mengetahui siapa target pasar kita merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis apapun. Termasuk juga dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula. Mengetahui siapa target pasar merupakan hal yang sangat penting.

Walaupun tidak terlalu sulit menentukan dan mengetahui siapa target pasar kita saat berjualan beras, karena hampir setiap masyarakat Indonesia membutuhkan beras sebagai makanan utama. Agar dapat fokus menemukan siapa target pasar, pilih tempat berjualan yang tepat.

Dalam menjalankan langkah usaha jual beras bagi pemula, memiliki pelanggan utama sebagai target pasar adalah hal yang sangat tepat sebagai langkah awal menjalankan cara usaha jual beras bagi pemula.

Baca Juga: Ini Dia, 7 Sembako yang Laris di Pasaran!

4. Memberikan Pelayanan yang Baik

Memberikan Pelayanan yang Baik

Menjual beras atau menjual produk apapun merupakan hal yang sangat berkaitan erat dengan pelayanan. Toko beras Sedulur harus memberikan pelayanan yang baik agar pelanggan tetap datang dan berbelanja beras di toko Sedulur.

Berikan beberapa bonus dan harga diskon bagi setiap pelanggan tetap. Hal tersebut akan membuat pelanggan nyaman dan Sedulur sebagai pemilik toko telah memberikan pelayanan yang baik dan sempurna untuk membuat pelanggan tetap belanja di toko beras Sedulur.

5. Managemen Keuangan

Managemen Keuangan

Atur dan buat buku keuangan untuk mengatur keuangan toko beras yang sedang dijalani oleh Sedulur. Karena dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula, menghitung dan mengatur keuangan adalah hal penting yang harus dilakukan.

Jangan sampai mengabaikan mengatur keuangan, karena jika terjadi kesalahan dalam menghitung pemasukan, toko beras yang sedang dibangun akan keteteran. Jangan sampai langkah usaha jual beras bagi pemula menjadi kacau karena masalah keuangan.

Pada awal menjalankan usaha beras, kita harus fokus menhitung pemasukan untuk mendapatkan kembali modal awal dan berapa keuntungan yang didapat. Hal ini penting, karena keberlangsungan toko beras akan sangat bergantung pada pemasukan awal.

6. Jangan Mudah Menyerah dan Berhenti Belajar

Jangan Mudah Menyerah dan Berhenti Belajar

Dalam setiap bisnis apapun, kendala dan resiko akan selalu kita temui. Oleh karena itu, selalu semangat untuk belajar dan tidak mudah menyerah adalah pilihan satu-satunya yang harus dijalankan.

Terutama dalam menjalankan usaha jual beras bagi pemula, kendala dan resiko akan banyak dihadapi, karena banyaknya pesaing yang berjualan beras. Jangan mudah menyerah, pelajari pola dalam menjalankan bisnis beras dari para pesaing.

7. Gunakan Aplikasi Super Agar Bisnis Jual Beras Semakin Berkembang

Gunakan Aplikasi Super Agar Bisnis Jual Beras Semakin Berkembang

Aplikasi Super merupakan sebuah platform digital yang menyediakan berbagai kebutuhan sembako masyarakat. Terdapat program menarik dari Aplikasi Super, yaitu Mitra Supercenter yang bisa membantu bisnis jualan beras Sedulur berkembang.

Karena akan ada pembinaan yang diberikan oleh Aplikasi Super agar dapat lebih lancar lagi dalam menjalankan cara dan langkah usaha jual beras bagi pemula. Sedulur sebagai Super Mitra dari Aplikasi Super akan diberikan pelatihan untuk dapat mengembangkan lagi usaha beras yang dijalankan.

Banyak cara dan langkah dari usaha jual beras bagi pemula yang bisa dijalankan. Bergabung menjadi Mitra Supercenter dan menggunakan Aplikasi Super adalah pilihan yang tepat. Oleh karena itu jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super juga mempelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super. Selamat mencoba!