Sering berkunjung ke Surabaya? Wajib banget beli oleh oleh khas Surabaya kekinian dan terkenal di bawah ini!

Setiap kota memiliki oleh oleh khas dan unik, termasuk Surabaya dan oleh-oleh khas Surabaya yang membuat kita ingin berkunjung kembali ke Surabaya. Informasi seputar oleh oleh khas Surabaya dan harganya otomatis kita cari tahu ketika akan berangkat ke Surabaya.

Banyak toko oleh oleh khas Surabaya dan tempat beli oleh oleh khas Surabaya yang menjual berbagai aneka makanan khas Surabaya untuk oleh oleh. Mulai dari oleh oleh khas Surabaya almond crispy cheese hingga oleh oleh kerupuk khas Surabaya.

Banyak sekali oleh oleh khas Surabaya yang terkenal yang bisa menjadi pilihan kita. Artikel kali ini akan membahas daftar oleh oleh khas Surabaya yang bisa menjadi pilihan kita ketika selesai berkunjung ke Surabaya.

Apa saja oleh oleh khas Surabaya yang dimaksud? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Makanan Khas Surabaya Yang Enak Banget dan Wajib Coba

Daftar Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian dan Wajib Dibawa Pulang

1. Almond Crispy

Almond Crispy

Oleh oleh dari Surabaya yang terkenal adalah Almond Crispy. Almond Crispy bisa kita beli secara online karena Almond Crispy merupakan salah satu oleh oleh khas Surabaya online. Oleh-oleh ini merupakan oleh-oleh yang sedang hits di Surabaya.

Terdapat tiga varian dari Almond Crispy yang bisa kita beli, pertama varian dengan rasa original cheese, kedua dengan rasa coklat dan ketiga rasa green tea. Ketiga varian rasa tersebut memiliki kenikmatan yang sama, yang membuatnya berbeda adalah selera dari kita saja.

2. Sambel Udang Bu Rudy

Sambel Udang Bu Rudy

Oleh oleh khas Surabaya Bu Rudy ini menjadi cinderamata berupa kuliner yang wajib dibeli oleh setiap pengunjung yang datang ke Surabaya. Terutama bagi para pecinta pedas, sambel udang Bu Rudy akan memuaskan dahaga pedas bagi para pecinta pedas.

Sambel udang Bu Rudy bisa didapatkan di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya. Banyak macam sambel khas Bu Rudy yang bisa kita pilih dan kita beli sebagai oleh-oleh. Toko sambel udang Bu Rudy juga menjadi salah satu pusat oleh oleh khas Surabaya.

3. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno

Spikoe resep kuno merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa kita beli, spikoe merupakan kue lapis lezat yang menggunakan resep kuno sehingga memiliki cita rasa yang tidak pernah berubah dari resep awalnya.

Bagi kita yang mencari oleh oleh khas Surabaya wisata rasa melalui spikoe merupakan pilihan yang tepat. Alamat toko oleh oleh khas Surabaya satu ini bisa kita dapatkan di Jalan Rungkut Madya 41, Surabaya. Kita juga bisa memesan lebih untuk jual oleh oleh khas Surabaya satu ini.

4. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran

Kenjeran merupakan salah satu pantai di Surabaya yang memberikan hasil laut yang melimpah. Saking melimpahnya hasil laut di pantai Kenjeran, masyarakat di sana berkreasi menciptakan berbagai olahan laut untuk dijadikan oleh oleh Surabaya.

Salah satu kreasi masyarakat Kenjeran yang berhasil adalah kerupuk Ikan Kenjeran. Kerupuk terdiri dari berbagai olahan, yaitu cumi, kerang dan makanan laut lainnya yang diolah menjadi kerupuk dengan berbagai bahan dan resep khas lainnya.

5. Aneka Macam Camilan dari Guna-guna Snack

Guna-guna Snack merupakan salah satu brand yang menjual beraneka ragam camilan khas Surabaya yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi menarik dan sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh dari Surabaya.

Salah satu camilan yang banyak dibeli adalah keripik singkong dan kentang yang menjadi camilan andalan yang dimiliki oleh Guna-guna Snack. Jangan sampai melewatkan snack satu ini ketika berkunjung ke Surabaya.

6. Siropen Telasih

Siropen Telasih

Selain aneka ragam makanan dan camilan, Surabaya juga memiliki beraneka ragam minuman yang menjadi minuman khas Surabaya. Salah satunya Siropen Telasih. Siropen Telasih juga merupakan oleh oleh khas Surabaya di bandara Juanda.

Saking terkenal dan banyak diminati, Siropen Telasih dijual di toko oleh oleh yang ada di bandara, terminal atau stasiun kereta. Banyak varian rasa dari Siropen Telasih yang bisa kita pilih, mulai dari rasa jeruk keprok hingga rasa bunga mawar.

7. Bunarendang

Bunarendang

Oleh-oleh satu ini sangat unik dan menjadi ciri khas Surabaya. Bunarendang merupakan singkatan dari burger nasi rendang. Makanan satu ini termasuk jenis makanan cepat saji dengan lauk rendang khas Minangkabau. Jika biasanya burger menggunakan roti, kali ini roti diganti oleh nasi yang dibentuk menyerupai roti.

Oleh-oleh ini merupakan hasil kreasi dari mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), yang terinspirasi dari rendang yang saat itu dinobatkan sebagai makanan paling lezat yang ada di dunia oleh CNN.

Kita bisa mendapatkan Bunarendang di beberapa titik, salah satunya Bunarendang merupakan oleh oleh khas Surabaya Pasar Genteng, karena kita bisa mendapatkannya di Pasar Genteng.

8. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro

Salah satu makanan khas Surabaya yang sering dijadikan oleh-oleh adalah Abon Sapi Padmosusastro. Abon ini juga bisa menjadi lauk makan agar makan menjadi semakin nikmat, terutama bagi kita yang sangat menyukai daging sapi.

Terdapat dua varian rasa yang bisa kita beli, yaitu rasa pedas dan manis. Jangan lupa untuk beli dan mencicipi abon sapi Padmosusastro satu ini ya.

9. Jenang dan Sirup Mangrove

Jenang dan Sirup Mangrove

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya dari varian minuman. Jenang dan Sirup Mangrove merupakan kreasi dari petani mangrove yang adai di Jalan Sonneratia, Rungkut, Surabaya. Berkat mereka kita jadi bisa mencicipi bunga mangrove sebagai sebuah minuman yang lezat dan menyegarkan.

Jenang dan sirup mangrove memiliki warna coklat dengan tekstur yang kenyal dan rasanya yang legit. Jenang biasanya dibalut dengan pelepah pisang yang telah kering. Sementara untuk sirupnya, memiliki rasa yang cenderung asam yang dapat memberikan kesegaran.

10. Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis Surabaya

Banyak kue lapis khas Surabaya yang dijual sebagai oleh-oleh. Terdapat beberapa varian rasa, yaitu coklat, vanilla, strawberry, dan beberapa varian rasa lainnya. Kue lapis terkenal dengan teksturnya yang lembut dan halus ketika dikunyah.

Kualitas bahan dan resep dalam membuat kue lapis Surabaya tidak usah diragukan lagi, bisa dibuktikan dengan kualitas rasa yang enak dan tekstur yang lembut. Oleh karena itu juga, kuliner ini memiliki harga yang cukup mahal karena harga bahan pembuatannya.

11. Kue Mente

Kue Mente

Kue mente merupakan salah satu varian kue dengan bahan utama mente atau mete, dengan dicampur oleh bahan pembuat kue yang lainnya. Kue ini memiliki bentuk yang bulat dan pipih, kue mente memiliki rasa yang enak dan lembut apabila masuk ke dalam mulut, dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

12. Suoklat

Souklat

Oleh-oleh dari varian minuman dari Surabaya ini kita sudah bisa mengenalnya dengan mendengar namanya. Minuman yang terbuat dari coklat ini dibuat oleh Devi Meisita yang telah sukses menjalankan bisnisnya hingga ke Jakarta. Souklat sangat recommended untuk dijadikan oleh-oleh.

13. Kripik Buah Kane-Kane

Kripik Buah Kane-Kane

Salah satu camilan yang menjadi oleh-oleh dari Surabaya selanjutnya adalah kripik buah kane-kane. Kane-kane adalah brand cemilan yang terkenal di Surabaya, salah satu produknya adalah kripik buah yang selalu dijadikan oleh-oleh dari Surabaya.

14. Pohong Tata

Pohong Tata

Pohong Tata menjadi salah satu camilan khas Surabaya yang sering dijadikan oleh-oleh. Olahan singkong yang digoreng kering ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kriuk yang sangat cocok dijadikan cemilan dan oleh-oleh.

15. Belinjo Udang

15. Belinjo Udang

Belinjo atau melinjo merupakan tanaman yang memiliki buah yang sering dijadikan emping. Belinjo udang merupakan emping yang dicampurkan dengan udang asli dengan tambahan rempah-rempah yang menghasilkan rasa yang khas Surabaya.

16. Bandeng Asap Tanpa Duri

Bandeng Asap Tanpa Duri

Bandeng asap tanpa duri merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang sering dijadikan oleh-oleh, karena bandeng memiliki waktu yang lama sebelum basi. Salah satu bandeng asap yang terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh adalah bandeng asap Bu Muzanah.

17. Oseng Tuna Asap

Oseng Tuna Asap

Daging ikan tuna yang telah diasap dan kemudian dioseng merupakan salah satu makanan yang terkenal di Surabaya. Dikemas dalam kemasan menarik, oseng tuna asap seringkali dibeli sebagai oleh-oleh dari Surabaya. Salah satu oseng tuna yang terkenal adalah oseng tuna asap Otaji.

18. Kopi Bandrek

Kopi Bandrek

Minuman yang menjadi oleh-oleh dari Surabaya adalah kopi bandrek. Kopi dengan campuran bandrek dan menjadi satu minuman yang lezat dan dapat menghangatkan tubuh. Kopi bandrek menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibeli pengunjung ketika berkunjung ke Surabaya.

19. Kerupuk Udang Lobster

Kerupuk Udang Lobster

Berbeda dari kerupuk udang pada umumnya yang terbuat dari udang kecil atau rebon, kerupuk udang ini terbuat dari udang lobster dan menjadi salah satu kuliner khas Surabaya yang sering dijadikan oleh-oleh. Kerupuk ini memiliki rasa yang lezat dan gurih.

20. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep

Kuliner atau makanan berat lainnya yang menjadi oleh-oleh unik dari Surabaya adalah bebek djangkep. Olahan bebek yang menggunakan berbagai macam rempah khas ini, dikemas secara modern dan menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

21. Sambal Cuk

Sambal Cuk

Bagi para pecinta pedas, ada satu lagi oleh-oleh dari Surabaya yang bisa dibeli, yaitu sambel cuk. Sambel cuk telah menyediakan produk dengan varian rasa pedas dari level 1 hingga level 13. Sambel cuk akan cocok dijadikan sambel makan menemani ayam atau bebek goreng.

22. Surabaya Snow Cake

Surabaya Snow Cake

Tren bisnis kue dan roti memang sedang marak beberapa tahun belakangan ini, hingga para selebriti nasional pun banyak yang membuka usaha kue. Surabaya Snow Cake merupakan salah satu kue atau roti yang sering dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung dari Surabaya.

23. Fruit Glory Cake

Fruit Glory Cake

Masih disebabkan oleh tren bisnis kue dan roti, salah satu kue dan roti yang menjadi hits dan sering dijadikan oleh-oleh dari Surabaya adalah Fruit Glory Cake. Kue yang terbuat dari buah ini memiliki rasa yang enak untuk dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga: Tips Menjalankan Usaha Kue Kering yang Perlu Sedulur Ketahui

24. Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang Peneleh

Bikang merupakan salah satu jenis kue basah yang ada di Indonesia. Kue bikang yang terkenal di Surabaya terletak di daerah Peneleh. Kue Bikang Peneleh menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibeli oleh wisatawan ketika pulang dari Surabaya.

25. Kaos Cak Cuk

Kaos Cak Cuk

Jika sebelumnya merupakan oleh-oleh dari makanan atau minuman, kali ini adalah oleh-oleh yang berbentuk baji. Kaos Cak Cuk merupakan kaos terkenal dari Surabaya yang dijadikan oleh-oleh atau cinderamata yang menandakan kita telah berkunjung dari Surabaya.

Daftar oleh-oleh di atas juga semoga bisa memberi informasi bagi kita yang kesulitan mencari oleh-oleh ketika berada di Surabaya. Jangan lupa juga, di Surabaya telah beroperasi sebuah aplikasi yang melayani kebutuhan sembako masyarakat yang bernama Aplikasi Super.

Jangan lupa menggunakan Aplikasi Super untuk belanja ketika berada di Surabaya, download Aplikasi Super terlebih dahulu bagi yang belum memiliki aplikasinya. Klik di sini untuk mempelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super, salah satunya mempelajari cara daftar Aplikasi Super.