Menjalankan Usaha kue kering tidak harus menjelang hari raya.

Kue kering sering menjadi salah satu hidangan yang wajib disajikan di meja ruang tamu atau keluarga saat hari raya perayaan atau acara tertentu, seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, arisan atau sekedar kumpul bersama teman-teman di rumah.

Tidak hanya itu saja, namun juga saat ini kue kering seringkali dijadikan sebagai parcel atau bingkisan untuk diberikan kepada orang lain sebagai bentuk terima kasih atau juga ungkapan kasih sayang. Melihat kondisi tersebut, usaha kue kering menjadi sebuah peluang yang memiliki prospek.

Bagi Sedulur Super yang memiliki keahlian dalam membuat berbagai macam kue kering, dan juga tertarik menjalankan usaha kue kering, ada baiknya manfaatkan keahlian tersebut dengan membuka usaha kue kering.

-->

Hal tersebut tentu akan mendatangkan keuntungan besar sehingga bisa menjadi orang yang mendadak untung super melimpah. Tidak perlu khawatir dengan para pesaing, berikut beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan agar usaha kue kering yang dijalankan banjir orderan.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis Kuliner di Tengah Pandemi

Tips Menjalankan Usaha Kue Kering

1. Tentukan Jenis Kue Kering yang Dijual

Kue kering memiliki berbagai macam jenis, mulai dari nastar, semprit, lidah kucing, kastengel, sagu keju, putri salju dan sebagainya. Atau banyak jenis kue kering yang berbeda nama dan sebutan di tiap daerah. Jangan terburu-buru untuk memulainya, ada baiknya tentukan jenis kue kering yang akan dijual.

Lakukan riset dan survey di lapangan untuk melihat kue kering yang selalu dicari dan disukai oleh masyarakat. Selain itu, saat memilih kue kering juga harus sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan memaksakan diri membuat banyak ragam kue kering.

Hal tersebut, tentu bisa membuat Sedulur Super sulit menangani usaha kue kering. Namun, bila usaha yang dijalankan berjalan dengan lancar, semakin berkembang dan tidak memungkinkan ditangani sendiri, maka tidak ada salahnya ajak saudara atau rekan untuk bergabung di usaha kue kering.

2. Gunakan Resep Terbaik

Kue kering yang enak tentunya disukai banyak pelanggan, yaitu memiliki keseimbangan rasa antara manis, gurih dan sebagainya. Hal ini tentunya berdasarkan resep yang digunakaan saat membuat kue kering.

Sedulur harus mengumpulkan resep dari berbagai macam sumber, mulai dari internet, buku-buku resep atau tanyakan kepada nenek, ibu dan saudara karena pada umumnya setiap keluarga yang memiliki hobi membuat kue memiliki resep turun-temurun.

Hal tersebut bisa membuat usaha kue kering Sedulur memiliki ciri khas rasa yang tentu tidak akan dimiliki oleh pesaing usaha kue kering yang lain. Jika resep Sedulur disukai, Sedulur akan segera mendapatkan untung super melimpah.

3. Gunakan Bahan Berkualitas

Walau menggunakan resep yang tepat, namun bahan-bahan yang dipakai saat pembuatan kue tidak berkualitas, hal tersebut hanya akan mengurangi kelezatan rasa kue kering. Hal ini tentu akan membuat usaha kue kering Sedulur bangkrut.

Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan bahan-bahan kue yang baik dan berkualitas, mulai dari terigu, mentega, telur dan bahan lainnya. Selain memberikan rasa yang enak, pemakaian bahan-bahan yang berkualitas juga membuat kue kering tahan lama.

Artinya, kue kering tersebut tidak cepat kadaluarsa. Namun, sebagai pengusaha yang baik tentu harus pandai memastikan masa kadaluarsa setiap kue kering. Agar usaha kue kering yang dijalankan memiliki kualitas dan tingkat kepercayaan tinggi.

4. Pikirkan Inovasi Kue

Selain rasa yang enak, inovasi juga perlu dilakukan saat proses pembuatan kue kering, baik bentuknya, atau ada bahan tambahan lain sebagai pelengkap. Faktanya, jika tampilan pada kue kering tidak ada perubahan akan membuat pelanggan merasa bosan.

Hal tersebut bisa membuat pelanggan usaha kue kering Sedulur beralih memilih dan membeli kue lain yang berbeda. Bila inovasi dilakukan pada usaha kue kering, tentu akan sangat menguntungkan Sedulur sebagai penjual.

Pelanggan akan lebih mudah tertarik untuk membelinya sehingga bisa saja dalam waktu dekat akan menerima banyak pemesanan kue kering. Dengan begitu, terus perdalam kreatifitas yang dimiliki agar tampilan pada kue kering menjadi lebih menarik.

Baca Juga: Media Sosial Faktor Penentu Kesuksesan Sebuah Bisnis

5. Tentukan Harga yang Pas dan Pantas

Jangan asal menentukan harga kue kering yang akan dijual, karena hal tersebut menyangkut dengan kesesuaian harga pasar dan keuntungan yang akan Sedulur dapat di setiap jenis kue kering yang terjual.

Tetapkan harga dengan tepat berdasarkan bahan-bahan yang digunakan, perlengkapan, ongkos dan sebagainya. Bijaksana dalam melakukan penghitungan, lakukan pencatatan semua pengeluaran dengan rinci sejak awal agar lebih mudah saat menghitung harga yang akan ditetapkan.

Berhubung usaha kue kering ini baru akan dijalankan, janganlah langsung mematok harga tinggi dengan keuntungan yang besar. Tetapkanlah harga dengan keuntungan yang sewajarnya, bila usaha kue kering maju, baru Sedulur bisa menaikan harga kue kering.

6. Lakukan Promosi di Media Sosial

Saat ini banyak sekali promosi media promosi yang bisa Sedulur Super lakukan, menggunakan media sosial untuk promosi usaha kue kering Sedulur merupakan hal yang tepat. Selain efektif, promosi di media sosial juga tidak membutuhkan biaya yang besar.

Usaha kue kering memang akan sangat ramai ketika mendekati hari raya keagamaan, seperti Natal, Tahun Baru, Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Haji. Namun banyak juga pelanggan yang membutuhkan kue kering di luar hari besar keagamaan.

Hal tersebut yang membuat usaha kue kering banyak ditekuni di luar hari raya keagamaan, dan juga banyak usaha kue kering yang bertahan dan  juga malah semakin berkembang Lakukan secara tekun usaha kue kering, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.