Ingin cara cek tagihan listrik PLN? Cek disini aja, cara mudah dan cepatnya.

Kemajuan teknologi informatika saat ini memudahkan segala aspek kehidupan manusia, dari mulai membeli sesuatu, mengerjakan urusan rumah tangga, hingga membayar kewajiban kepada negara. Salah satunya membayar dan cara cek tagihan listrik.

Saat ini untuk cara cek tagihan listrik bisa dilakukan secara online tanpa harus ke kantor pelayanan PLN. Jika sebelumnya kita harus menyediakan waktu untuk berkunjung ke kantor PLN hanya untuk sekedar cara cek tagihan listrik, dengan canggihnya teknologi saat ini kita bisa cara cek tagihan listrik di rumah aja.

Kita bisa mengetahui berapa tagihan listrik kita, apakah tagihan listrik kita murah atau tagihan listrik mahal? Selain itu juga, kita bisa mengetahui cara isi token listrik di mana saja. Selain mudah, saat ini bayar listrik murah dengan cara yang jauh lebih efisien.

Bagi Sedulur yang belum mengetahui cara cek tagihan listrik online, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara cek tagihan listrik. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk cara cek tagihan listrik secara online. Apa saja caranya? Yuk, mari kita cek penjelasannya.

Baca Juga: Kini Bayar BPJS Bisa Lewat Aplikasi Super!

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Hanya Melalui Smartphone

1. Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam cara cek tagihan listrik adalah dengan menelpon call center PLN. Melakukan panggilan telepon dengan menghubungi nomor layanan resmi dari PLN melalui nomor tujuan 123. Kita bisa langsung menanyakan perihal tagihan listrikmu.

Jangan sampai lupa untuk mencantumkan kode area saat melakukan panggilan telepon kepada nomor layanan resmi dari PLN. Seperti contoh, untuk area Jakarta berarti telepon ke (021)-123 dan tunggu jawaban dari operator.

Contoh lain adalah untuk area Jawa Barat, masukkan nomor kode area (022)-123. Pastikan kita mengetahui kode area daerah kita, agar tidak salah sambung saat menelepon layanan resmi PLN. Call centre PLN selalu siap sedia melayani setiap kebutuhan kita selama 24 jam.

2. Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cara selanjutnya adalah melalui layanan SMS yang juga bisa kita lakukan melalui HP tanpa harus ribet ke kantor pelayanan PLN. Terdapat beberapa cara cek tagihan listrik melalui SMS, jangan lupa juga isi pulsa sebelum mengirim SMS, karena biaya yang dikenakan sekitar Rp. 500 saja.

Cara pertama untuk cara cek tagihan listrik per bulan melalui SMS adalah dengan mengetik format REK (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim pesan ke nomor 8123. Seperti contoh misalnya seperti berikut ini REK 8990989983 kirim ke 8123.

Cara kedua adalah dengan berlangganan mendapatkan informasi tagihan listrik, menggunakan layanan ini akan membuat kita menerima pemberitahuan tagihan tanpa harus cara cek tagihan listrik setiap bulannya. Caranya adalah dengan ketik PLN (spasi) ON (spasi) nomor ID pelanggan.

Kirim format ke nomor yang sama, yaitu 8123. Seperti contoh PLN ON 8990989983 dan kirim ke nomor 8123. Tunggu beberapa saat dan kita akan menerima konfirmasi langganan pemberitahuan. Selanjutnya kita tinggal tunggu setiap bulannya akan masuk informasi tagihan listrik.

3. Cara Cek Tagihan Listrik Menggunakan Android

Cara Cek Tagihan Listrik Menggunakan Android

Salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi adalah adanya sistem operasi Android yang memudahkan kita untuk melakukan segala sesuatu. Kita bisa melakukan cara cek tagihan listrik dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile for Android yang bisa kita download di Google Play Store.

Caranya sangat mudah, pertama download terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile for Android di Google Play Store yang ada di smartphone kita. Lalu setelah download dan terpasang sempurna, kita masuk ke aplikasi PLN Mobile.

Pilih menu informasi pada tab menu di dalam PLN Mobile, lalu klik menu informasi tagihan dan token listrik. Selanjutnya kita tinggal memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran, dan klik search atau klik cari.

Terakhir, kita tinggal menunggu dan aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik beserta besaran nominal yang harus dibayar. Cara ini sangat mudah untuk kita lakukan dan bisa kita lakukan di mana pun dan kapan pun.

4. Cek Tagihan PLN Menggunakan iPhone

Cek Tagihan PLN Menggunakan iPhone

Walaupun sama-sama smartphone, namun android dan iphone berbeda. Keduanya merupakan sistem operasi yang berbeda. Oleh karena itu, cara cek tagihan listrik menggunakan iphone juga memiliki cara yang berbeda dengan android.

Masih menggunakan aplikasi yang sama, yaitu PL Mobile, namun memiliki cara berbeda dalam mengunduhnya. Jika Sedulur yang memiliki iPhone, bisa mengunduh PLN Mobile melalui Appstore, dan tinggal mengikuti langkah untuk cek tagihan PLN yang kita miliki.

Cara pertama adalah dengan masuk ke menu dan pilih menu informasi pada tab menu. Selanjutnya adalah dengan klik menu Tagihan dan Token Listrik, lalu masukkan ID pelanggan atau nomor meteran setelah itu klik cari atau search.

Tunggu beberapa menit dan tidak lama akan muncul status tagihan dan nominalnya. Selanjutnya kita tinggal membayar jumlah tagihan listrik sebagai kewajiban kita menjadi warga negara yang baik.

5. Cek Tagihan Melalui Website

Cek Tagihan Melalui Website

Tidak hanya melayani melalui aplikasi PLN Mobile, kita juga bisa mengetahui tagihan listrik kita dengan cek di website resmi PLN. Caranya sangat mudah dan bisa kita lakukan baik menggunakan smartphone ataupun menggunakan laptop.

Pertama, kita harus mengunjungi website PLN yaitu cekbill.com. Lalu pilih navigasi cara cek tagihan listrik PLN yang tersedia pada bagian kiri website. Kemudian kita masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang sudah disediakan dan jangan lupa juga masukkan kode captcha untuk verifikasi.

Selanjutnya, kita klik cek tagihan dan tunggu beberapa saat hingga tagihan listrik kita akan muncul serta status pembayarannya. Cara cek tagihan melalui website tidak kalah mudah dengan cek tagihan melalui aplikasi.

6. Cek Tagihan dengan Berlangganan Email PLN

Cek Tagihan dengan Berlangganan Email PLN

Cara lain untuk mengetahui jumlah tagihan listrik kita adalah dengan langganan email PLN. Cara ini bisa digunakan bagi yang lebih menyukai pendataan melalui email. Kita bisa mengajukan langganan informasi tagihan listrik via email kita.

Nantinya, kita akan menerima e-mail berupa e-billing atau tagihan elektronik yang akan masuk ke email kita. Tagihan elektronik biasanya berisikan tagihan listrik yang mengharuskan kita untuk mendaftar terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, kita wajib menanyakan hal tersebut melalui  email PLN, yaitu,  pln123@pln.co.id atau menanyakan langsung melalui akun sosial media resmi PLN, seperti twitter (@pln_123) atau facebook PLN 123.

Setelah itu, kita daftarkan email kita sesuai langkah dan syarat yang diberikan oleh PLN dan kita tinggal menunggu tagihan elektronik masuk ke email kita setiap bulannya.

7. Melalui E-Commerce

Melalui E-Commerce

Bukan hanya cek tagihan, kita juga bisa cek sekaligus langsung bayar tagihan listrik melalui e-commerce yang tersedia di Indonesia. Berkembangnya ecommerce di Indonesia berkenaan dengan penggunaan metode cashless sebagai metode pembayaran atau dikenal dengan istilah fintech yang tengah berkembang.

Saat ini kita bisa melakukan pembayaran apa saja termasuk tagihan listrik tanpa perlu bawa uang tunai. Kita hanya tinggal buka aplikasi e-commerce, seperti TravelokaPay, Bukalapak, Tokopedia, OVO, dan lainnya. Dan langsung cara cek tagihan listrik, lalu kemudian membayarnya.

Baca Juga: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Wajib Sedulur Ketahui

8. Melalui ATM, Internet Banking dan SMS Banking

Melalui ATM, Internet Banking dan SMS Banking

Berkembangnya teknologi juga disambut baik oleh perbankan untuk meningkatkan pelayanannya. Saat ini kita bisa menggunakan fasilitas dan layanan perbankan semakin mudah dengan adanya internet banking dan juga sms banking.

Termasuk memanfaatkannya untuk mengetahui tagihan listrik dan juga membayarnya. Caranya sangat mudah, masuk ke mobile banking masing-masing, dan cari menu untuk membayar tagihan. BUkan hanya tagihan listrik, namun juga tersedia tagihan PDAM, internet dan lain sebagainya.

9. Mengunjungi Kantor Cabang PLN

Mengunjungi Kantor Cabang PLN

Jika cara yang sangat mudah di atas masih dianggap sulit dan terlalu malas melakukannya, kita bisa langsung mengunjungi kantor cabang PLN untuk mengetahui jumlah tagihan listrik kita. Saat ini, cara ini sudah mulai ditinggalkan karena banyak cara dan metode lebih mudah.

Namun, cara ini juga masih tetap bisa kita gunakan dan juga masih tetap ampuh untuk dijalankan. Kita bisa cek tagihan dan langsung membayarnya di tempat.

Pelayanan semakin mudah dengan kecanggihan teknologi yang tengah kita rasakan saat ini. Bukan hanya dalam membayar listrik, kecanggihan teknologi bisa kita rasakan dalam hal lain, yaitu contohnya dalam belanja sembako.

Salah satu layanan yang menyediakan untuk belanja sembako secara online adalah Aplikasi Super. Penasaran apa saja layanan Aplikasi Super? Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari segala sesuatu tentang Aplikasi Super.