Ingin tahu resep bumbu bali yang enak dan nagih? Yuk simak artikel di bawah ini.

Bisa memasak resep ayam bumbu Bali merupakan sebuah kebahagiaan. Hal ini dikarenakan ayam bumbu Bali merupakan sajian makanan yang enak dengan cita rasa khas dan tinggi. Terdapat beberapa jenis resep ayam bumbu Bali.

Ada resep ayam bumbu Bali pedas, resep ayam bumbu Bali Jawa Timur dan resep bumbu Bali biasa. Resep ayam bumbu Bali ini banyak dicari karena cita rasanya yang nikmat dan dipengaruhi oleh Bali sebagai tempat wisata.

Karena banyak yang berwisata ke Bali dan akhirnya mencicipi ayam bumbu Bali, banya juga pengunjung yang menyukainya dan akhirnya ingin membuatnya sendiri. Seperti apa resep ayam bumbu Bali, cara membuatnya dan bahan-bahan yang dibutuhkan? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Berbagai Olahan Singkong yang Cocok Dijadikan Bisnis

Resep Ayam Bumbu Bali Spesial dan Cara Membuatnya

1. Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat ayam bumbu Bali adalah bumbu yang umum digunakan. Kita tidak akan kesulitan mencari bumbu dalam resep ayam bumbu Bali. Berikut bumbu dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat resep ayam bumbu Bali:

  • Satu ekor ayam yang dipotong-potong menjadi 8 bagian
  • 2 buah tomat yang dipotong-potong menjadi 8 bagian
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas yang dimemarkan
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya

Daftar bahan di atas merupakan bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan resep ayam bumbu Bali. Selain bahan-bahan di atas, terdapat juga beberapa bumbu-bumbu yang harus dihaluskan sebagai bumbu utama untuk membuat ayam bumbu Bali. Berikut daftarnya:

  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 2 ruas jahe
  • 7 buah cabe merah
  • Setengah sdm terasi yang sudah digoreng

Daftar bumbu-bumbu di atas harus dihaluskan dan disatukan menjadi satu. Haluskan menggunakan blender atau alat lain yang bisa membuat semua bumbu di atas menjadi sangat halus. Usahakan bumbu yang dihaluskan sangat lembut dan tidak ada yang terlihat masih kasar.

Bumbu dianjurkan sangat halus karena akan berpengaruh kepada daya serap bumbu kepada ayam saat dimasak nantinya. Selanjutnya cara pembuatan resep ayam bumbu Bali, simak penjelasannya secara seksama.

2. Siapkan Ayam sebagai Bahan Utama Ayam Bumbu Bali

Langkah pertama dalam membuat ayam bumbu bali adalah dengan menyiapkan ayam sebagai bahan utama dalam resep ayam bumbu Bali. Siapkan ayam secukupnya, namun sangat disarankan ayam yang disediakan yaitu satu ekor ayam.

Bersihkan ayam dan potong hingga menjadi delapan bagian. Atau bisa dipotong lebih kecil lagi sesuai kebutuhan dan juga sesuai jumlah orang yang ada di rumah. Persoalan ini tidak akan mempengaruhi proses pembuatan resep ayam bumbu bali.

Setelah ayam dicuci bersih dan juga dipotong sesuai selera, jangan lupa balur ayam dengan garam secukupnya dan juga ditambah dengan perasan jeruk nipis. Hal ini untuk meningkatkan cita rasa ayam dan juga menghilangkan bau amis pada ayam.

Selanjutnya goreng ayam dengan minyak yang telah panas dan api sedang. Goreng ayam hingga setengah matang tidak harus sampai matang seratus persen. Angkat ayam dan tiriskan terlebih dahulu, selanjutnya menyiapkan bumbu untuk ayam bumbu Bali.

3. Tumis Bahan dan Bumbu

Bumbu yang telah dihaluskan tadi, di antaranya 5 siung bawang putih, 6 buah bawang merah, 3 butir kemiri,   2 ruas jahe, 7 buah cabe merah,  dan setengah sdm terasi yang sudah digoreng, kita tumis hingga mengeluarkan aroma wangi.

Setelah bumbu yang dihaluskan mengeluarkan aroma wangi dan warna yang berubah, masukan daun salam, lengkuas yang telah ditumbuk, tomat yang telah diiris, jeruk nipis dan kecap manis. Masukan juga garam dan penyedap rasa sesuai selera.

Baca Juga: Tips Membeli Makanan di Warung Makan Selama Pandemi

4. Campurkan Bumbu dengan Ayam

Setelah itu masukan ayam yang telah digoreng setengah matang, aduk rata dengan bumbu dan biarkan meresap. Aduk terus hingga bumbu meresap sekitar lima menit. Ayam bumbu khas Bali pun telah siap dimasak dan bisa disajikan.

Resep membuat ayam bumbu bali di atas sangat mudah untuk dicoba sendiri di rumah, bagi yang merindukan Bali beserta suasana liburannya bisa segera membuat ayam bumbu Bali sekarang juga.

Bahan dan bumbu-bumbunya pun tidak sulit dicari dan bisa didapat di warung atau toko kelontong manapun. Namun jika Sedulur Super menginginkan bahan dan bumbu yang lengkap dan tidak perlu ribet membelinya, Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super.

5. Belanja Bahan Ayam Bumbu Bali di Aplikasi Super

Karena belanja di warung atau toko sembako membutuhkan waktu dan energi khusus, Sedulur Super bisa mendapatkan kebutuhan untuk membuat ayam bumbu Bali di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan sembako yang bisa kulakan secara online.

Selain harga murah, kulakan di Aplikasi Super juga sangat mudah, yang akhirnya bisa memberikan keuntungan bagi Sedulur yang membutuhkannya. Aplikasi kulakan ini juga tidak hanya menyediakan sembako super, namun juga program dan fitur yang menguntungkan.

Programnya yaitu Super Agen, dengan bergabung menjadi Super Agen, Sedulur bisa mendapatkan pemasukan tambahan dan juga bisa mendapatkan pekerjaan bagi yang membutuhkan pekerjaan. Aplikasi Super menerapkan sistem pembagian hasil yang adil kepada setiap Super Agen.

Aplikasi toko kelontong ini juga baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang bernama Toko Saya. Toko Saya merupakan fitur dari Aplikasi Super untuk lebih memudahkan para pengusaha toko kelontong dalam mengatur dan mengelola sembako dan keuangan toko kelontong.

Semua kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super dilakukan dalam rangka mewujudkan misi Aplikasi Super yang ingin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat di Indonesia.

Berangkat dari misi tersebut, Aplikasi Super berkomitmen tinggi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidupnya. Download Aplikasi Super sekarang juga, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang bisa menguntungkan Sedulur Super.

Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super, agar Sedulur bisa merasakan program dari Aplikasi Super yang sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.