Bunga kantil merupakan tanaman yang identik dengan dunia gaib, oleh karena itu banyak mitos yang berkelindan seputar bunga satu ini. Namun, dibalik itu, secara ilmiah telah dibuktikan bahwa bunga ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Namun selain soal kesehatan, ada beberapa mitos seputar bunga kantil. Terlebih jika kita melihat gambar bunga kantil putih, tampak sebuah bunga indah yang tidak terpikirkan sama sekali bahwa bunga ini berkaitan dengan dunia gaib. Lantas apa saja sih mitos yang sering berkaitan dengan bunga satu ini? Berikut daftarnya!

BACA JUGA: 16 Nama Nama Bunga Viral yang Mudah Dirawat di Rumah

Mitos Bunga Kantil yang Umum Diketahui

Bunga ini memang sangat misterius, dikenal dengan cempaka putih sebagai nama lainnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa mitos yang membahas seputar bunga cempaka putih ini.

1. Bunga kesukaan kuntilanak

bunga kantil
koropak

Siapa yang tidak takut dengan hantu legendaris di Indonesia ini? Suara cekikikannya membuat kita merinding disko. Konon katanya, mitos yang beredar bahwa kuntilanak sangat menyukai aroma bunga ini. Terutama aroma bunga kantil merah. Saking menyukainya, konon katanya kuntilanak suka berdiam di pohonnya. Hal tersebut yang membuat kita takut mencium aroma bunga ini karena selalu diindentikan dengan kehadiran sosok hantu menakutkan tersebut.

2. Sebagai media pelet

Bunga Kantil, Makanan Kuntilanak yang Bermanfaat
kompas

Pohon bunga kantil juga dikenal sebagai media untuk pelet. Hal ini diyakini berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa yang percaya bahwa Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan Jawa, sangat menyukai bunga ini dan juga yang menjadi rahasia kecantikannya. Oleh kerena itu, banyak praktisi dukun yang menggunakannya sebagai bunga pelet untuk meningkatkan kecantikan.

3. Sarana untuk memanggil makhluk halus

bunga kantil
pidjar

Salah satu manfaat bunga kantil untuk mistis yaitu dipercaya sebagai media untuk memanggil makhluk halus. Masih banyak orang yang percaya dan melakukan praktik untuk memanggil mahluk halus dengan menggunakan bunga ini. Hal tersebut tentu saja kembali ke kepercayaan masing-masing.

BACA JUGA: 8 Cara Menanam Bunga Hias di Rumah, Agar Cepat Tumbuh

4. Pendeteksi keperawanan

Bunga Kantil, Makanan Kuntilanak yang Bermanfaat
cnnindonesia

Mitos lainnya adalah sebagai media yang dapat mendeteksi keperawanan seorang perempuan. Hal ini tentu saja sangat konyol. Namun beberapa adat percaya terhadap hal ini, dan seringkali menjadikannya sebagai ritual sebelum pernikahan. Lagi-lagi, hal ini merupakan sebuah kepercayaan.

5. Melancarkan sebuah usaha

bunga kantil
pramborsfm

Bunga ini juga dipercaya sebagai penglaris usaha, dan perlu dilakukan ritual khusus oleh para praktisi dukun. Namun masih banyak yang belum mengetahui perbedaan bunga kantil dan kenanga. Banyak yang menganggap kedua bunga tersebut merupakan dua jenis bunga yang sama. Hal tersebut wajar, karena keterkaitannya dengan dunia gaib yang sangat tinggi.

BACA JUGA: 10 Jenis Bunga Keladi Beracun, Jauhkan dari Si Kecil. Hati-Hati!

Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan

Setelah mengetahui mitos bunga kantil dalam penjelasan di atas, berikut ini merupakan fakta terkait manfaat bunga satu ini dari sisi kesehatan. Apa saja sih manfaatnya? Berikut daftarnya:

1. Mengatasi radang gusi

Bunga Kantil, Makanan Kuntilanak yang Bermanfaat
hellosehat

Bunga kantil sepasang memiliki manfaat untuk mengatasi radang gusi atau gingivitis.  Oleh karena itu, saat ini banyak pasta gigi yang menggunakan bunga ini sebagai bahan utamanya. Bukan hanya pasta gigi, beberapa permen karet juga ada yang menggunakan ekstrak bunga ini yang bertujuan untuk membuat gusi lebih sehat.

2. Meredakan kecemasan

bunga kantil
jovee

Salah satu akibat makan bunga kantil yang bisa kita rasakan adalah dapat meredakan kecemasan. Hal tersebut dikarenakan bunga ini memiliki aroma yang dapat menekan perasaan negatif. Dan dapat membuat tubuh lebih rileks saat stres terjadi. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, kita harus mengonsumsinya secara lama.

3. Mengurangi plak gigi

Manfaat bunga kantil untuk gigi
cnnindonesia

Salah satu akibat makan bunga kantil yang dapat menyehatkan gigi dan mulut adalah dapat mengurangi plak gigi. Plak gigi bisa secara perlahan berkurang, terutama jika Sedulur mengosok gigi menggunakan pasta gigi yang terbuat dari ekstrak bunga ini dengan campuran xylitol.

4. Meringankan gelaja menopause

Manfaat bunga kantil untuk menopause
hellosehat

Ini merupakan manfaat bunga kantil untuk aura perempuan, yaitu untuk mengurangi gejala menopause. Gejala ini dapat berkurang dengan mengonsumsi beberapa produk obat yang mengandung kantil, kedelai, dan bahan alami lainnya. Jangan lupa juga untuk meningkatkan kualitas tidur agar manfaat yang dirasakan bisa lebih efektif dan maksimal.

BACA JUGA: 12 Fakta Bunga Edelweis Cantik yang Langka & Dilarang Dipetik

5. Menurunkan berat badan

Bunga kantil untuk menurunkan berat badan
alodokter

Manfaat satu ini bisa Sedulur dapatkan dari jenis bunga kantil apa pun. Terutama jika Sedulur mengonsumsi ekstrak bunga ini ditambah dengan kandungan phellodendron. Hal tersebut dapat membuat kita mengonsumsi sedikit kalori dan mencegah kenaikan berat badan.

Sekian dari pembahasan terkait mitos dan manfaat bunga kantil. Berkaitan dengan mitos, tentu kembali lagi kepada kepercayaan Sedulur dan keyakinan Sedulur sendiri. Namun, beberapa manfaat di atas telah diuji secara ilmiah yang dilakukan oleh para ahli. Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan manfaatnya, Sedulur bisa mulai konsumsi bunga ini secara bertahap dan disiplin. Tapi akan lebih baik lagi konsultasi juga ke dokter ya.