Sholat tahajud adalah salah satu amalan yang nilainya cukup tinggi. Ibadah ini dilakukan pada ⅔ malam ini selalu dilaksanakan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Bahkan banyak yang mempercayai bahwa sholat malam ini bisa menjauhkan seseorang dari kesengsaraan dan kesulitan hidup lainnya. 

Nah, selain membaca bacaan wajib sholat seperti pada umumnya, Sedulur bisa memanjatkan doa dan harapan dengan tulus pada Sang Pencipta. Nah, doa apa saja yang dibaca setelah sholat tahajud? Berikut bacaan dan artinya, bisa langsung dibaca di bawah. 

BACA JUGA: Doa Sholat Tahajud dan Dzikir, Lengkap dengan Waktu Amalnya

1. Pengertian dan tata cara sholat tahajud 

doa setelah sholat tahajud
Pexels

Sholat tahajud mendapatkan namanya dari kata kerja “tahajjada” yang artinya terjaga di malam hari. Ibadah ini bersifat sunnah atau tidak wajib dilakukan seperti sholat lima waktu. Namun, bila dilakukan akan dianugerahi pahala. Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang tak pernah dilewatkan Rasulullah dan siapapun yang menirunya berarti mengikuti sunnah Rasul. 

Tahajud dilakukan dalam dua rakaat dan biasanya diakhiri dengan sholat witir satu rakaat. Namun, Sedulur bisa mengerjakan lebih dari itu. Asalkan tahajudnya genap dan witirnya ganjil. Cara mengerjakannya pun serupa dengan sholat lima waktu biasa. Dimulai dengan wudhu, kemudian takbiratul ikhram dan niat. Kemudian disusul bacaan seperti doa iftitah, surat Al Fatihah, dan surat pendek. 

Hanya saja waktunya yang istimewa, yaitu ⅔ malam atau di jam-jam saat manusia dan makhluk hidup biasanya sudah tertidur lelap. Jam yang dimaksud adalah sekitar pukul 2-3 malam sebelum kumandang subuh menggema. Tentunya setelah menunaikan sholat tahajud dan witirnya, Sedulur bisa mencoba memanjatkan doa setelah sholat tahajud agar harapan kita cepat terkabul. Pun doa bisa membuat hati kita lebih tentram dan tenang. 

2. Doa yang dibaca setelah sholat tahajud

Pexels

Dalam beribadah termasuk saat sholat, kita dianjurkan untuk tidak terburu-buru. Sedulur pun disarankan untuk memanfaatkan momen tersebut guna memanjatkan doa atau harapan dan permintaan pada sang khalik. Berikut doa setelah sholat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT seperti dilansir dari NU Online. 

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahuma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wa ardi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wa ardi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabbiyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa’atu haq. 

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Arti: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagiMu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Kau Maha Benar. JanjiMu benar. Pertemuan denganMu kelak adalah benar. FirmanMu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun nyata. Para Nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW.. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya padaMu aku berserah. Hanya padaMu juga aku beriman. PadaMu aku pasrah. Hanya padaMu aku kembali. Karena Engkau aku rela bertikai. Hanya padaMu dasar keputusanku. Ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Engkau ketahui. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

BACA JUGA: Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Arab – Arti & Keutamaannya

3. Dzikir dan doa setelah sholat tahajud dan witir

doa setelah sholat tahajud
Pexels

Setelah membaca dia setelah sholat tahajud, Sedulur bisa berdzikir sejenak sambil menanti adzan Subuh bila memang waktunya sudah mendekati. Berikut daftar bacaan doa setelah tahajud dan dzikir yang bisa dibaca seusai witir rakaat terakhir. 

  • Istigfar (astagfirullahaladzim)
  • Tasbih (subhanallah)
  • Hamdalah (alhamdulillah) 
  • Takbir (Allahu akbar) 
  • Tahlil (La illaaha illallah) 
  • Sholawat nabi 
  • Surat Al-Ikhlas 
  • Surat An-Nas 
  • Surat Al Falaq 
  • Surat Al Fatihah sebagai penutup 

Itu tadi doa yang harus dibaca setelah sholat tahajud. Silakan langsung dipraktikan saat akan beribadah malam ini, Sedulur.