Lomba Agustusan di tengah pandemi sedikit berbeda, ada beberapa hal yang harus Sedulur siapkan.

Kemeriahan dan semarak perayaan peringatan hari kemerdekaan, atau yang lebih dikenal dengan nama Agustusan, pada tahun ini sudah dapat dipastikan akan berlangsung sangat berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jika tahun-tahun sebelumnya, perayaan Agustusan sangat meriah, mulai dari upacara, pawai hingga perlombaan, tahun ini kemeriahan akan sedikit berkurang mengingat perayaan hari kemerdekaan terjadi di tengah pandemi virus corona yang masih menyebar.

Namun, adanya virus corona tidak membuat perayaan Agustusan menjadi tidak meriah, termasuk juga merayakan dengan membuat lomba Agustusan. Ada beberapa hal yang harus disiapkan dalam melaksanakan lomba Agustusan di tengah pandemi.

-->

Tentu beberapa hal yang harus disiapkan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan terkait dengan virus corona. Apa saja hal yang harus disiapkan tersebut? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 9 Lomba Agustusan yang Kreatif, Dijamin Menarik Perhatian!

Protokol Kesehataan Pelaksanaan Lomba Agustusan di Tengah Pandemi

1. Sediakan Handsanitizer

Salah satu protokol kesehatan yang wajib disediakan saat pandemi virus corona saat ini adalah handsanitizer. Kesehatan dan kebersihan tangan menjadi hal yang paling utama untuk dijaga di tengah masa penyebaran virus corona ini.

Tangan merupakan alat tubuh yang sangat berperan bagi kegiatan manusia. Pelaksanaan lomba Agustusan di tengah pandemi juga akan dilakukan berdasarkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Virus corona dapat menular melalui saluran pernafasan, seperti mulut dan hidung. Manusia memiliki kebiasaan menyentuh wajah dan hal tersebut merupakan sebuah refleks yang alami yang sulit untuk dihindari.

DIkhawatirkan virus corona menempel di tangan kita, oleh karena itu menyediakan handsanitizer agar menghilangkan virus corona menjadi penting dalam pelaksanaan lomba agustusan.

2. Gunakan Sarung Tangan

Saat pelaksanaan lomba Agustusan di tengah pandemi, hal yang harus disiapkan selanjutnya adalah sarung tangan plastik, yang biasa digunakan dokter dan juga perawat. Hal ini dapat mencegah virus corona menempel di tangan.

Kebiasaan manusia menyentuh wajah. baik itu hidung dan mulut, sangat beresiko menularkan virus corona. Agar lomba Agustusan di tengah pandemi tetap bisa berjalan dan kemeriahan pelaksanaan hari kemerdekaan tetap terjadi, menggunakan sarung tangan merupakan hal yang wajib dilakukan.

Selain itu, menggunakan sarung tangan juga merupakan salah satu syarat penting dalam menjaga kesehatan tangan sebagaimana yang tercantum dalam standar protokol kesehatan yang diberikan oleh WHO.

Lomba Agustusan di tengah pandemi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan, namun kita sebagai masyarakat juga harus betul-betul menaati peraturan agar semua kegiatan terjadi sesuai dengan yang seharusnya.

Baca Juga: 10 Hadiah Lomba 17 Agustus yang Menarik dan Murah

3. Gunakan Masker Wajah

Karena virus corona yang saat ini tengah menjadi ancaman memiliki daya tahan yang cukup kuat ketika berada di udara, hal tersebut membuat kemungkinan menyebar dan dihirup melalu hidung atau mulut kita lebih tinggi.

Walaupun kita telah menjaga prosedur kebersihan tangan, dengan menggunakan handsanitizer dan menggunakan sarung tangan, namun jika wajah kita tidak ditutupi masker, virus corona masih akan bisa menular melalui udara.

Oleh karena itu, agar lomba Agustusan di tengah pandemi masih dapat berlangsung meriah, setiap masyarakat yang terlibat dalam lomba harus taat dan menggunakan masker demi kebaikan bersama.

Menggunakan masker juga merupakan hal yang sangat wajib dalam protokol kesehatan di tengah masa pandemi yang sedang memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru atau yang umum dikenal dengan istilah New Normal.

4. Gunakan Face Shield

Pelindung wajah atau face shield merupakan solusi lain untuk melaksanakan lomba Agustusan di tengah pandemi saat ini. Pelindung wajah saat ini banyak disediakan oleh berbagai institusi pemerintah dan juga perusahaan-perusahaan.

Sebagai bagian dari usaha terjadinya new normal atau adaptasi kebiasaan baru. Menggunakan pelindung wajah juga bisa sebagai usaha untuk melaksanakan lomba Agustusan di tengah pandemi. Agar lomba tetap terlaksana, dan virus corona tetap bisa dicegah penyebarannya.

Face shield atau pelindung wajah juga merupakan hal yang akan disukai anak-anak yang mengikuti lomba Agustusan. Karena rata-rata, anak-anak meruapakan peserta lomba Agustusan yang paling banyak dibandingkan dengan masyarakat di usia lain.

5. Jaga Jarak

Menjaga jarak juga merupakan bagian penting dari protokol kesehatan lainnya. Virus corona mampu menular melalui udara, dan ada jarak tertentu bagi virus corona yang menyebar, yaitu satu setengah meter.

Oleh karena itu, standar jarak normal pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini adalah sekitar satu setengah meter. Hal ini agar virus corona tidak tersebar, dan masyarakat yang ada pada pelaksanaan lomba Agustusan di tengah pandemi tidak tertular.

Lomba Agustusan pun masih bisa dilakukan dengan seksama dan tetap meriah walaupun virus corona masih tetap ada dan masih menjadi ancaman. Jangan lupa menyediakan semua barang yang menjadi prosedur kesehatan di atas.

Kita bisa mendapatkannya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan barang dan sembako kebutuhan masyarakat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Termasuk juga menjalankan kehidupan baru di tengah masa pandemi saat ini.

Jangan lupa untuk kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari segala sesuatu seputar Aplikasi Super, dan juga termasuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar mendapatkan untung super melimpah.

Klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk belanja segala kebutuhan di tengah masa pandemi ini. Buktikan secara langsung bahwa Aplikasi Super memang sangat bermanfaat bagi setiap masyarakat yang membutuhkan.