rebung

Rebung bambu atau dendrocalamus asper dalam bahasa latin, merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijumpai dalam kuliner Indonesia. Tidak hanya diolah sebagai sayur saja, namun bambu muda ini juga sering digunakan sebagai isian lumpia.

Untuk sayur rebung sendiri memang mampu menghadirkan rasa yang nikmat, baik itu ketika diolah menjadi gulai, bumbu pedas, dan lain sebagainya. Bahkan bahan makanan yang satu ini sudah digunakan oleh orang-orang di kawasan Asia selama berabad-abad.

Selain nikmat dibuat sayur dan lumpia rebung, ternyata ada banyak juga gizi yang terkandung di dalamnya. Beberapa di antaranya seperti vitamin, antioksidan, protein, mineral, serat, dan juga rendah lemak. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh setelah mengonsumsi bambu muda tersebut.

BACA JUGA: 12 Manfaat Jantung Pisang & Kandungan Nutrisi yang Luar Biasa

1. Sumber Protein

rebung
alodokter

Manfaat rebung yang pertama adalah menjadi sumber protein. Untuk satu kilogramnya, mampu memberikan kurang lebih 2 hingga 2,5 gram protein. Protein yang terkandung di dalam bambu muda ini, terdiri dari dua asam amino semi-esensial dan juga tujuh belas asam amino esensial.

Protein sendiri bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel, serta membangun dan memelihara jaringan dalam tubuh. Namun jumlah protein yang diserap oleh tubuh untuk pemeliharaan tersebut, juga bergantung dengan keadaan kesehatan Sedulur.

2. Rendah gula

rebung
sehatq

Jumlah gula yang terkandung dalam 100 gram rebung itu hanya sekitar 2,5 gram saja. Tentu saja jumlah tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kadar gula yang terkandung dalam buah-buahan dan juga sayuran lainnya.

Dengan ini, maka Sedulur yang menderita diabetes tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dalam bentuk olahan apapun. Tidak hanya aman, namun bambu muda ini juga akan memberikan banyak khasiat bagi kesehatan, lho.

3. Tinggi serat

rebung
idnmedia

Rebung ternyata juga kaya akan kandungan serat didalamnya. Jumlah serat makanan yang terkandung di dalamnya, yakni sekitar 6 sampai 8 gram per 100 gram.  Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka akan membantu agar kualitas pergerakan usus yang lebih sehat bisa ditingkatkan.

Tentu saja, Sedulur akan terhindar dari berbagai masalah atau penyakit yang terjadi di bagian pencernaan, terutama usus.

4. Kaya vitamin dan mineral

rebung
kompas

Mungkin tidak ada yang menyangka jika rebung ini kaya akan vitamin dan mineral, lho. Sedulur akan menemukan kandungan beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, riboflavin, thiamin, asam folat, niasin, dan juga asam pantotenat.

Tidak hanya vitamin juga, ada juga kandungan mineral yang terdapat di dalamnya. Beberapa mineral di dalamnya, meliputi magnesium, kalsium, kalium, fosfor, kalium, seng, natrium, tembaga, mangan, selenium serta zat besi.

5. Mengontrol kolesterol

rebung
tribunnews

Washington State University pernah melakukan sebuah penelitian terhadap kandungan yang ada di dalam rebung. Dari penelitian tersebut, salah satu hasil yang cukup mengejutkan yakni bambu muda tersebut mampu mengontrol kolesterol.

Para peneliti berhasil menunjukkan jika bahan makanan ini mampu menghadirkan efek yang cukup menguntungkan dalam menghadapi permasalahan dalam tubuh manusia seperti kolesterol, lipid dan juga fungsi usus.

6. Merangsang nafsu makanan

doktersehat

Mungkin Sedulur tidak pernah sadar, jika setelah mengonsumsi sayur atau lumpia berisikan rebung, ingin selalu tambah dan tambah tersebut. Ya, Sedulur mungkin akan berpikir itu terjadi karena rasa nikmat yang mampu menggoyang lidah.

Itu memang benar, namun ternyata tidak hanya itu saja. Bambu muda ini memiliki kandungan selulosa yang tinggi. Seperti yang telah diketahui, bahwa selulosa tersebut mampu merangsang nafsu makan. Dengan ini, tentu saja makanan tersebut sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka.

BACA JUGA: 10 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh, Luar Biasa!

7. Mengatur tekanan darah tinggi

popmama

Karena mengandung potasium yang cukup tinggi, membuat bambu muda ini cukup efektif untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Beberapa studi yang pernah dilakukan, juga berhasil menunjukkan jika potasium ini juga bisa menguatkan detak jantung kita.

Jadi kesehatan jantung Sedulur bisa tetap terjaga dengan baik. Satu porsi rebung bisa memberi Sedulur seperlima dengan jumlah potasium harian yang direkomendasikan oleh dokter dan pakar gizi.

8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

ibudanmama

Tingginya kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam rebung, ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu, berbagai olahan berbahan bambu muda ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun bagi sebagian orang memang merasa kurang nyaman dengan efek samping yang ditimbulkan. Salah satunya adalah air kencing yang baunya menjadi sangat menyengat.

9.  Membantu mengobati masalah menstruasi / haid

idntimes

Mengonsumsi rebung secara rutin dan teratur, dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada sistem reproduksi wanita. Misalnya saja dengan memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Selain itu, bambu muda juga cukup efektif untuk menangani masalah infertilitas. Menariknya lagi, makanan ini dinilai memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa nyeri persalinan, dan juga mencegah kehilangannya terlalu banyak darah pasca atau setelah melahirkan.

10. Mengandung sifat antikanker

marikitamasak

Tanaman atau bahan makanan yang satu ini, mengandung sebuah zat yang bernama pitosterol. Zat tersebut mempunyai sifat anti-kanker yang sangat kuat dan juga efektif untuk melawan kanker payudara, kanker lambung, kanker ovarium, serta kanker paru-paru.

Zat klorofil, flavon, dan amilase yang terdapat di dalam rebung itu disebut fitosterol.  Selain itu, bambu muda juga dinilai sangat efektif untuk menurunkan risiko kolorektal atau istilah yang lebih mudahnya adalah kanker usus besar.

11. Mencegah gangguan pernapasan

sahabatdapur

Untuk kasus gangguan pernapasan, Sedulur bisa merebus rebung sebanyak dua kali. Untuk rebusan yang pertama, dilakukan selama 5 menit. Kemudian untuk yang kedua itu selama sekitar 10 menit. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur bisa menambahkan madu ke dalam air rebusan.

12. Meningkatkan daya tahan tubuh

kumparan

Infeksi virus seperti flu dan COVID-19, tidak akan menyerang orang-orang yang daya tahan tubuhnya kuat. Nah, sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi, termasuk juga dengan rebung.

BACA JUGA: Kreasi Resep Lumpia Rebung – Mudah & Praktis

Itulah beberapa manfaat dari tanaman bambu muda alias rebung yang perlu untuk Sedulur ketahui. Tidak hanya manfaatnya saja yang banyak, Sedulur bisa mengolah tanaman ini menjadi berbagai hidangan yang nikmat.

Tidak usah khawatir, ada banyak resep lumpia rebung maupun olahan lain yang bisa Sedulur temukan di internet. Selain itu, bau khas dari rebung itu juga bisa dihilangkan, kok.