ikan betok

Sebagian besar dari Sedulur mungkin masih asing mendengar nama ikan betok. Sebenarnya, ikan ini memiliki beragam manfaat buat kesehatan, lho. Salah satunya adalah dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan karena mengandung omega 3, fosfor, zat besi hingga protein.

Ikan bentok hias merupakan jenis yang hidup di air payau. Seluruh tubuhnya berwarna hitam sampai hijau pucat. Panjangnya bisa mencapai 25 cm dan hidup di perairan tropis yang tersebar di perairan Asia antara India sampai garis Wallace termasuk China.

Fakta lainnya yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah soal pakan. Makanan ikan betok adalah tumbuh-tumbuhan air seperti enceng gondok, kiambang, gulma itik, kiapu, ikan-ikan keci, udang-udang renik dan hewan keci lainnya.

Bagi para pemancing, tentu kalian sudah hafal apa umpan yang tepat untuk jenis ikan yang satu ini. Umpan ikan betok yang jitu biasanya memakai jangkrik, udang, dan laron. Sementara jika tidak memiliki umpan semacam itu, maka bisa menggunakan umpan sejenis serangga lain.

Umpan ikan betok yang bagus yang biasanya dipakai oleh para pemancing adalah ulat daun, serangga, lumut hijau bahkan sampai menggunakan cacing. Bahkan tidak sedikit yang membuat racikan sendiri yang terdiri dari ubi jalar, sarden, kuning telur plus pelet. Daripada semakin penasaran mengenai manfaat ikan ini, berikut adalah ulasan secara lengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA : 12+ Penyebab dan Cara Mempercepat Haid yang Lebih dari Tujuh Hari

1. Mengatasi pengeroposan dini tulang 

Manfaat Ikan Betok untuk Kesehatan Tubuh
sehatq

Mungkin kita sadar bahwa untuk mengatasi pengeroposan tulang biasanya akan meminum susu. Namun, sebenarnya ada solusi lain selain mengonsumsi susu. Sedulur juga bisa mengonsumsi ikan betok jumbo untuk mengatasi masalah pengeroposan tulang alias osteoporosis. Mumpung masih muda, kamu bisa mencegah osteoporosis dengan menjaga kesehatan dengan olahraga dan menyantap makanan bergizi.

BACA JUGA : Waspada! Ini Bahaya Dari Suntik Putih yang Menyesatkan

2. Mampu menyembuhkan luka dengan cepat

Manfaat Ikan Betok untuk Kesehatan Tubuh
klikdokter

Selanjutnya, dengan mengonsumsi ikan betok terbesar secara teratur juga dipercaya dapat menyembuhkan luka luar dengan cepat juga. Sudah banyak masyarakat yang membuktikan bahwa zat-zat yang terkandung dalam ikan betok bisa membantu proses penyembuhan luka. Di samping obat luar, kamu juga tentu saja bisa memanfaatkan ikan ini untuk dikonsumsi sehari-hari.

BACA JUGA : Apa Arti Ghosting? Begini Alasan & Cara Menyikapinya

3. Membantu pembentukan otot

Manfaat Ikan Betok untuk Kesehatan Tubuh
halodoc

Setelah mengetahui apa makanan ikan betok, Sedulur juga harus paham bahwa memakan ikan ini ternyata juga membantu dalam pembentukan otot tubuh meski juga harus diimbangi dengan melakukan olahraga. Ikan ini dapat menjadi salah satu pendongkrak dalam terbentuknya otot tubuh. Selain harus rutin latihan angkat beban, Sedulur bisa mengonsumsi ikan ini secara teratur dengan menggunakan takaran yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

BACA JUGA : Apa Itu Agnostik dan Apa Perbedaannya Dengan Atheis

4. Meningkatkan daya ingat

Manfaat Ikan Betok untuk Kesehatan Tubuh
liputan6

Semakin bertambahnya usia, daya ingat juga ikut menurun. Sebenarnya, ada solusi lain agar bisa meningkatkan daya ingat salah satunya mengonsumsi ikan betok. Agar terhindar dari penurunan daya ingat yang berpotensi ke arah kepikunan, maka mengonsumsi ikan ini adalah salah satu solusi untuk mencegahnya. Karena mudah didapat, Sedulur bisa memakannya meski dagingnya selalu menjadi primadona saat musim Lebaran.

BACA JUGA : Mengenal Suntik Putih, Manfaat & Efek Sampingnya, Amankah?

5. Menambah nafsu makan

halodoc

Apa hubungannya ikan betok makan apa dengan nafsu makan? Masalah nafsu makan biasanya dialami oleh siapa saja. Biasanya disebabkan oleh beragam hal. Ini yang biasanya menjadi masalah utama generasi millennials tentang nafsu makannya. Karena sibuk, sampai-sampai mereka melupakan makan dan akibatnya hilangnya nafsu makan. Dengan mengonsumsi ikan ini, maka dijamin nafsu makan Sedulur bisa meningkat pesat dan selera makan kamu sudah pasti akan meroket.

6. Mencegah anemia

Anemia: Pengertian, Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya - Kelas  Pintar
kelas pintar

Jika Sedulur mengalami masalah kekurangan darah, tidak perlu khawatir dan panik. Sebab saat ini ada makanan herbal yang bisa mengobatinya dengan ikan betok. Anemia adalah suatu penyakit yang disebabkan akibat kurangnya kadar hemoglobin di dalam sel darah merah yang seharusnya berperan dalam mengikat oksigen didalam darah.

Gejala yang biasanya timbul akibat anemia antara lain mudah lelah, tidak bersemangat dan merasakan rasa pusing di kepala. Meski tampaknya terkesan sepele, namun penyakit anemia tidak boleh dibiarkan begitu saja. Untuk itu, Sedulur dapat memilih mengkonsumsi betok sebagai pelengkap nasi.

Supaya tulang tetap sehat, kamu bisa mencoba membiasakan diri untuk menjadikan ikan betok sebagai lauk. Selain itu, tetap jaga kondisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan pola hidup yang lebih baik. Sebagai salah satu siasatnya, kamu bisa mempercayakan berbelanja makanan dan sembako sehat di Aplikasi Super saja!