Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Berkilau

Sedulur, merawat rambut agar sehat dan berkilau sangat mudah. Baca sampai habis ya, karena poin terakhir paling penting!

Memiliki rambut yang sehat tentu idaman bagi semua orang, termasuk kaum perempuan. Sedulur, permasalahan utama pada rambut umumnya adalah rambut ketombe, rontok, kering dan lainnya. Tentu hal ini membuat Sedulur jadi tidak percaya diri bertemu banyak orang karena rambut jadi tidak bisa diatur dan tampak tidak terawat. Nah Sedulur Super, tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana cara merawat rambut agar sehat dan kembali berkilauan. Super punya tipsnya buat Sedulur, kok! Kira-kira apa saja ya yang bisa Sedulur Super lakukan untuk merawat rambut? Coba deh Sedulur Super simak ulasannya di bawah ini! Jangan lupa dicatat juga, ya!

Cara merawat rambut agar sehat terawat

1. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis kulit

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Berkilau

Cara merawat rambut yang perlu Sedulur Super lakukan adalah menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut Sedulur Super. Jenis kulit rambut dibedakan menjadi tiga yaitu rambut kering, berminyak dan kombinasi. Dari ketiga jenis rambut tersebut, Sedulur Super termasuk memiliki jenis rambut yang mana? Kalau belum tahu, berikut adalah ciri rambut kering, berminyak dan kombinasi dan cara merawatnya.

-->

Ciri rambut kering:

Rambut Sedulur mudah kusut dan susah diatur? Kalau iya, jenis rambut Sedulur adalah rambut kering. Biasanya rambut kering inilah yang juga bisa menyebabkan rambut jadi bercabang. Untuk itu, gunakanlah sampo yang bersifat melembapkan, yang bertujuan agar rambut Sedulur jadi mudah diatur.  

Ciri rambut berminyak:

Rambut Sedulur mudah lepek setelah keramas? Kalau begitu, jenis rambut Sedulur adalah rambut berminyak. Sedulur ingin tahu rambut berminyak atau tidak Sedulur bisa mencoba dengan ambil selembar tisu, lalu tekan bagian atas kepala selama 1 hingga 3 menit. Kalau Sedulur melihat ada bekas minyak pada tisu, itu tandanya rambut Sedulur berminyak. Rambut berminyak jadi salah satu penyebab ketombe lho, Sedulur Super. Namun tenang saja, untuk mengatasinya Sedulur perlu menggunakan sampo anti ketombe. Sampo jenis ini bisa menghilangkan ketombe maupun mencegah rambut lepek.  

Ciri rambut kombinasi:

Rambut kombinasi adalah perpaduan antara rambut kering dan berminyak. Rambut berminyak mudah Sedulur lihat, tampak kering pada ujung rambut tetapi berminyak pada akar rambutnya. Apakah Sedulur memiliki jenis rambut kombinasi? Kalau iya, Sedulur perlu menggunakan sampo yang melembapkan, yaitu formulanya untuk rambut kering dan berminyak. 

2. Gunakan conditioner

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Berkilau

Cara merawat rambut agar sehat yang kedua yaitu menggunakan conditioner. Conditioner ini biasa digunakan setelah selesai keramas dan diaplikasikan sata rambut setengah basah. Conditioner bertujuan untuk membuat rambut semakin sehat, berkilau dan mudah diatur.

Cara mengaplikasikan conditioner juga sangat mudah kok, Sedulur Super. Begini caranya:

·         Tuangkan conditioner di atas tangan lalu mulai sebarkan secara merata ke seluruh rambut. Bila perlu, pijat-pijat kulit kepala agar conditioner meresap ke dalam akar rambut.

·         Sedulur bisa gunakan sisir untuk meratakan conditioner yang sudah diaplikasikan ke rambut.

·         Biarkan selama 3 hingga 5 menit, lalu bilas dengan air dingin atua hangat. Namun ada juga conditioner yang tidak perlu dibilas.

Baca Juga: Berbagai Olahan Sayur yang Menyehatkan

3. Jangan terlalu sering mewarnai rambut

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Berkilau

Tahukah Sedulur Super? Terlalu sering mewarnai rambut bisa menyebabkan rambut jadi rusak dan kering, lho. Apalagi kalau harus melalui taha bleaching di salon. Hmm… bisa-bisa rambut Sedulur bisa kering. Tetapi kalau Sedulur sudah terlanjur sering mewarnai rambut di salon, pastikan juga untuk rajin merawat rambut dengan keramas dua hari sekali agar rambut tidak mudah rusak dan kering. Pastikan juga sampo yang Sedulur gunakan cocok untuk rambut yang diwarnai.  

4. Hindari penggunaan hair dryer dan catok terlalu sering

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Berkilau

Selain mewarnai rambut, penggunaan hair dryer dan catokan juga dapat menyebabkan rambut jadi rusak dan kering lho, Sedulur Super. Menggunakan hair dryer memang penting untuk mengeringkan rambut dengan cepat, juga catokan yang membuat rambut Sedulur jadi halus dan mudah diatur. Namun penggunaan yang tidak bijak malah membuat rambut jadi rusak. Gunakanlah hair dryer atau catok rambut paling tidak satu atau dua minggu sekali.

5. Gunakan hair oil dan hair mask

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Berkilau

Cara merawat rambut agar sehat juga dapat Sedulur Super lakukan dengan menggunakan hair oil dan hair mask. Hair oil dan hair mask adalah serangkaian perawatan rambut agar rambut Sedulur semakin sehat dan berkilau. Hair oil merupakan minyak rambut yang digunakan untuk menambah kelembapan rambut dan menjaga kilauannya. Sudah banyak influencer, selebgram bahkan artis yang melakukan perawatan rambut menggunakan hair oil. Selain itu, ada pula hair mask. Nah, hair mask ini digunakan setelah hair oil ya, Sedulur Super. Fungsi masker rambut ini sama seperti hair oil, yaitu menutrisi rambut agar tampak sehat dan lebih mudah diatur. Jadi, urutan perawatan rambut atau hair treatment yang tepat yaitu yang pertama hair oil, lalu hair mask kemudian dilanjutkan dengan sampo lalu yang terakhir kondisioner.

Baca Juga: Inspirasi Hijab Simpel Saat Belanja Ke Toko Kelontong

6. Konsumsi makanan bervitamin untuk merawat rambut sehat

 Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bervitamin. Makanan tidak hanya berguna untuk menyehatkan badan dan kecantikan wajah, tetapi juga menyehatkan rambut lho, Sedulur Super. Makanan bervitamin itu adalah buah-buahan dan sayuran (vitamin A, B, C, D dan Omega 3), seperti wortel, bayam, salmon, jambu biji, dan lainnya.

Baca Juga: Tips Memilih Sayur yang Segar untuk Sedulur Super

Nah, itulah beberapa cara merawat rambut agar sehat dan tetap berkilau. Bagaimana Sedulur Super? Cara merawat rambut agar sehat sangat mudah, bukan? Jangan lupa untuk melakukan cara-cara di atas secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal ya, Sedulur Super!

Dapatkan juga beberapa produk perawatan rambut untuk Sedulur jual di toko kelontong hanya di Aplikasi Super. Yuk Sedulur, coba aplikasinya sekarang!