Banyak yang menyukai sayur karena kandungan nutrisi dan serat yang dapat menyehatkan tubuh.

Sayur merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama kandungan serat yang tinggi dalam sayur sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Hal tersebut membuat banyak yang menyukai sayur dengan berbagai olahannya.

Olahan sayur bisa dimasak dengan berbagai cara, terutama saat ini, banyak inovasi kuliner yang berkembang dengan menggunakan sayur sebagai bahan utamanya. Artikel kali ini akan membahas berbagai olahan sayur yang menyehatkan untuk tubuh sebagai referensi untuk Sedulur Super sekalian. Pembuatannya pun sangat mudah dan bisa langsung Sedulur Super coba di rumah. Apa saja olahan sayur yang menyehatkan yang dimaksud? Yuk mari, kita simak ulasannya.

Baca Juga: Tipe Orang yang Belanja di Toko Kelontong

Resep Olahan Sayur yang Menyehatkan

1. Sayur Bening

Olahan sayur satu ini merupakan olahan yang telah umum Sedulur Super ketahui. Sayur bening merupakan salah satu olahan sayur yang praktis dan mudah untuk dibuat. Sedulur Super bisa menggunakan bayam hijau, bayam merah atau daun katuk sebagai bahan utama sayur bening.

Sayur bening akan semakin nikmat jika dilengkapi dengan sayuran lainnya, yaitu oyong, jagung, wortel dan labu kuning. Bumbu untuk membuat sayur bening sederhana saja, bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya yang umum digunakan sebagai bumbu masak. Sayur bening sangat menyehatkan untuk tubuh karena terdapat banyak sayuran yang terdapat di dalamnya.

2. Sayur Bobor

Bagi sebagian Sedulur Super mungkin ada yang belum mengenal nama sayur bobor, atau juga mungkin di daerah Sedulur Super sayur bobor dikenal dengan nama yang berbeda. Sayur bobor merupakan sayuran yang terbuat dari bahan utama yaitu sayur bayam dan labu siam.

Hanya saja, dalam pengolahan sayur bobor menggunakan santan dan tambahan kencur yang menghasilkan aroma harum dan rasa yang gurih. Sedulur Super hanya perlu menyiapkan bayam, labu siam, tempe, santan kental, daun salam, lengkuas dan kencur. Pengolahannya pun sederhana, Sedulur hanya perlu sering mengaduk sayur saat santan dimasukan agar santan tidak pecah.

Kandungan nutrisi dalam olahan sayur bobor tidak usah ditanya lagi. Serat, protein dan vitamin yang tinggi dihasilkan dari berbagai sayuran yang digunakan sebagai bahan utama sayur bobor. Selain itu, sayur bobor juga mengandung lemak yang baik untuk tubuh dari santan yang digunakan untuk mengentalkan kuah sayur bobor.

3. Tumis Tauge

Tauge merupakan salah satu sayuran yang sangat umum diolah oleh masyarakat Indonesia. Kita bisa menemukan tauge di berbagai kuliner Indonesia. Katakan gorengan tahu yang sering menggunakan tauge sebagai isiannya, lalu ada lumpia goreng yang menjadikan tauge sebagai isian. Ada lagi kuliner hits yaitu lumpia basah yang juga menggunakan tauge sebagai bahan utamanya.

Salah satu olahan tauge yang mudah untuk dibuat adalah tumis tauge. Tumis tauge memiliki tekstur yang renyah dan wangi. Hal ini disebabkan oleh bumbu yang digunakan dalam memasak tauge yaitu minyak wijen, saus tiram dan kecap asin. Sedulur Super juga bisa menambahkan potongan ayam atau tahu sebagai pelengkap dari tumis tauge satu ini.

Selain sehat karena kandungan nutrisi dan serat yang ada dalam tumis tauge, juga terdapat kandungan protein dari ayam dan tahu. Selain praktis dan mudah digunakan, untuk memasak tauge pun Sedulur tidak harus memiliki skill tinggi saat memasak.

Baca Juga: Tips Memilih Supplier Sembako yang Baik

4. Sayur Asem

Sayur asem merupakan menu olahan sayur yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Kuahnya yang asam dengan sekilas rasa manis membuat sayur asem banyak disukai karena tipe rasa yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, yaitu asam manis.

Sayuran yang dicampurkan adalah kacang panjang, melinjo, daun melinjo, nangka muda, labu siam, jagung manis hingga kacang tanah. Bumbunya juga mudah antara lain bawang putih, bawang merah, cabai merah, gula dan garam yang sudah dihaluskan. Selain itu, jangan lupakan asam jawa sebagai bahan utama yang membuat rasa sayur asem menjadi khas.

Selain disukai banyak masyarakat Indonesia, sayur asem sangat menyehatkan karena berbagai kandungan sayur yang dapat memberikan serat dan nutrisi bagi tubuh. Banyak yang menjadikan sayur asem sebagai menu santap di setiap rumah di Indonesia.

5. Capcay

Menu olahan sayur yang menyehatkan satu ini sangat legendaris, saking legendaris dan disukai oleh masyarakat capcay dapat dengan mudah kita temui di penjual nasi goreng sebagai salah satu menu yang ditawarkan. Hal tersebut menunjukan betapa capcay begitu disukai oleh masyarakat Indonesia.

Sedulur Super juga bisa menambah daging ayam atau seafood untuk melengkapi sayur capcay agar lebih bernutrisi lagi. Terlebih agar lebih lezat saat disantap. Selain dijual oleh pedagang nasi goreng, capcay juga menjadi salah satu menu di restoran elit. Hal ini menunjukan bahwa capcay begitu disukai oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

Jika ada Sedulur Super yang mulai penasaran dengan berbagai olahan sayur yang menyehatkan yang telah diulas di atas. Sedulur Super bisa langsung membuatnya di rumah, karena berbagai olahan sayur yang telah diulas, tidak memerlukan bahan yang sulit didapat. Hampir semua bahan utamanya sangat mudah di dapat.

Ada cara yang jauh lebih praktis untuk Sedulur Super jika ingin mendapatkan bahan sayuran untuk membuat berbagai resep olahan sayuran di atas. Yaitu, Sedulur Super tinggal belanja semua perlengkapan sayuran di Aplikasi Super.

Aplikasi Super dijamin dapat memenuhi kebutuhan sembako yang Sedulur Super butuhkan. Kulak sembako di Aplikasi Super juga jauh lebih mudah, karena Sedulur hanya perlu menggunakan smartphone untuk kulak sembako. Setiap sembako pesanan Sedulur pun akan diantarkan hingga depan rumah Sedulur dengan biaya ongkos kirim gratis.

Tunggu apa lagi? Langsung klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Kulak sembako lebih mudah dan efisien dengan Aplikasi Super, selain itu Sedulur juga dijamin akan untung super melimpah. Tidak percaya? Buktikan langsung sekarang juga!