Saat mengalami luka bakar, salep penghilang bekas luka dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengobati. Selain mempercepat penyembuhan luka, penggunaan obat luar ini juga bisa membantu memudarkan bekas luka pada kulit.

Sedulur bisa mendapatkan salep penghilang bekas luka dengan mudah, seperti di apotek maupun toko kesehatan di sekitar rumah. Dengan merk dan harga yang bervariasi, Sedulur dapat memilih salep tersebut sesuai dengan bujet yang dimiliki.  Ingin tahu apa saja jenis obat salep ini? Berikut adalah rekomendasi salep penghilang bekas luka, baik yang sudah ada sejak dulu hingga sekarang beserta ulasan dan harganya. Simak dengan baik, ya! 

BACA JUGA: 12 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan Tubuh

Penyebab munculnya bekas luka di kulit

luka
iStock

Kemunculan bekas luka di kulit disebabkan oleh banyak faktor. Adanya gesekan antara kulit dengan benda yang memiliki permukaan kasar ataupun bersuhu panas bisa membuat kulit jadi melepuh dan terluka. Misalnya saat terkena knalpot panas, gesekan dengan aspal ketika jatuh dari kendaraan, hingga bentol-bentol yang terjadi karena adanya reaksi terhadap zat kimia tertentu. 

Jika tidak segera ditangani, semua kejadian yang sudah disebutkan di atas bisa meninggalkan bekas luka. Apalagi bila Sedulur tidak menggunakan obat untuk menghilangkan bekasnya, bekas luka akan tetap ada sampai jangka waktu yang lama. 

Nah, salah satu obat yang bisa diandalkan untuk masalah ini adalah salep. Saat ini, sudah ada banyak brand yang bisa memudarkan bekas luka, bahkan salep penghilang bekas luka setelah operasi caesar juga tersedia. 

Namun, ada hal penting yang perlu Sedulur ketahui sebelum membeli obat tersebut di apotik atau toko kesehatan. Hal tersebut adalah harga obat oles ini yang lebih mahal dibandingkan dengan obat lainnya. Dengan begitu, siapkan bujet lebih ketika akan membelinya, ya!

1. Bio Oil

salep penghilang bekas luka
Halodoc

Salep penghilang bekas luka yang pertama adalah Bio Oil. Mereknya sudah tidak asing lagi karena memang sudah terbukti ampuh untuk memudarkan bekas luka, selulit, hingga bekas jerawat di wajah.

Obat yang hadir dalam tekstur cair ini mengandung vitamin A, E, dan Chamomile yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Proses meratakan warna kulit yang semula berwarna gelap karena bekas luka bisa semakin cerah dan memudar bekasnya.

Harga salep penghilang bekas luka ini dibanderol mulai dari Rp 56.800 per 25ml. Sedulur bisa mendapatkan produknya dengan mudah di apotik terdekat maupun drugstore yang ada di mal favoritmu.

2. Dermatix Ultra

salep penghilang bekas luka
Popmama

Selain bekas luka datar, ada juga jenis bekas luka timbul. Biasanya luka ini muncul bisa timbul jika di area kulit yang menyentuh knalpot motor panas. Selain itu, bisa juga karena luka yang pasca operasi. Biasanya jenis luka tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dan hanya akan menjadi sarang virus jika tidak ditangani secara serius.

Untuk luka ini, Sedulur bisa memanfaatkan Dermatix Ultra. Produk salep ini sudah mengandung vitamin C dan diformulasikan dengan teknologi Cyclopentasiloxane modern. Sedulur bisa mengoleskan obat ini di kulit ketika luka sudah mengering. Pakai saat sudah masuk ke tahap fokus memudarkan lukanya, ya.

Jenis luka yang bisa dipudarkan bekasnya adalah luka gores, luka bakar, hingga luka trauma. Meski harga per tube-nya bisa mencapai Rp33.500 per 15gr, hasil yang didapatkan tentu saja sangat sesuai dengan klaim dan khasiatnya.

3. Bioplacenton

salep penghilang bekas luka
Orami

Bioplacenton bisa menjadi solusi bagi Sedulur yang mengalami luka akibat habis terkena percikan minyak panas. Produk ini menjadi salah satu salep penghilang bekas luka bakar yang ampuh dan efektif.

Sedulur bisa mengoleskannya di luka dalam keadaan masih basah maupun kering. Obat ini mampu mempercepat proses pengeringan luka dari luar dan memudarkan bekas luka bila dipakai secara teratur. 

Harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan secara bebas di apotek menjadikan produk ini sebagai andalan. Sedulur bisa mendapatkan Bioplacenton dengan harga Rp23.000 per 15gr.

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Masaknya

4. Mederma

salep penghilang bekas luka
GitaCinta

Mederma proactive gel menjadi salah satu obat oles yang digunakan juga sebagai salep penghilang bekas koreng di apotik. Kandungan dari ekstrak Aloe Vera dan Allantoin-nya terbukti sangat ampuh dalam memudarkan berbagai jenis bekas luka. Terlebih lagi bekas luka yang menghitam dan lama hilangnya.

Untuk hasil yang maksimal, Sedulur bisa menggunakan produk ini dengan mengoleskan di area luka 2-4 kali dalam sehari. Cara menggunakanya pun terbilang sangat mudah. Oleskan pada bekas luka sembari dipijat secara lembut. Tujuannya supaya obat bertekstur kental tersebut bisa cepat meresap dan kering.

Dengan harga mulai dari Rp180.000 untuk 10 mg di tiap kemasannya, harganya memang termasuk mahal. Tapi efek yang diberikan bisa memberi hasil yang nyata dan cukup cepat.

5. Braylee Acne Scar Removal Cream

salep luka
Breylee

Selain meluncurkan beberapa produk perawatan wajah, Braylee juga merilis salep penghilang bekas luka dan mematoknya dengan harga terjangkau. Dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp32.000 per 30gr, Sedulur sudah bisa mengoleskan salep ini ke area luka.

Produk ini memang dikhususkan untuk bekas jerawat wajah dan bagian tubuh lainnya seperti punggung. Bahan aktif seperti Portulaca oleracea bahkan diklaim mampu menyembuhkan bekas karena bahan aktifnya yang bersifat antibiotik. Sedulur bisa mengoleskan di area luka kering ini ketika tangan dan kulit dalam keadaan kering dan bersih.

6. Laderma Lanakeloid- E Cream

salep luka
Faradiladputri

Laderma juga memiliki Lanakeloid-E cream yang bisa diandalkan sebagai salep penghilang bekas luka. Obat ini diciptakan mampu mengurangi iritasi dan rasa gatal di bekas luka yang baru saja kering di bagian tubuh luar serta memudarkan bekas gatal yang menghitam.

Aloe vera merupakan salah satu kandungan yang sangat ampuh untuk membuat obat ini semakin efektif dan memberi efek cepat dalam mencerahkan bekas luka. Harga Laderma Lanakeloid- E Cream 8 ml adalah Rp99.000.

7. Salep Wasiat Multiguna Guci Pusaka

salep luka
Bukalapak

Seperti namanya yang multiguna, salep Guci Pusaka ternyata memang ampuh untuk menghilangkan bekas luka dengan jenis apa saja. Obat ini diklaim mampu mempercepat proses meratakan warna kulit pada area yang terluka, seperti karena terkena setrika, knalpot motor panas, minyak panas, hingga sunburn setelah berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen dan sunblock.

Selain memiliki fungsi utama sebagai salep penghilang bekas luka koreng, obat luar ini juga bisa melembapkan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Salep Wasiat Multiguna Guci Pusaka ini bisa digunakan untuk segala umur, mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Harga nya juga cukup murah meriah, yakni hanya Rp13.000 saja untuk kemasan 10gr.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Body Shaming: Definisi & Dampak bagi Kesehatan

8. Dermovate Cream

salep luka
TS-Market

Selain produk dari pabrik dalam negeri, ada produk Arab saudi dengan merek Dermovate cream yang bisa diandalkan sebagai penghilang bekas luka. Krim putih dengan tekstur ringan ini bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka di area leher dan bagian tubuh luar lainnya. Jika tertarik, Sedulur bisa membawa pulang salep penghilang bekas luka dengan ukuran kemasan 25 gram ini dengan harga Rp82.000.

9. Melanox Hydroquinone 2%

salep luka
MoiAmor

Bekas luka yang membuat bagian tertentu menjadi lebih gelap juga bisa masuk dalam kategori hiperpigmentasi. Untuk kembali meratakan warna kulit dan memudarkan bekasnya, Sedulur bisa mencoba Melanox Hydroquinone 2%. Sedulur bisa mendapatkan salep ini di apotek dengan harga mulai dari Rp33.000.

Sayangnya, produk ini tidak diperbolehkan untuk dipakai oleh ibu hamil. Namun, jika terpaksa, Sedulur bisa mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter terkait obat apa saja yang boleh diminum dan dipakai ke tubuh termasuk salep. Hal ini bertujuan agar si jabang bayi tetap sehat dan tidak terpapar zat kimia berbahaya selama di kandungan.

10. Meilibahenling Nutritive Cream

salep untuk luka
Miracle

Produk berikutnya yang direkomendasikan sebagai salep penghilang bekas luka yaitu Meilibahenling Nutritive Cream. Krim yang berasal dari Tiongkok ini sudah kondang dan populer karena khasiatnya yang cepat dan aman. 

Kandungan utama yang ada pada salep ini terdiri dari gliserin, aloe picked oil, snake guts, dan snake oil. Senyawa tersebut mampu mempercepat proses regenerasi kulit dan mencegah bekas kulit menjadi hitam.

Meski bukan produk keluaran Indonesia, salep penghilang bekas luka ini sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM). Dengan dikeluarkannya izin resmi ini, produk asal Negeri Tirai Bambu ini sudah teruji klinis aman untuk digunakan. Tertarik menggunakannya? Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp15.000 untuk kemasan 40 ml.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Mata Silinder Beserta Penyebab & Cara Mengobatinya

11. Sodermix Cream

salep luka
MIMS

Salep penghilang bekas luka berikutnya adalah Sodermix Cream. Krim oles yang mampu memudarkan bekas luka dan menyembuhkan keloid ini mengandung ekstrak Solanum lycopersicum 2%. Kandungan ekstrak tersebut bekerja dengan mengurangi pembentukan sitokin pada kulit. 

Tak hanya itu, area bekas luka yang dioles dengan salep ini juga bisa menjadi lebih lembut. Dengan menggunakan salep ini sebanyak satu sampai dua kali sehari, bekas luka yang membandel sedikit demi sedikit akan berkurang seiring pemakaian yang rutin. Jika Sedulur tertarik, harga kemasan 15 gram salep ini dibanderol sekitar Rp107.500.

12. Dermakel Gel

penghilang bekas luka
SOHO Global Health

Rekomendasi salep penghilang bekas luka yang terakhir adalah Dermakel Gel. Salep yang diklaim mampu menghilangkan bekas luka di bagian di kaki atau area lainnya ini mengandung ekstrak lidah buaya dan bawang merah yang dipercaya mampu mempercepat proses regenerasi kulit. 

Selain itu, salep ini juga mengandung ekstrak daun pegagan yang mampu meredakan peradangan luka. Dengan pemakaian yang rutin, kulit yang tidak rata ataupun bekas luka bisa menjadi lebih lembut dan cerah. Sedulur dapat mendapatkan salep ajaib ini dengan harga sekitar Rp198.042 untuk setiap kemasan 19 gram.

Berbagai rekomendasi salep penghilang bekas luka di atas dibanderol dengan harga yang variatif. Ada yang murah hingga mahal, bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur sekalian, terutama bagi yang sedang mencari obat untuk mengobati bekas luka. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.