kerajinan bahan lunak

Apakah Sedulur pernah mendengar tentang kerajinan bahan lunak? Kerajinan yang satu ini termasuk dalam karya seni yang diciptakan secara tradisional. Terdapat dua jenis kerajinan bahan lunak yang perlu diketahui, yakni dari bahan alami dan bahan buatan.

Masing-masing jenis kerajinan mempunyai keunggulan serta fungsi yang berbeda. Sedulur bisa memanfaatkan kerajinan ini untuk hiasan, maupun sebagai hadiah bagi orang yang dianggap istimewa. Bahan utama untuk membuat kerajinan ini juga cukup mudah diperoleh, seperti tanah liat untuk jenis kerajinan yang alami, atau sabun untuk jenis kerajinan buatan.

Ingin mengenal lebih jauh soal kerajinan bahan lunak? Berikut rangkuman informasi selengkapnya beserta macam-macam kerajinan lunak dan cara membuatnya. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: Contoh Kerajinan dari Tanah Liat Beserta Cara Membuatnya

-->

Pengertian kerajinan bahan lunak

kerajinan bahan lunak
Detik.com

Sebelum mencari tahu ragam jenis dan contoh kerajinan bahan lunak, ada baiknya Sedulur memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Dihimpun dari berbagai sumber, kerajinan bahan lunak adalah barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan dan alat bantu dari bahan yang memiliki tekstur lunak atau empuk dan mudah dibentuk. Biasanya hasil kerajinan ini berupa bentuk tiga dimensi, sehingga memiliki sisi panjang, lebar, dan tinggi.

Meski terlihat sederhana, dibutuhkan keterampilan untuk bisa menghasilkan kerajinan yang bagus di samping proses pembuatan yang cukup rumit. Oleh karenanya, tidak semua orang bisa membuat kerajinan ini.

Jenis-jenis bahan lunak

kerajinan bahan lunak
The Asian Parent

Bahan lunak yang digunakan untuk membuat kerajinan terbagi menjadi dua kategori, yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Berikut penjelasan untuk masing-masing jenis bahan.

1. Bahan lunak alami

Bahan lunak alami adalah suatu bahan kerajinan yang berasal dari alam dan memiliki sifat alami. Cara pengolahan bahan lunak ini tidak dicampur atau dikombinasi dengan bahan buatan. Adapun beberapa contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, serat alam, kulit, tepung flour clay, dan getah nyatu.

2. Bahan lunak buatan

Definisi bahan lunak buatan adalah jenis bahan yang berasal dari sesuatu yang dibuat oleh manusia. Biasanya pembuatan bahan lunak ini melibatkan campur tangan mesin serta memiliki karakteristik yang berbeda dengan bahan lunak alami. Bahan lunak buatan merupakan jenis bahan yang sering digunakan untuk diolah menjadi kerajinan. Adapun beberapa contoh bahan lunak buatan adalah lilin, sabun, gips, bubur kertas, fiberglass, parafin, dan plastisin.

BACA JUGA: Getah Nyatu, Kerajinan Khas Kalimantan yang Nyaris Punah

Fungsi kerajinan bahan lunak

Popmama

Secara umum, fungsi kerajinan bahan lunak meliputi dua fungsi utama, yaitu fungsi keindahan atau estetika dan fungsi kegunaan atau pakai. Jika ditelisik secara lebih detail, dapat diuraikan fungsi-fungsi kerajinan bahan lunak adalah sebagai berikut.

  • Sebagai hiasan yang memberikan nilai keindahan pada ruangan.
  • Sebagai sumber penghasilan karena menjadi barang yang diperjualbelikan.
  • Sebagai barang yang digunakan untuk dimanfaatkan fungsinya.
  • Sebagai bahan dasar bangunan.
  • Sebagai kelengkapan dalam keperluan adat.

Teknik pembuatan kerajinan bahan lunak

kerajinan bahan lunak
Kompas

Dalam pembuatan kerajinan dari bahan lunak, Sedulur tidak hanya harus memahami bahan yang digunakan. Melainkan juga mengetahui teknik yang tepat untuk digunakan dalam membuat kerajinan dari bahan tertentu.

Setidaknya ada tujuh teknik yang umum digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan lunak, di antaranya yaitu teknik mengukir, teknik coil, dan teknik putar. Apa itu? Berikut penjelasan untuk setiap teknik.

  • Teknik mengukir: teknik membuat ukiran pada permukaan benda, teknik ini biasa disandingkan dengan teknik memahat.
  • Teknik menganyam: teknik mengatur serat secara tindih-menindih atau silang-menyilang.
  • Teknik menenun: teknik menyilangkan dua set benang dengan cara saling dimasuk-masukkan secara melintang menggunakan bantuan alat khusus.
  • Teknik bordir: teknik menambahkan hiasa dari benang pada permukaan pakaian atau kain.
  • Teknik coil: teknik membuat kerajinan dengan cara dipijit menggunakan jari. Teknik ini juga umum dikenal sebagai lilit pilin.
  • Teknik putar: teknik membuat kerajinan dengan menggunakan alat pemutar kaki.
  • Teknik cetak: teknik pembuatan kerajinan menggunakan alat cetak khusus.

BACA JUGA: 15 Kerajinan dari Bambu yang Kreatif Beserta Cara Membuatnya

Contoh kerajinan bahan lunak alami

Telah dipahami bersama terdapat dua jenis bahan lunak yang digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan, yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Berikut ini beberapa contoh kerajinan bahan lunak alami.

1. Kerajinan dari tanah liat

Kompas

Contoh kerajinan bahan lunak alami yang pertama adalah kerajinan dari tanah liat. Tentu saja Sedulur sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Beberapa bentuk tanah liat yang sudah diolah seperti genteng, batu bata merah, tembikar, dan lain sebagainya.

Cara membuat kerajinan dari tanah liat juga cukup mudah. Dalam hal ini, langkah pertama dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak adalah membentuk tanah liat seperti yang diinginkan. Lalu Keringkan sampai benar-benar kering. Bakar kerajinan jika bentuk sudah sesuai. tersebut. Terakhir, tinggal dikasih warna sesuai keinginan.

2. Kerajinan dari serat alam

IDN Times

Sesuai dengan namanya, jenis kerajinan yang satu ini memanfaatkan serat alam sebagai bahan baku utamanya. Pembuatannya biasa dilakukan dengan teknik menenun dan menganyam. Oleh sebab itu, proses pembuatan kerajinan dari serat alam ini dibutuhkan ketelitian yang tinggi.

Produk kerajinan bahan lunak dari serat alam ini sangat beragam. Mulai dari perkakas rumahan hingga kebutuhan fashion yang keren. Contohnya saja seperti hiasan dinding, sepatu, tas, baju, dan lain sebagainya.

3. Kerajinan dari kulit

Kumparan

Kerajinan yang berikutnya dibuat dengan bahan baku kulit binatang yang telah disamak dengan bahan bakunya. Teknik yang digunakan dalam pembuatan jenis kerajinan ini, adalah teknik jahit dan ukir. Beberapa kulit yang digunakan untuk membuat kerajinan adalah kulit kambing, sapi, kerbau, dan domba.

Bentuk kerajinan lunak dari kulit ini sangat beragam jenisnya. Mulai dari tas, jaket, sepatu, celana, dan masih banyak lagi. Karena ketersediaan bahan baku cukup terbatas dan proses pembuatannya yang tidak sebentar, maka harga dari kerajinan ini relatif mahal.

BACA JUGA: 10 Kerajinan yang Unik dari Bahan Limbah Bekas dan Caranya

4. Kerajinan dari tepung flour clay

kerajinan bahan lunak
Kumparan

Tepung flour clay adalah bahan pembuat kerajinan yang memiliki sifat aman serta tidak mengandung racun. Untuk membuat adonannya, biasanya menggunakan jenis tepung tapioka, tepung terigu, tepung tapioka, dan lain sebagainya.

Bisa dibilang cara untuk membuat bahan flour clay ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis clay yang lain. Hanya saja, bahan dasar yang digunakan itu berbeda. Tidak hanya itu, dalam flour clay, takaran untuk tepung dan juga bahan yang lain itu harus seimbang supaya menghasilkan karya yang baik.

5. Kerajinan dari bahan getah nyatu

IDN Times

Jenis bahan lunak alami yang berikutnya adalah getah nyatu. Sederhananya, getah nyatu merupakan bahan yang berasal dari pohon kayu nyatu asal Kalimantan. Oleh karenanya, kerajinan ini pun cukup populer di Kalimantan terutama Kalimantan Tengah.

Proses pembuatan kerajinan dengan getah nyatu terbilang cukup rumit. Sebab, pertama-tama Sedulur harus mengumpulkan getahnya dan kemudian mengolahnya hingga menjadi getah yang berkualitas.

BACA JUGA: Bernilai Tinggi! 25 Kerajinan dari Kardus yang Mudah Dibuat

Contoh kerajinan bahan lunak buatan

Jika sebelumnya Sedulur sudah menyimak contoh ragam kerajinan dari bahan lunak alami, berikut ini akan dipaparkan aneka kerajinan bahan lunak buatan. Di antaranya adalah kerajinan dari bahan lilin, dari sabun, dan dari gips.

1. Kerajinan dari bahan lilin

kerajinan bahan lunak
Tribun

Lilin merupakan salah satu bahan untuk membuat kerajinan bahan lunak buatan. Pembuatan kerajinan menggunakan lilin ini cukup mudah, bahkan tidak memerlukan keterampilan khusus.

Pertama-tama, cairkan lilin dengan cara memanaskannya. Apabila sudah mencair, langsung saja ukir sesuai dengan keinginan. Selain itu, Sedulur juga bisa membuat bentuk dengan cetakan. Jika Sedulur tertarik dengan kerajinan dari lilin, maka disarankan untuk menggunakan lilin plastisin.

2. Kerajinan dari sabun

Pinhome

Contoh kerajinan lunak buatan selanjutnya adalah kerajinan yang dibuat dengan bahan dasar sabun. Bisa dibilang jika hasil karya ini tergolong unik dan menarik. Ada dua metode pembuatan karya dari sabun.

Metode yang pertama, adalah langsung membuat ukiran ketika bentuk sabun masih benar-benar padat. Selain itu, sabun juga bisa dihaluskan atau diparut terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan air dan sagu untuk membuat adonan baru. Kemudian baru adonan dibentuk sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA: 7 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penuh Cuan dan Minim Modal

3. Kerajinan berbahan gips

Orami

Mungkin sedulur sudah tidak asing lagi dengan produk kerajinan berbahan dasar gypsum atau gips. Ini adalah contoh kerajinan bahan lunak fungsi hias, karena bahan yang satu ini memang sudah sering digunakan untuk keperluan memperindah interior sebuah bangunan.

Langkah awal untuk membuat karya dari gips, adalah mencampur bubuk gips dengan air. Jika sudah menjadi adonan yang teksturnya kental, Sedulur bisa menggunakan teknik pencetakan atau pengecoran. Nah, setelah itu diamkan saja sampai gips mengeras. Terakhir, tinggal beri warna pada gips yang sudah keras.

Dapat dikatakan jika kerajinan dari bahan gips ini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan, lho. Hal ini karena produk gips sering dibutuhkan dalam berbagai macam keperluan, seperti interior rumah sampai patung.

4. Kerajinan dari bubur kertas

YouTube

Untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan lunak, ternyata Sedulur juga dapat memanfaatkan kertas bekas yang ada di sekitar, lho. Cara membuatnya juga sangat mudah. Sedulur bisa menghancurkan kertas terlebih dahulu. Kemudian mencampurkannya dengan lem, air, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang diperlukan.

Penambahan tepung kanji dan lem ini, dilakukan dengan tujuan agar tekstur dari bubur kertas nantinya tidak terlalu lembek. Karena adonan bubur kertas terlalu lembek, tentu saja Sedulur akan kesulitan pada saat membuat bentuk yang inginkan.

Nah, apabila teksturnya sudah sesuai, silakan buat bentuk bebas. Oh iya, jangan lupa untuk memberi warna supaya tampilannya jadi lebih menarik.

5. Kerajinan dari fiberglass

Kerajinan bahan lunak
The Hans India

Kerajinan dari bahan lunak buatan selanjutnya adalah fiberglass, yaitu serat gelas berupa kaca air yang ditarik sehingga membentuk serat tipis. Meski terbuat dari gelas atau kaca, serat ini bisa dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain.

Pembuatan kerajinan dari fiberglass sendiri terbilang cukup rumit sehingga tidak sembarang orang bisa melakukannya. Pasalnya, dibutuhkan sejumlah alat dan bahan khusus untuk mengolah bahan satu ini hingga menjadi sebuah kerajinan.

BACA JUGA: Pengertian Kerajinan Berbasis Media Campuran dan Contohnya

6. Kerajinan dari parafin

kerajinan bahan lunak
Make Magazine

Parafin adalah bahan lunak yang dihasilkan dari olahan minyak bumi. Pada umumnya bentuk dari parafin ini berupa suatu lempengan, namun juga ada yang bentuknya butiran. Contoh kerajinan yang biasanya diolah dengan menggunakan bahan yang satu ini adalah lilin hias.

Akan tetapi, parafin juga sering diolah sebagai lilin untuk pengobatan. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, berhasil membuktikan jika mandi dengan lilin parafin ini sangat efektif untuk terapi persendian. Dengan ini maka bisa disimpulkan, parafin berfungsi sebagai hiasan dan juga pengobatan.

7. Kerajinan berbahan plastisin

LezGetReal

Bagi Sedulur yang dulu waktu kecil suka membeli dan bermain plastisin, tentu saja sudah paham jika benda tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan. Ya, tekstur plastisin yang lunak dan mudah dibentuk, memang mendukung orang-orang untuk membuat sebuah karya seni.

Cara untuk membuat karya dengan bahan dasar plastisin ini juga sangat mudah. Langsung saja buat bentuk dasar dengan menekan plastisin tersebut. Untuk sentuhan terakhir, Sedulur bisa mengukir untuk setiap detail yang dibutuhkan. Keunggulan dari bahan plastisin ini, yakni bisa dibentuk ulang apabila bentuknya berubah atau hancur sewaktu-waktu.

tulah beberapa kerajinan dari bahan lunak yang bisa Sedulur coba buat. Melihat contoh di atas, maka sudah jelas apa yang dimaksud dengan bahan lunak. Nah, aneka produk kerajinan dari bahan lunak yaitu kecuali benda atau barang yang terbuat dari kayu, batu, semen, dan lain sebagainya.