Manfaat minyak zaitun untuk wajah ada banyak! Sedulur sedang bingung mencari obat alami yang bisa mengatasi berbagai permasalahan dalam kulit?

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang diambil dari buah zaitun, yaitu pohon tradisional khas Mediterania. Selain digunakan untuk memasak agar lebih sehat, minyak ini cukup populer apalagi dalam dunia kecantikan, karena mempunyai segudang manfaat. Mulai dari wajah, rambut, sampai ke ujung kaki, minyak ini bisa digunakan. Minyak zaitun diperkaya akan kandungan omega-3 dan omega 6, serta bebas dari kandungan kolesterol, karbohidrat, dan juga lemak.

Dikenal sebagai salah satu produk alami untuk melembabkan wajah, manfaat minyak zaitun untuk wajah bukan hanya itu, lho, Sedulur. Penasaran dengan apa aja sih manfaatnya? Berikut rangkumannya untuk kalian.

BACA JUGA: 10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat & Alami, Ampuh

1. Mengencangkan kulit

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Unsplash

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah untuk membuat wajah menjadi lebih kencang. Kerutan yang ada di sekitar muka akan berkurang bila rajin mengoleskan minyak zaitun ke bagian yang berkerut. Ini karena adanya kandungan dalam minyak zaitun yaitu zat linoleic acid yang mempunyai fungsi mencegah kerutan apalagi di usia yang masih muda. Minyak ini juga mengandung polifenol dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel kulit.

2. Mengecilkan pori-pori wajah

Unsplash

Selain untuk mengencangkan kulit, manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah agar pori-pori di wajah dapat mengecil. Cara mengaplikasikannya cukup gampang, yaitu dengan mencampurkan satu sendok minyak zaitun dengan satu sendok madu, lalu aplikasikan ke wajah Sedulur seperti sedang menggunakan masker wajah. Buat Sedulur yang mengalami pori-pori wajah yang cukup terlihat besar dan mengganggu penampilan, cara ini bisa dicoba, ya.

3. Menghapus riasan di wajah

Unsplash

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah untuk menghapus make up atau riasan yang menempel di wajah. Selain menggunakan cleanser, Sedulur bisa lho menghapus make up, debu, ataupun kotoran di wajah dengan menggunakan minyak zaitun. Tidak perlu make up remover lagi, cukup teteskan minyak zaitun secukupnya ke dalam kapas, lalu usap lembut ke wajah. Setelah itu, make up serta debu akan terangkat dan wajah akan menjadi bersih.

4. Mengatasi kulit yang bermasalah

Selanjutnya, manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah untuk mengatasi kulit yang sedang dalam masalah. Misalnya adalah kulitmu sedang kering, minyak ini dapat membantu mengatasinya. Caranya adalah dengan rutin mengoleskan minyak zaitun ke bagian kulit yang kering, usap dan pijat pelan. Tunggu kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan trik ini dengan jarak dua minggu sekali agar hasilnya maksimal.

5. Melembabkan kulit

Pexel

Seperti yang kita ketahui bahwa melembabkan kulit adalah salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yang paling populer dan diketahui oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan di dalam minyak zaitun terkandung berbagai vitamin dan juga nutrisi sehingga kulit akan menjadi tetap lembab. Sedulur bisa mengoleskan minyak zaitun secara merata ke bagian wajah yang kering, lalu pijat lembut. Hasilnya akan optimal bila rutin dilakukan,ya.

6. Sebagai scrub kulit wajah

Unsplash

Selain melembabkan kulit, manfaat minyak zaitun untuk wajah yang lainnya adalah sebagai scrub kulit wajah. Untuk kalian yang mengalami kulit kering dan bersisik, minyak ini bagus digunakan sebagai scrub agar mengurangi kulit kering dan bersisik. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan 3 sendok teh minyak zaitun murni dengan 3 sendok teh garam laut, campurkan ke dalam wadah masker, lalu oleskan pada wajah serta pijat dengan lembut. Campuran dari garam dan minyak ini selain bisa mengurangi kulit kering juga bisa membantu merontokkan kulit yang bersisik.

7. Sebagai masker bibir

Unsplash

Bibir kamu kering dan pecah-pecah? Minyak zaitun adalah solusinya.Yups, penggunaan sebagai lip gloss adalah salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah terutama bagian bibir. Berkat kandungan dari vitamin E yang berfungsi menutrisi bibir dan juga melembabkan bibir, minyak zaitun wajib kalian coba. Produk ini sangat aman karena natural, serta gampang untuk mengaplikasikannya. Berikut adalah langkah membuat dan mengaplikasikannya:

  • Campur satu sendok teh gula pasir dan minyak zaitun secukupnya, serta setengah sendok teh madu ke dalam wadah kecil (bisa menggunakan wadah masker).
  • Kemudian, aduk dengan rata
  • Setelah itu, oleskan campuran yang sudah diaduk tersebut menggunakan tangan ke seluruh permukaan bibir
  • Pijat pelan-pelan ke arah jarum jam
  • Diamkan beberapa menit
  • Bilas dengan air bersih

8. Sebagai masker mata

Pexel

Selain digunakan sebagai masker bibir, manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah digunakan sebagai masker mata. Karena memiliki kandungan vitamin yang berlimpah, minyak ini bermanfaat untuk masker mata. Terutama untuk Sedulur yang memiliki garis keriput atau garis halus di sekitar mata, penggunaan masker ini bisa banget dicoba. Selain itu, kantung mata juga akan berkurang bila Sedulur menggunakan masker ini. Caranya mudah banget, yaitu bersihkan muka terlebih dahulu atau cuci muka, kemudian minyak zaitun dioleskan secara rata di area bawah mata. Perlahan lahan usap secara melingkar selama 5-10 menit. Cara memakai minyak zaitun ini bisa digunakan sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

BACA JUGA: 8 Jenis Kurma yang Paling Populer dan Terfavorit Di Indonesia

9. Menghaluskan wajah

Pexel

Disamping untuk mencegah dan mengobati wajah yang alami keriput, manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah untuk menghaluskan wajah. Berkat adanya kandungan vitamin E dan juga polifenol dan antioksidan, wajah dapat menjadi halus dan sehat, serta dapat juga digunakan untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan sehat. Sedulur cukup meneteskan minyak zaitun dan mengusapnya ke muka dan lakukan ini secara rutin, ya!

10. Menebalkan alis

Pexel

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selain menghaluskan bagian wajah adalah untuk membuat alis tebal. Siapa sih yang nggak pingin alisnya jadi tebal? Cobain minyak zaitun aja deh biar alisnya tebal. Karena adanya kandungan vitamin E dan A, minyak zaitun ini dapat membantu pertumbuhan rambut serta menebalkan alis. Selain itu, pada rambut yang tipis, rutinlah memakai minyak ini karena rambut akan menjadi tebal dan sehat kembali.

11. Mencegah keriput di wajah

Pexel

Keriput di wajah mulai kelihatan? Atasi dengan minyak yang satu ini. Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya ini yaitu untuk mencegah keriput di area wajah yang bisa mengganggu penampilan. Caranya sama seperti yang lainnya, yaitu cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada area yang ada keriputnya, lalu pijat pelan-pelan. Hasil akan terasa terlihat setelah menggunakannya secara rutin.

12. Mengatasi kulit kering

Pexel

Manfaat minyak zaitun yang terakhir adalah untuk mengatasi kulit kering. Dengan adanya kandungan vitamin dan juga nutrisi yang beragam pada minyak zaitun, tentu saja kulit kering bisa teratasi lho, Sedulur. Wajah akan menjadi lembab dan bebas dari kulit kering kalau rutin mengoleskannya.

Nah itu dia beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang bisa kamu praktekkan di rumah. Sebaiknya gunakan minyak zaitun yang tidak menggunakan bahan pengawet untuk hasil yang maksimal serta aman untuk digunakan, ya Sedulur. Semoga bermanfaat.

Sambil rebahan dan maskeran dengan minyak zaitun, Sedulur juga bisa lho download di Aplikasi Super. Ada banyak sekali pilihan kebutuhan pokok yang bisa kalian beli. Yuk download!