Manfaat tepung kanji

Tak hanya enak, tepung kanji juga punya segudang khasiat bagi kesehatan. Yuk simak apa saja manfaatnya!

Tepung Kanji telah lama menjadi bagian dari kuliner Indonesia. Banyak makanan tradisional yang menggunakan tepung ini. Mulai dari cuanki, cilok, cireng, talam pandan, kue lapis, hingga pempek dan batagor.

Tepung kanji terbuat dari pati umbi singkong dan terkenal akan kemampuannya untuk menghasilkan makanan yang kenyal. Sedulur mungkin juga mengenal tepung ini dengan ragam sebutan lainnya, seperti tepung aci, tepung tapioka, atau tepung pati singkong. Kali ini, Aplikasi Super ingin mengajak Sedulur untuk mengenal tepung kanji serta beragam manfaatnya bagi tubuh. Agar tak salah pilih tepung, yuk simak ulasan berikut!

Manfaat Tepung Kanji untuk Kesehatan. Bisa redakan maag hingga mempercantik kulit!

1. Tepung Kanji Sebagai Obat Asam Lambung

Atasi asam lambung dengan tepung kanji
Eastcoastdaily.in

Sedulur mungkin pernah dengar sebelumnya tentang khasiat tepung kanji untuk penyakit asam lambung. Berdasarkan penelitian, tepung tapioka dapat melapisi dan menebalkan dinding lambung. Hal ini kemudian mampu meringankan gejala asam lambung pada penderita maag.

Baca Juga: 8 Makanan Pokok Khas Indonesia Yang Tinggi Gizi & Menyehatkan

2. Memperbaiki Pencernaan dengan Tepung Kanji

Masalah Pencernaan
Photo by cottonbro from Pexels

Tepung pati singkong diketahui kaya akan serat. Hal ini yang kemudian memberikan manfaat tepung kanji untuk diare. Selain itu, tepung tapioka juga dapat menenangkan perut yang sakit. Tak heran jika tepung ini sejak dulu kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk diare pada balita.

3. Mempercantik Kulit Wajah

Kulit wajah
Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Tahukah Sedulur manfaat tepung kanji untuk wajah? Iya, Sedulur bisa memanfaatkan tepung satu ini untuk kecantikan lho.

Caranya mudah, tinggal campur tepung dengan bubuk kacang hijau dan madu hingga mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Tepung Tapioka Dengan Tepung Sagu

4. Menambah Berat Badan

Menaikkan berat badan dengan tepung kanji
MenPhoto by SHVETS production from Pexels

Bagi Sedulur yang merasa kesulitan menaikkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi tepung tapioka. Pasalnya, tepung yang tinggi karbohidrat ini dapat membantu program meningkatkan berat badan. Konsumsi satu cangkir tepung ini dapat memenuhi 45% kebutuhan karbohidrat harian tanpa risiko kolesterol.

Akan tetapi perlu diingat, Sedulur tidak akan mendapat manfaat tepung kanji jika dipakai untuk gorengan. Coba olah tepung ini jadi makanan yang lebih sehat ya!

5. Menambah Energi

Menambah energi
Photo by Anna Shvets from Pexels

Tingginya kandungan karbohidrat dalam tepung kanji membuatnya jadi panganan penambah energi. Jika Sedulur memiliki aktivitas yang padat atau aktivitas fisik yang berat, cobalah konsumsi makanan dari tepung kanji. Cocok nih untuk Sedulur Super Agen yang sering sibuk keliling rumah warga!

Sedulur Super Agen dapat mengonsumsi olahan tepung tapioka yang memiliki rasa manis seperti jenang dan cenil. Gula dapat memberi energi tambahan secara instan pada tubuh. Selain itu, kandungan sukrosa tepung tapioka juga diketahui mudah dicerna dan dikonversi menjadi energi.

6. Mengatasi Flu

Tepung kanji untuk obat sakit flu
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Saat sakit flu, Sedulur bisa mencoba menggunakan tepung tapioka sebagai obat. Caranya, campurkan 12 gram tepung tapioka dengan air dan sedikit gula. Minum larutan tersebut untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka Dan Maizena Yang Wajib Sedulur Ketahui

7. Menyembuhkan Biang Keringat

Keringat
Photo by Ron Lach from Pexels

Biang keringat kerap jadi persoalan kulit bagi anak kecil dan bayi. Tepung ini dapat meredakan rasa gatal dan kemerahan pada kulit. Untuk membantu menyembuhkan, Sedulur dapat memanfaatkan tepung aci. Caranya, campur tepung dengan air hingga memiliki konsistensi seperti pasta. Balurkan ke kulit dan biarkan mengering. Kemudian bilas dengan air dingin.

8. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan Darah
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Manfaat tepung aci yang terakhir adalah menjaga tekanan darah. Tekanan darah tinggi berpotensi menyebabkan penyakit serangan jantung dan stroke. Karena itu, Sedulur perlu terus menjaga tekanan darah tetap normal dan stabil.

Kandungan mineral potassium dalam tepung tapioka berkhasiat untuk mengatasi ketegangan, melancarkan aliran darah dan mengurangi tekanan kardiovaskular.

Melihat manfaat di atas, sepertinya tepung kanji jadi hal yang wajib ada di dapur Sedulur. Tenang, tepung satu ini bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super dengan harga murah. Selain itu, ada juga tepung-tepung lainnya yang bisa melengkapi kebutuhan dapur Sedulur.

Bagi Sedulur yang belum tahu, Aplikasi Super adalah aplikasi penyalur kebutuhan sembako. Selain mempermudah proses belanja maupun kulakan, ada banyak promo menarik di Aplikasi Super yang bikin belanja makin cuan. Yuk, install sekarang!