Belajar merupakan bagian dari ibadah, karena menuntut ilmu disarankan langsung oleh Rasulullah SAW, bahkan disarankan hingga ke negeri Cina. Berarti bahwa menuntut kemana pun, baik itu jauh sekalipun merupakan hal yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, sebagaimana ibadah lainnya, sudah seharusnya untuk dimulai dengan berdoa.

Dalam kesempatan ini, Superapp.id akan menjelaskan daftar doa sebelum belajar di sekolah, berikut dengan contoh doa sebelum belajar. Mulai dari doa sebelum belajar dalam bahasa Melayu, doa sebelum belajar Al Quran hingga doa sebelum belajar Brunei dan banyak lainnya. Seperti apa kumpulan doa sebelum belajar yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Inilah Doa Untuk Orang Sakit Paling Mujarab Dalam Islam

Kumpulan Doa Sebelum Belajar

1. Doa Pertama

1. Doa Pertama
islampos.com

Dalam memulai belaja, doa yang wajib dilafalkan adalah kalimat bismillah, karena sebaik-baiknya doa sebelum belajar rumi, adalah doa yang diawali oleh bismilliah. Lebih tepatnya dengan melafalkan “Bismillah Hirrahman Nirrahiim” yang berarti Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Lafal bismillah memiliki kedudukan dan keutamaan yang tinggi. Segala sesuatu dimulai dengan bismillah dan diakhiri dengan alhamdulillah. Merupakan sebuah kegiatan yang akan mendapatkan keberkahan. Termasuk ketika Sedulur hendak memulai belajar.

2. Doa Kedua

2. Doa Kedua
pikiran-rakyat.com

Doa sebelum belajar yang bisa Sedulur lafalkan yang kedua adalah Rabbi zidni ilman. Lafal doa tersebut memiliki arti Wahai Rabbku, tambahkan kepadaku ilmu. Dari lafal tersebut menunjukan kerendahan diri kita sebagai makhluk yang kecil yang pada hakikatnya tidak memiliki apapun dan tidak berkuasa atas apapun.

Melafalkan doa ini juga menunjukan bahwa kita meminta segala sesuatunya kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh, termasuk meminta untuk menambahkan ilmu, tentu saja ilmu yang bermanfaat. Lafal doa ini juga selalu dibaca oleh Rasulullah SAW dan para sahabat ketika akan belajar dan mendapatkan sebuah ilmu yang baru.

Menurut Maqatil dan Ats Tsa Labiy yang disampaikan dalam kitab Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi, dari doa di atas, setidaknya ada tiga hal yang diinginkan oleh setiap manusia, yaitu:

  • Tambahkanlah ilmu tentang Al-Qur’an.
  • Tambahkanlah kepahaman.
  • Tambahkanlah hafalan.

Menambahkan kepahaman dan hafalan akan sangat membantu Sedulur yang sedang ingin dimudahkan dalam menuntut ilmu dan mendapatkan pengetahuan yang baru yang sedang Sedulur usahakan.

Baca Juga: Ternyata Ini Doa Mustajab Meluluhkan Hati Seseorang & Artinya

3. Doa Ketiga

3. Doa Ketiga
tribunnews.com

Terdapat pilihan doa sebelum belajar lainnya yang bisa Sedulur lafalkan, selain dua doa yang telah disampaikan di atas. Lafal doa yang dimaksud adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

“Allahumma Innii au’dzubika min i’lmi laa yanf’a, wamin qolbii laa yakhsya, wamin nafsyii laa tasyba’a, wamin dua’a in laa yus m’a”

Artinya: “Ya Allah … aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” [HR. Abu Dawud no. 1548, An-Nasa’i no. 5536, dan Ibnu Majah no. 3837].

Doa di atas selain bisa memudahkan Sedulur dalam proses mendapatkan ilmu, bukan hanya itu dengan membaca doa di atas Sedulur juga akan terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaatkan. Sedangkan menurut Syaikh Abdurrahman bin Naashir As-Sa’di, ilmu yang tidak bermanfaat terdapat 3 jenis kategori, yaitu:

  • Ilmu yang tidak bermanfaat atau ilmu yang mudharatnya lebih besar dari manfaatnya, contohnya adalah ilmu sihir dan bisa juga jika seseorng yang mempelajari ilmu aqidah yang menyimpang, sementara dia sendiri belum kokoh dengan aqidah yang lurus.
  • Ilmu dunia yang hukum asalnya adalah boleh (mubah), tapi jika dengan mempelajari ilmu pengetahuan tersebut membuat kita lalai dari kewajiban agama, seperti sibuk belajar ilmu pengetahuan tapi melalaikan sholat wajib.
  • Mempelajari ilmu agama, tapi tidak bisa mengamalkannya, sehingga ilmu yang di punya hanya di gunakan untuk berdebat dan membantah suatu pendapat, padahal semestinya ilmu agama yang dipelajari adalah untuk diamalkan.

4. Doa Keempat

4. Doa Keempat
inews.id

Doa sebelum belajar keempat yang bisa Sedulur lafalkan adalah:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Allahumman-fa’niy bimaa ‘allamtaniy wa ‘allimiy maa yanfa’uniy, wa zidniy ‘ilman

Artinya: “Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku.” [HR. at-Tirmidzi:3599, dan Ibnu Majah:251, 3833].

5. Doa Kelima

republika.co.id
republika.co.id

Terakhir adalah doa yang bisa Sedulur baca sebelum belajar, yaitu:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma Inniy As-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima“. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni].

6. Ringkasan dan Runutan Doa Sebelum Belajar

6. Ringkasan dan Runutan Doa Sebelum Belajar
popmama.com

Dari kelima doa ketika akan belajar di atas, berikut ini merupakan ringkasan dan runutan kumpulan doa sebelum belajar yang telah dibahas di atas. Berikut ringkasan dan urutannya:

  1. Membaca Basmallah, dan ini minimal yang harus anda baca sebelum menuntut ilmu.
  2. Membaca doa yang ringkas memohon di tambahkannya ilmu.
  3. Membaca doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat, hati yang khusu, merasa cukup dan doa yang dikabulkan.
  4. Doa belajar ke 4 ini gabungan antara meminta ilmu yang bermanfaat juga meminta untuk ditambahkannya ilmu, dan doa ini yang paling lengkap.
  5. Membaca doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan juga amalan yang diterima.
  6. Membaca doa setelah belajar atau menuntut ilmu di majelis, agar kesalahan atau kelalaian kita dalam proses belajar diampuni oleh Allah SWT 

Doa Sesudah Belajar

Doa Sesudah Belajar
idntimes.com

Dari beberapa doa sebelum belajar di atas, Sedulur bisa melafalkan doa yang sekiranya sesuai dengan keinginan dan maksud Sedulur untuk belajar. Sedulur juga bisa menghafalnya agar proses belajar bisa lancar dan juga Sedulur bisa mendapatkan berkah dari ilmu yang dipelajari.

Setelah proses belajar selesai, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan membaca doa. Jika sebelum belajar diawali dengan doa, maka setelahnya juga diakhiri dengan membaca doa. Berikut doa sesudah belajar yang bisa Sedulur amalkan:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla illa anta astghfiruka waatubu ilaiikh”

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.” [HR. Ashhaabus Sunan dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/153]

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.