Sedulur ingin menjalankan ibadah sholat dhuha namun belum mengetahui bacaan doa sholat dhuha? Simak artikel di bawah ini!

Bacaan doa dhuha latin memang akan memudahkan kita, terutama bagi kita yang umat muslim di Indonesia, yang memiliki bahasa ibu dengan menggunakan huruf latin. Doa sesudah sholat dhuha bisa Sedulur dihafalkan atau dibaca langsung saat selesai sholat. Tidak ada yang sangat dengan membaca langsung doa sholat dhuha.

Namun, memang doa mustajab sholat dhuha lebih baik dihafalkan. Tidak ada ruginya menghafalkan bacaan doa, termasuk bacaan doa sholat dhuha. Semakin banyak bacaan doa yang bisa Sedulur hafalkan, semakin banyak ma’rifat yang akan Sedulur dapatkan.

Sebelum masuk pada pembahasan bacaan doa untuk seolah dhuha, ada baiknya membahas perihal bagaimana perintah dan kedudukan dari sholat dhuha itu sendiri. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini!

-->

Baca Juga: Kumpulan Ucapan & Doa Kelahiran Anak Dalam Islam

Perintah dan Kedudukan Sholat Dhuha

Perintah dan Kedudukan Sholat Dhuha
liputan6.com

Setiap ibadah dalam Islam harus berdasarkan perintah dan dengan kedudukan yang jelas. Banyak sekali hadist riwayat yang menyampaikan tentang perintah dan keutamaan dari sholat dhuha itu sendiri. Seperti hadist riwayat dari At-Tarmidzi dan Ibnu Majah yang menyampaikan bahwa:

Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Dalam hadist riwayat Muslim, hadist yang paling dipercaya dan terkenal, juga menyampaikan tentang risalah dan keutamaan dari sholat dhuha itu sendiri. Seperti dalam hadist riwayat Muslim di bawah ini, Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.

Niat Sholat Dhuha

Niat Sholat Dhuha
ohmedia.my

Bacaan niat sholat dhuha menjadi penting, karena setiap ibadah harus diawali dengan niat yang sangat tulus, menunjukkan bahwa kita bersungguh-sungguh hendak menjalankan ibadah tersebut. Niat doa sholat dhuha itu sendiri adalah sebagai berikut, disampaikan dalah huruf latin agar memudahkan Sedulur untuk menghafalnya:

“Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: “ Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga: Keutamaan & Manfaat Doa Nabi Yunus Ini Perlu Kamu Tahu

Tata Cara Sholat Dhuha

Tata Cara Sholat Dhuha
tribunnews.com

Setelah mengetahui kedudukan dan juga bacaan niat sholat dhuha, Sedulur juga harus mengetahui tata cara sholat dhuha itu sendiri, baik itu cara sholat dhuha 2 rakaat dan rakaat lainnya. Sholat dhuha paling sedikit sebanyak 2 rakaat, ada yang mengamalkannya menjadi 4 rakaat, 8 rakaat hingga 12 rakaat.

Berikut ini tata cara sholat dhuha itu sendiri:

  • Niat sholat dhuha
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca Doa Iftitah (Sunnah)
  • Membaca Surah Al-Fatihah
  • Membaca Surah Ad-Dhuha
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca Surah Al-Fatihah Membaca
  • Surah As-Syams Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah
  • Salam Membaca doa sholat dhuha

Sholat Dhuha 4 Rakaat, 8 Rakaat dan 12 Rakaat

Sholat Dhuha 4 Rakaat, 8 Rakaat dan 12 Rakaat
dream.co.id

Setelah mengetahui tata cara sholat dhuha dengan jumlah 2 rakaat di atas lantas bagaimana dengan 4 rakaat, 8 rakaat dan 12 rakaat? Sebenarnya tata cara sholat dhuha sama seperti yang telah dijelaskan di atas. Hanya saja, berkaitan dengan jumlah rakaat. Setelah selesai 2 rakaat, Sedulur bisa menyambung 2 rakaat berikutnya, hingga berjumlah menjadi 4 rakaat, 8 rakaat, dan bahkan 12 rakaat. Baru ditutup dan diakhiri dengan membaca doa sholat dhuha itu sendiri.

Bacaan Doa Sholat Dhuha

Bacaan Doa Sholat Dhuha
merdeka.com

Setelah mengetahui tata cara sholat dhuha, lantas seperti apa bacaan sholat dhuha, baik doa dhuha lengkap atau doa sholat dhuha pada umumnya? Superapp.id telah merangkumnya dari berbagai sumber yang terpercaya, berikut bacaan doa dalam huruf latin beserta dengan artinya, agar Sedulur bisa lebih mudah untuk mengamalkannya:

“Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.”

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih”.

Sekian penjelasan terkait doa sholat dhuha serta tata cara dan panduan lengkapnya. Semoga Sedulur bisa mendapatkan pahala dari segala kegiatan yang berkaitan dengan ibadah. Sesungguhnya segala sesuatu jika dimulai dengan niat dan membaca doa akan memberikan keberkahan dan manfaat dari yang dilakukan.

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.