Sedulur tahu tata cara tayamum dan niatnya? Jika belum, Sedulur wajib simak ulasannya di bawah ini.

Menyucikan diri sebagai pengganti wudhu merupakan apa yang dimaksud dengan tayamum. Namun syarat agar tayamum bisa dilakukan adalah tidak tersedianya air untuk berwudlu. Cara tayamum merupakan cara menyucikan diri dengan debu atau tanah, dengan tujuan untuk menyucikan diri menjelang ibadah.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas bagaimana tayamum menggunakan tanah atau debu. Terdapat beberapa langkah dalam bagaimana cara melakukan tayamum. Sedulur wajib mengetahui tata cara tayamum yang benar. Karena tayamum adalah salah satu cara untuk bersuci dari tanah dan debu, agar ibadah bisa berjalan lancar, Sedulur wajib mengetahuinya.

Segala hal terkait tayamum yang perlu Sedulur ketahui adalah seputar niat tayamum, urutan tayamum, doa selesai tayamum, wudhu tayamum, niat wudhu tayamum dan gambar tata cara tayamum. Seperti apa lengkapnya? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Begini Panduan Doa Sebelum & Sesudah Makan + Artinya

Tata Cara Tayamum dan Segala Sesuatu yang Harus Sedulur Ketahui!

1. Niat Tayamum

1. Niat Tayamum
tribunnews.com

Sebelum melakukannya, Sedulur harus terlebih dahulu membaca niat. Niat yang bisa Sedulur baca adalah Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala. Artinya: “Aku niat melakukan tayamum agar dapat mengerjakan shalat fardlu karena Allah taala”.

Perintah tayamum disampaikan pada Surat An-Nisa Ayat 43 yang artinya:

“Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu.”

2. Syarat Bertayamum

2. Syarat Bertayamum
nu.or.id

Berikut syarat bertayamum yang harus Sedulur pahami, yaitu:

  • Bersuci dengan cara bertayamum harus dilakukan setelah masuk waktu shalat.
  • Jika alasannya ketiadaan air, maka ketiadaan itu harus dibuktikan setelah melakukan pencarian yang dikerjakan setelah masuk waktu shalat.
  • Tanah yang dipergunakan harus yang bersih, lembut, dan berdebu. Artinya, tidak basah, tidak bercampur tepung, kapur, batu, dan kotoran lainnya.
  • Cara bertayamum hanya sebagai pengganti wudhu dan mandi besar, bukan pengganti menghilangkan najis. Artinya, sebelum bertayamum, najis harus dihilangkan terlebih dahulu.
  • Cara bertayamum hanya bisa dipergunakan untuk satu kali shalat fardhu. Berbeda halnya jika usai shalat fardhu dilanjutkan dengan shalat sunat, shalat jenazah, atau membaca Alquran. Maka rangkaian ibadah itu boleh dengan satu kali tayamum.
  • Bersuci dengan cara bertayamum berbeda dengan wudhu. Jika wudhu ada enam rukun, maka tayamum hanya memiliki empat rukun.

Baca Juga: Begini Panduan Lengkap Tata Cara, Doa Wudhu & Artinya

3. Rukun Bertayamum

3. Rukun Bertayamum
liputan6.com

Berbeda dengan berwudlu yang memiliki enam rukun, bertayamum juga memiliki rukun yang terdiri dari empat rukun, yaitu:

  • Niat dalam hati
  • Mengusap wajah
  • Mengusap kedua tangan
  • Tertib

4. Tata Cara Bertayamum

4. Tata Cara Bertayamum
bumiqu.org

Berikut langkah dan tata cara bertayamum yang harus Sedulur perhatikan, yaitu:

  • Siapkan tanah berdebu, atau debu bersih. Biasanya menggunakan debu bersih yang menempel di dinding atau tembok
  • Menghadap kiblat, ucapkan bismilah lalu letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi cari dirapatkan
  • Usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah dan membaca niat tayamum
  • Letakan kembali tangan pada debu bersih, lalu tempelkan usap kedua telapak tangan hingga bersih

5. Doa Setelah Bertayamum

5. Doa Setelah Bertayamum
islampos.com

Berikut ini doa yang bisa Sedulur baca setelah bertayamum, sama seperti setelah wudlu, setelah bertayamum juga Sedulur disarankan untuk membaca doa. Berikut doa yang bisa Sedulur baca:

Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wandahuu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhuuwa Rosuuluhuu, Alloohummaj’alnii Minat Tawwaabiina Waj’alnii Minal Mutathohhiriin.

Yang artinya: Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

Sekian penjelasan terkait tayamum dan panduan lengkapnya. Semoga Sedulur bisa mendapatkan pahala dari segala kegiatan yang berkaitan dengan ibadah. Sesungguhnya segala sesuatu jika dimulai dengan niat dan membaca doa akan memberikan keberkahan dan manfaat dari yang dilakukan.

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.