Ingin tubuh tetap sehat saat puasa? Salah satu caranya adalah dengan olahraga saat puasa. Berikut tips dan contoh olahraga puasa bagi Sedulur!

Berolahraga saat puasa bukan sebuah pantangan. Sedulur tetap harus menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Walaupun tidak sama dengan hari-hari di bulan biasa, Olahraga bulan puasa tetap harus dilakukan, untuk menjaga kebugaran tubuh dan membuat tubuh tetap kuat menjalani ibadah puasa.

Sedulur harus melakukan olahraga di bulan ramadhan di waktu yang berbeda dengan bulan biasa. Terdapat beberapa waktu olahraga saat puasa yang bisa Sedulur gunakan sebagai tips olahraga saat puasa. Selain memberikan kebugaran, manfaat olahraga saat puasa juga bisa memperkuat stamina untuk menjalankan puasa.

Beberapa olahraga yang bisa Sedulur lakukan seperti jogging saat puasa, atau fitness saat puasa dan juga gym saat puasa. Sebelum membahas jenis olahraga saat puasa, lebih baik membahas waktu yang tepat berolahraga saat puasa terlebih dahulu dan termasuk membahas hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa.

-->

Baca Juga: 15 Menu Unik Untuk Berbuka Puasa, Enak & Mudah Dibuat

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Puasa

Terdapat beberapa waktu yang baik untuk olahraga saat puasa. Harus diakui, tidak seperti waktu di bulan biasa, berolahraga di bulan puasa harus mempertimbangkan waktu yang baik. Berikut waktu yang disarankan:

1. Sebelum Sahur

1. Sebelum Sahur
halodoc.com

Salah satu waktu yang baik untuk berolahraga di bulan puasa adalah sebelum sahur, sekitar setengah jam sebelum sahur. Sedulur bisa minum air putih terlebih dahulu untuk menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Lakukan olahraga ringan, seperti sit up dan push up, olahraga yang tidak membutuhkan ruang gerak yang luas.

Disarankan untuk melakukan olahraga ringan saja di waktu sebelum sahur, dan jika bisa lakukan olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan, seperti yoga, sit up, push up atau jogging kecil menggunakan alat. Karena cuaca yang sangat dingin bisa mempengaruhi suhu tubuh. Walaupun udara subuh sangat segar untuk perkembangan kesehatan paru-paru.

2. Setelah Berbuka Puasa

2. Setelah Berbuka Puasa
merdeka.com

Setelah berbuka puasa merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga, karena tubuh telah memiliki asupan yang cukup dan kalori yang bisa dibakar. Namun, Sedulur jangan langsung berolahraga selepas berbuka. Beri jeda beberapa waktu, sekitar setengah jam hingga satu jam. Beri waktu untuk tubuh mencerna asupan makanan saat berbuka.

Walaupun waktu setelah berbuka puasa merupakan waktu yang baik untuk berolahraga, jika terlalu bersemangat dan langsung berolahraga setelah berbuka puasa secara langsung, Sedulur akan mengalami kontraksi dan gangguan pada perut dan juga dapat mengganggu pola kerja sistem pencernaan yang sedang mengolah makanan saat buka.

Baca Juga: Penting Dicatat! Ternyata Ini 10 Hal yang Membatalkan Puasa

3. Setelah Solat Tarawih

3. Setelah Solat Tarawih
tempo.co

Waktu yang tepat untuk berolahraga selanjutnya adalah setelah sholat tarawih dan sebelum tidur. Hal ini baik dan akan membantu Sedulur untuk lebih cepat tidur dan bangun segar saat sahur tiba. Karena asupan yang dimakan saat berbuka akan langsung diolah dan dibakar. Lantas apa saja jenis olahraga saat puasa yang direkomendasikan? Simak daftarnya di bawah ini

Daftar Rekomendasi Jenis Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan

1. Jalan Kaki

1. Jalan Kaki
okezone.com

Jenis olahraga pertama adalah jalan kaki. Jangan sekali-kali meremehkan jalan kali, karena jalan kaki sangat efektif untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh, terlebih lagi jalan kaki bisa Sedulur lakukan di tempat tanpa harus keluar rumah. Persis seperti jalan di tempat saat paskibra dan baris berbaris.

Banyak manfaat dari jalan kaki yang bisa didapatkan oleh tubuh, termasuk menjaga kesehatan dan kebugaran jantung dan juga paru-paru. Jalan kaki dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Selain itu, jalan kaki juga bisa secara efektif memperkuat tulang dan menyeimbangkan kesehatan tubuh.

Bukan hanya itu, jalan kaki juga dapat secara efektif meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot, dan juga oleh karenanya lemak di dalam tubuh bisa dibakar dengan sangat cepat. Puasa pun akan lebih kuat dilakukan.

2. Bersepeda

2. Bersepeda
detik.com

Sama seperti jalan kaki, bersepeda juga bisa dilakukan sebagai salah satu jenis olahraga saat puasa oleh Sedulur. Terutama, ditambah bersepeda merupakan jenis olahraga yang sangat mengasikkan. Bahkan Sedulur bisa bersepeda sekaligus ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Tidak perlu lama-lama, Sedulur hanya perlu meluangkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk bersepeda selama bulan puasa. Banyak manfaat yang bisa Sedulur dapat dengan bersepeda. Salah satunya meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan oto dan juga meningkatkan mobilitas sendi.

Agar puasa Sedulur bisa berjalan lancar dan terhindar dari stress, Sedulur bisa menjadikan bersepeda sebagai media untuk mengeluarkan tekanan hidup. Selain olahraga, bersepeda juga bisa dijadikan ajang untuk refreshing dan menenangkan pikiran.

3. Joging

3. Joging
liputan6.com

Joging bisa dilakukan saat sebelum sahur. Udara yang dihasilkan masih sangat bersih dan belum banyak polusi. Banyak manfaat dari jogging yang bisa didapatkan oleh tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung, menguatkan otot dan melancarkan peredaran darah.

Terlebih lagi, saat ini banyak alat untuk jogging yang dijual dengan harga terjangkau. Sedulur bisa berolahraga joging tanpa harus keluar rumah dengan alat tersebut. Dan bisa mempertahankan kebugaran tubuh. Terlebih, dengan jogging Sedulur bisa mendapatkan berat badan yang ideal selama berpuasa. Cocok dilakukan bagi Sedulur yang tengah menjalankan program diet.

4. Sit Up dan Push Up

4. Sit Up dan Push Up
klikdokter.com

Olahraga saat puasa selanjutnya adalah sit up dan push up. Olahraga jenis ini sangat simpel dan tidak membutuhkan ruang yang sangat luas untuk melakukannya. Sedulur bisa melakukannya di dalam ruangan. Banyak manfaat yang bisa Sedulur rasakan dengan melakukan jenis olahraga saat puasa satu ini.

Pertama, dengan sit up Sedulur bisa menjaga berat badan, menguatkan otot perut, membentuk tubuh yang ideal, mengurangi nyeri pinggul dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Sementara itu dengan push up Sedulur bisa mendapatkan tambahan massa otot dan menguatkan otot perut. Tidak perlu keluar rumah untuk melakukan olahraga saat puasa.

Semoga daftar jenis olahraga saat puasa di atas beserta dengan beberapa waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan ramadhan yang telah dijelaskan diatas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur. Satu hal yang harus Sedulur ingat, selama berolahraga saat puasa, Sedulur juga wajib menyediakan asupan makanan yang bergizi.

Hal tersebut bertujuan agar tubuh tetap bisa mendapatkan asupan gizi dan nutrisi, yang selama berpuasa dan berolahraga sangat dibutuhkan. Agar tubuh tetap sehat, bugar dan segar. Sedulur bisa mendapatkan bahan makanan sebagai asupan berpuasa dengan membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa beli bahannya di Aplikasi Super. Dijamin lebih murah dan sangat menguntungkan Sedulur. Sedulur tinggal klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur. Selamat mencoba!