15 Menu Unik Untuk Berbuka Puasa, Enak & Mudah Dibuat

Bulan puasa sebentar lagi tiba, sudahkah Sedulur menyiapkan menu berbuka puasa? Jika belum, simak daftar rekomendasinya di bawah ini!

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat bulan puasa adalah waktu berbuka saat adzan maghrib. Entah karena tidak kuat menahan rasa lapar dan dahaga, atau juga tidak sabar menyantap makanan buka puasa yang sudah menggoda sejak dari saing atau sore hari.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar menu buka puasa, bisa juga digunakan sebagai menu buka puasa hari ini yang menjalankan puasa sunnah. Memikirkan menu makanan untuk buka puasa merupakan hal yang wajib, karena menu ramadhan atau menu berbuka bisa menambah semangat kita berpuasa.

Terdapat beberapa makanan yang cocok untuk buka puasa, baik itu menu makan berat hingga hidangan buka puasa dan ide menu buka puasa lainnya. Yuk, mari kita langsung saja simak daftar makanan enak untuk buka puasa dan macam macam menu buka puasa di bawah ini.

Baca Juga: 20+ Menu Takjil Buka Puasa Super Nikmat, Kamu Sudah Coba?

Daftar Menu Buka Puasa yang Enak, Super Nikmat dan Mudah Dibuat!

1. Sayur Sop

1. Sayur Sop
detik.com

Salah satu ide menu bulan puasa yang super enak dan mudah dibuat adalah sayur sop. Baik itu sop sayur, sop ayam atau so daging. Selain itu, sayur sop juga merupakan makanan yang sangat nikmat dan juga mengandung banyak vitamin, nutrisi dan serat lainnya. Ditambah lagi, selama bulan puasa, tubuh diharuskan mendapatkan asupan yang baik.

Hal tersebut agar kita bisa kuat menjalani bulan puasa. Melalui menu buka puasa yang enak dan bergizi, tubuh akan mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup, walaupun menjalankan buka puasa seharian dengan aktivitas yang berat dan melelahkan.

2. Buah-Buahan

2. Buah-Buahan
idntimes.com

Menu berbuka puasa selanjutnya adalah buah-buahan, Sedulur bisa memakannya langsung atau juga mengolahnya menjadi es buah atau juga jus buah. Dengan mengkonsumsi buah-buahan selama bulan puasa dapat memberikan asupan serat dan vitamin bagi tubuh. Selain itu, kandungan air yang melimpah dari buah juga akan menghindari Sedulur terkena dehidrasi.

Kandungan serat dalam setiap buah juga dapat mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh, yang mungkin saja akan meningkat selama berpuasa diakibatkan pola makan yang tidak sehat saat sahur atau saat berbuka. Bukannya malah mengurangi berat badan, selama bulan puasa Sedulur bisa mengalami kenaikan berat badan.

3. Sayur Pecel

3. Sayur Pecel
idntimes.com

Rekomendasi menu berbuka puasa yang sehat selanjutnya adalah sayur pecel. Sayur pecel merupakan salah satu hidangan makanan khas Indonesia, berasal dari masakan Jawa Timur yang telah dikenal luas secara nasional. Menu berbuka puasa satu ini juga hanya mengandung sedikit kalori, dan cocok dijadikan sebagai menu berbuka bagi yang sedang diet.

Jika dalam hidangan luar negeri atau internasional terkenal dengan salad sayur, sayur pecel merupakan variasi salad sayur khas Indonesia dan lebih tradisional. Sayur pecel sangat direkomendasikan menjadi menu pertama untuk berbuka puasa, karena kandungan dari berbagai sayuran yang ada di dalamnya.

4. Capcay

4. Capcay
liputan6.com

Hidangan menu berbuka puasa selanjutnya tidak kalah menyehatkan dibanding sayur pecel. Capcay merupakan makanan yang penuh dengan sayur dan dipadukan dengan berbagai daging, mulai dari seafood, ayam hingga sapi. Terutama bagi Sedulur yang sangat menyukai hidangan oriental, capcay sangat cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Banyak kandungan serat dan nutrisi yang terdapat dalam capcay, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan puasa. Ditambah lagi, saat berpuasa tubuh akan kekurangan kalori dan lemak, Sedulur bisa mendapatkannya dari capcay untuk kebutuhan kalori dan lemak yang cukup.

Baca Juga: 6 Daftar Sembako Terlaris di Bulan Puasa

5. Telur Dadar Bayam

5. Telur Dadar Bayam
indozone.com

Rekomendasi menu berbuka puasa yang menyehatkan selanjutnya adalah telur dadar bayam. Di dalam hidangan ini mengandung asupan protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Akibat berpuasa yang hampir tidak makan dan minum selama 12 jam lebih, tubuh akan kekurangan protein.

Melalui telur dadar bayam asupan protein yang dibutuhkan tubuh akan tercukupi. Selain itu, terdapat juga kandungan serat dan zat besi dalam bayam yang dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Dapat menambah energi bagi Sedulur untuk menjalankan aktivitas selama bulan puasa.

6. Kentang Tumbuk

6. Kentang Tumbuk
detik.com

Menu berbuka puasa selanjutnya adalah kentang tumbuk, atau yang Sedulur kenal dengan nama mashed potato. Menu makan ini bisa memberikan asupan karbohidrat bagi tubuh Sedulur. Kentang juga mengandung sejumlah kalori dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, kentang juga bisa Sedulur gunakan sebagai hidangan berbuka puasa untuk mengganti nasi. Dampak yang akan dirasakan oleh tubuh adalah akan dapat menahan nafsu makan dan juga membuat kenyang lebih lama.

7. Ikan Panggang

7. Ikan Panggang
selerasa.com

Menu berbuka puasa yang menyehatkan lainnya adalah ikan panggang, Sedulur bisa menggunakan ikan tuna sebagai rekomendasi. Karena ikan tuna mengandung protein yang tinggi dan juga kandungan rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa. Sedulur bisa mengkombinasikannya dengan menambahkan kentang, wortel dan tomat. Agar asupan gizi dan nutrisi bisa tetap stabil.

8. Salad Buah

8. Salad Buah
inews.id

Jika dalam menu berbuka puasa di atas terdapat sayur pecel yang merupakan salah sayur khas Indonesia, rekomendasi hidangan menyegarkan untuk berbuka puasa lainnya adalah salah buah. Selain itu, salad buah juga merupakan salah satu menu buka puasa kekinian yang selalu ramai di bulan ramadan.

Sedulur bisa menjadikan salad buah untuk mendapatkan kesegaran saat berbuka puasa di bulan ramadhan. Sedulur bisa membeli salad buah, karena selama bulan puasa akan sangat banyak yang menjual salad buah, atau Sedulur juga bisa membuat sendiri karena tidak terlalu sulit membuat salad buah.

9. Kolak Pisang dan Labu

9. Kolak Pisang dan Labu Kuning
resepkuerenyah.com

Menu buka puasa yang sudah melekat di budaya makan orang Indonesia adalah kolak, baik itu kolak pisang atau kolak labu kuning. Takjil satu ini merupakan pilihan yang sangat melegenda. Kolak pisang atau labu kuning berisi buah pisang dan labu kuning yang menggunakan gula merah, daun pandan dan juga santan.

Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal memasukkan labu kuning atau pisang dalam panci yang sudah berisi air, santan dan gula merah yang telah ditambahkan daun pandan dan sedikit garam. Masak hingga labu kuning dan buah pisang hingga lembek dan lembut untuk dimakan. Buka puasa Sedulur pun akan super nikmat dan menyegarkan.

10. Bubur Sagu Mutiara

10. Bubur Sagu Mutiara
resepistimewa.com

Salah satu menu buka puasa yang tidak kalah nikmat adalah bubur sagu mutiara. Menikmati menu takjil buka puasa satu ini akan sangat nikmat dan menyegarkan tenggorokan. Terutama jika disajikan secara dingin dengan tambahan es batu dan gula aren.

Di beberapa daerah, bubur sagu mutiara dikenal dengan kolak sekoteng. Menjadikan bubur sagu mutiara menjadi salah satu menu takjil buka puasa merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Kandungan gula dari hidangan ini juga dapat memenuhi kebutuhan gula untuk tubuh.

11. Es Pisang Ijo

11. Es Pisang Ijo
dapurkobe.co.id

Selain sebagai menu buka puasa, es pisang ijo juga merupakan salah satu menu camilan manis atau menu makan penutup yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Es pisang ijo merupakan camilan manis yang berasal dari pulau Sulawesi dan menjadi pilihan utama saat berbuka puasa.

Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal mengukus pisang raja selama 10 menit, lalu buat adonan dari santan kental, air perasan daun pandan, tepung beras dan tepung terigu. Aduk rata hingga menggumpal dan cetak menyelimuti pisang. Lalu kukus selama 20 menit. Lalu potong-potong, lalu sajikan dalam gelas bersama dengan sirup dan bahan lainnya. Es pisang ijo pun siap dinikmati.

12. Es Campur

12. Es Campur
kompas.com

Salah satu menu berbuka puasa yang sangat mudah dibuat adalah es campur. Es campur merupakan makanan yang nikmat yang dapat dengan cepat memberikan kesegaran setelah dahaga. Selama bulan puasa, es campur menjadi salah satu minuman wajib sebagai menu takjil buka puasa.

Cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Sedulur tinggal menyiapkan berbagai buah segar dan juga jelly atau makanan manis lainnya, yang Sedulur inginkan dan memotongnya dan memasukkannya dalam satu wadah. Tambahkan es batu, sirup gula dan juga santai cair sedikit agar es campur semakin gurih dan nikmat

13. Sop Buah

13. Sop Buah
resepistimewa.com

Hampir sama dengan es campur, sop buah merupakan salah satu menu berbuka puasa yang menjadi pilihan utama saat bulan puasa tiba. Perbedaan es campur dan sop buah adalah bahan dasarnya, sop buah hanya benar-benar menggunakan buah tanpa bahan lainnya. Ditambah lagi, sop buah menggunakan yogurt untuk menambah rasa asam dan lebih menyehatkan untuk tubuh dan sistem pencernaan.

Sistem pencernaan selama bulan puasa sedikit banyak memiliki pola kerja yang agak terganggu. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang sehat akan membuat bulan puasa Sedulur menjadi lebih nikmat dan juga menyehatkan.

14. Es Jelly

14. Es Jelly
grid.id

Rekomendasi menu takjil buka puasa selanjutnya adalah es jelly. Konsepnya hampir sama dengan es campur dan sop buah, namun es jelly menggunakan campuran jelly berbagai rasa dan disiram dengan sirup, es batu dan susu kental manis agar semakin nikmat untuk meredakan dahaga. Selain itu, Sedulur tidak perlu repot membeli menu takjil buka puasa ini, karena Sedulur bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.

Sedulur hanya perlu membuat beberapa jelly dengan rasa yang berbeda, lalu memotong-motongnya menjadi seukuran dadu. Selanjutnya, Sedulur masukkan potongan jelly dalam gelas dan tambahkan es batu dan susu kental manis, lalu tambahkan sirup dan sedikit air agar tidak terlalu manis. Es jelly pun siap dinikmati sebagai takjil buka puasa.

15. Es Cincau

15. Es Cincau
detik.com

Salah satu camilan manis dan dingin satu ini merupakan legenda. Karena es cincau telah lama dijual sebagai salah satu camilan manis. Sedulur juga bisa menjadikan es cincau sebagai menu buka puasa. Ditambah, cincau yang digunakan berasal dari sari daun cincau yang sangat menyehatkan. Banyak yang menjual cincau di pasaran, Sedulur tinggal membelinya dan mencampurkannya dengan sirup dan susu kental manis dalam gelas, dan tambahkan juga es batu agar lebih segar.

Semoga daftar menu berbuka puasa di atas bisa menjadi referensi Sedulur agar tidak lagi kesulitan menentukan menu untuk buka puasa. Sedulur bisa membuat daftar menu di atas dengan menyediakan bahan-bahannya. Sedulur bisa beli bahannya di Aplikasi Super.

Dijamin lebih murah dan sangat menguntungkan Sedulur. Sedulur tinggal klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur.